6 Tempat Wisata Tawang Mangu Paling Hits

Avatar of k setiawan
Wisata tawang mangu
Wisata Tawang Mangu

Tawang mangu merupakan sebuah kabupaten yang ada di Kota Karanganyar provinsi Jawa Tengah. Wisata Tawang mangu menjadi salah satu pilihan terbaik saat sedang liburan sekolah karena di kabupaten tersebut terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik. Tempat wisata di kabupaten Ini bukan saja untuk wisata keluarga saja tetapi untuk wisata bersama pasangan juga.

Untuk masyarakat yang ingin sekali mendatangi Kabupaten ini tidak perlu merasakan karena akses jalan menuju Kabupaten Tawangmangu sangat mudah kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Kalau memang memiliki banyak waktu luang maka ada baiknya baca ulasan berikut untuk mengetahui destinasi wisata terbaik di Kabupaten Tawangmangu.

Tempat Wisata Keluarga di Tawang Mangu

Berlibur ke tempat baru yang sedang viral memang menjadi pengalaman yang tidak mungkin Terlupakan dan kalau ingin mendapatkan pengalaman seperti itu sebaiknya kunjungi saja Kabupaten Tawangmangu. Kabupaten ini mempunyai banyak tempat wisata baru yang sedang viral di kalangan wisatawan lokal. Untuk tahu apa saja wisata Tawangmangu terbaru baca ulasan singkat berikut.

  • Agrowisata Sandokoro

Agrowisata Sandokoro berada di Jalan Mangkunegara Bojonegoro, Nglande Wetan, Ngijo Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Lokasi tempat ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Solo, kalau berangkat dari kota Solo hanya membutuhkan waktu 45 menit saja menggunakan mobil sudah sampai di Agrowisata ini.

Wisata Tawangmangu Karanganyar ini dulunya merupakan pabrik tebu terbesar yang ada di Kabupaten Karanganyar tetapi sekarang tidak digunakan lagi dan dirubah oleh pemerintah setempat menjadi Agrowisata. Pergi ke tempat ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk mengisi waktu liburan karena ada banyak wahana yang dapat dicoba wisatawan seperti flying fox, water garden, climbing wall, rumah pohon dan juga kolam renang.

Baca Juga:  Mencoba Kemah Mewah Hanya Di Kadena Glamping

Ciri khas tempat wisata adalah mempunyai lokomotif kereta api lengkap dengan mesin uap, untuk bisa melihat lokomotif kereta tersebut dan bisa menaiki Wahana menarik cukup membayar tiket masuk tempat ini sebanyak 5 ribu saja. Kalau naik kendaraan harus membayar tiket untuk kendaraan baru bisa masuk.

  • Air Terjun Grojogan

Wisata Tawang mangu yang kedua ini ada di Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk bisa sampai ke air terjun Grojogan ini harus naik bus atau bisa juga naik kendaraan pribadi. Nantinya wisatawan diharuskan berjalan kaki sejauh 1 Km untuk bisa sampai ke air terjun.

Air terjun ini sering disebut sebagai air terjun seribu karena memiliki banyak sekali air terjun dan untuk air terjun yang tertinggi mempunyai ketinggian sampai 81 meter. Untuk bisa melihat indahnya air terjun Grojogan harus membayar tiket seharga 6 ribu rupiah. Selain bisa melihat air terjun juga bisa melihat hewan-hewan lucu di Taman Satwa dan juga bisa belanja souvenir dan juga oleh-oleh.

Untuk wisatawan yang merasa lapar bisa langsung mencoba makanan khas yang ada di daerah air terjun dan makanan khas yang dapat dicoba adalah sate ayam dan juga sate kelinci. Jika sudah merasa kenyang bisa coba naik Wahana ekstrem seperti berjalan di jembatan gantung dan naik flying fox.

  • Candi Cheto

Adik ini merupakan tempat bersejarah yang menjadi wisata Tawangmangu viral, lokasi candi ini berada di desa Ceto RT 01 RW 03, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat wisata ini merupakan candi umat agama Hindu yang dibangun di tahun 15 M. Untuk wisatawan yang suka dengan tempat wisata bersejarah wajib untuk mendatangi Candi ini.

Baca Juga:  Harga Tiket Masuk Guci Pemandian Air Panas Pemda Kab Tegal Yang Lagi Viral di Tiktok

Untuk menikmati indahnya bangunan candi tidak harus mengeluarkan banyak uang karena tiket masuknya terbilang sangat murah yaitu 2.500 untuk satu orang. Tempat wisata Candi ini baru bisa dikunjungi kalau sudah jam 8 pagi dan akan tutup jam 5 sore setiap hari.

Wisatawan nantinya tidak hanya bisa melihat keindahan Candi saja tetapi bisa juga menikmati indahnya pemandangan dari atas Candi dan dapat menghirup udara segar di sekitar candi. Kalau ingin datang ke Wisata Tawang mangu ini sebaiknya bawa perlengkapan yang lengkap agar tidak lagi membeli barang di area candi.

  • Air Terjun Jumog

Air terjun bernama Jumog letaknya berada di Jln.dk, Jl. Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jarak air terjun ini dari pusat Kota Solo tidak terlalu jauh hanya 40 Km saja dan bisa ditempuh menggunakan motor maupun mobil. Ketinggian air terjun ini tidak setinggi air terjun sebelumnya karena ketinggiannya hanya mencapai 30 meter saja.

Masyarakat sekitarnya jemput air terjun ini sebagai surga yang hilang karena di air terjun ini sering sekali terlihat Pelangi yang sangat indah. Wisata Tawang mangu ini juga sudah dilengkapi beberapa fasilitas umum seperti Gazebo untuk tempat istirahat kolam renang, permainan anak dan juga tempat makan. Untuk wisatawan yang datang dari luar kota bisa menginap di homestay dan juga Cottage.

  • Kebun Teh Kemuning

Kebun teh ini berada di Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, kebun ini berada di lereng gunung Lawu yang berjarak 20 Km dari kota Solo. Suhu di area perkebunan ini bisa mencapai 21,5 derajat Celsius dan Wisata Tawang mangu ini baru akan dibuka kalau sudah masuk jam 6 pagi dan akan tutup jam 6 sore.

Baca Juga:  Lokasi Dan Tiket Masuk Situ Bagendit Garut Terupdate

Masuk ke kebun teh ini tidak harus perlu membeli tiket tetapi wisatawan harus mengeluarkan uang kalau ingin memakai fasilitas yang tersedia di kebun teh. Ada beberapa wahana dan juga fasilitas yang dapat digunakan seperti kolam renang, paintball, flying fox, tempat penginapan dan masih banyak yang lainnya.

  • Candi Sukuh

Candi Sukuh berada di Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini berdiri di lahan seluas 5.500 m2 yang terdiri dari tiga teras dan di setiap teras mempunyai dinding batu yang tingginya mencapai 2 meter. Wisata Tawang mangu ini berbeda dengan candi-candi Hindu yang ada di Jawa Tengah dan terlihat mirip seperti tempat pemujaan suku Maya yang ada di Meksiko.

Candi sukuh tawang mangui
Candi Sukuh Tawang Mangui

Tips Berlibur Yang Menyenangkan Dan Sehat

Berlibur memang menjadi kegiatan yang paling menyenangkan untuk dilakukan sendiri maupun bersama keluarga tetapi kegiatan tersebut bisa saja menjadi tidak menyenangkan untuk dilakukan apabila sebelum berlibur tidak mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Kalau memang ingin berlibur memang harus mempersiapkan beberapa peralatan yang nantinya dibutuhkan saat berlibur dan peralatan yang dibutuhkan tersebut tergantung dari tempat wisata yang akan dikunjungi.

Kalau tempat wisata yang ingin dikunjungi merupakan tempat wisata yang berada di daerah pegunungan maka wisatawan wajib membawa baju yang agak tebal agar nantinya saat berjalan-jalan di tempat wisata tidak merasa kedinginan. Kalau lokasi yang dituju merupakan tempat Wisata Tawang mangu yang berhubungan dengan air seperti air terjun maka wajib membawakan baju ganti.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Pantai batu bengkung

Serunya Menikmati 5 Destinasi Wisata di Malang, Wisata Keluarga Hingga Wisata Kuliner

Next Article
Taman bunga nusantara bogor jawa barat

Tempat Wisata di Bogor untuk Healing