9 Obyek Wisata Bondowoso yang Wajib Dikunjungi di 2022

Avatar of k setiawan
Puncak piramid bondowoso
Puncak Piramid Bondowoso

Bondowoso adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur, dengan ibukota kecamatan Bondowoso. Kabupaten Bondowoso itu sendiri memiliki luas area mencapai 1.560 km persegi, dengan populasi penduduk hingga 776.151 saat sensus tahun 2020. Kabupaten ini adalah salah satu daerah yang tidak memiliki pesisir pantai di Jawa Timur, namun berada di daerah pegunungan, dataran tinggi.

Kabupaten Bondowoso itu sendiri memiliki banyak obyek wisata Bondowoso yang tidak kalah menarik, meskipun tidak memiliki pesisir pantai, bukan berarti Bondowoso tidak memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pernahkah Anda berkunjung ke Bondowoso?

Jika Anda sedang berada di Bondowoso atau sekitarnya, dan mencari tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, berikut ini adalah 9 Obyek wisata di daerah Bondowoso yang wajib kamu kunjungi, terutama obyek wisata yang viral, dan sedang populer.

9 Obyek Wisata Bondowoso Terbaru

Kabupaten Bondowoso itu sendiri menyimpan berbagai pesona alam istimewa yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain, dari obyek wisata Bondowoso di daerah perbukitan, air terjun yang memukau, hingga mata air yang rupawan membuat daerah Bondowoso ini bisa layak masuk menjadi salah satu destinasi wisata Anda.

Mulai dari kawasan perbukitan, puncak bukit yang menjulang tinggi, berbagai perkebunan yang ada di kawasan Bondowoso, air terjun dengan lanskap fantastis, serta wisata budaya yang mistis semua bisa Anda temukan di Kabupaten Bondowoso.

Seperti apakah beberapa obyek wisata Bondowoso yang terkenal, viral, dan terbaru di tahun 2022 ini? Jika Anda sedang berada di daerah Bondowoso atau sekitarnya, pastikan untuk mencoba mengunjungi wisata-wisata ini. Berikut ini adalah 9 Obyek wisata di daerah Kabupaten Bondowoso:

  • Air Terjun Tancak Kembar Pakem
Baca Juga:  Menikmati Keindahan Pantai Wates di Rembang

Air terjun yang satu ini memang memiliki keunikan panorama alamnya yang indah, serta derasnya air terjun ini menyegarkan badan dan pikiran. Namun, hal yang membuat unik disini, adalah air terjun Tancak Kembar Pakem ini dipercaya oleh para penduduk local memiliki khasiat awet muda, membuat siapa saja yang mengunjunginya dan mandi disana awet muda.

Air terjun tancak kembar pakem
Air Terjun Tancak Kembar Pakem

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, Anda akan melewati medan yang terjal, berliku, dan naik turun, namun semua itu akan terbayar saat Anda menikmati keindahan dari air terjun ini.

  • Bukit Mahadewa

Bukit Mahadewa adalah sebuah puncak bukit yang memiliki pemandangan mempesona, serta Anda pasti akan terkesan dengan spot foto yang sangat instagrammable ini. Selain pemandangan tinggi menjulang yang mempesona, lanskap perbukitan dan juga perkebunan terlihat mengesankan, memberikan kesan pemandangan yang fantastis.

Bukit mahadewa bondowoso
Bukit Mahadewa Bondowoso

Tempat wisata Bondowoso ini berlokasi di desa Kupang, Kec. Curah Dami, dan Kabupaten Bondowoso.

  • Puncak Piramid

Salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan, disini, di bukit Piramid, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan yang fantastis, memberikan kepuasan tersendiri akan nikmatnya panorama alam, dan keagungannya. Di titik puncak pyramid ini, Anda akan bisa menyaksikan bentang alam, dan lanskap daerah Bondowoso yang luar biasa.

Puncak piramid bondowoso
Puncak Piramid Bondowoso

Lokasi bukit ini bisa Anda temukan di daerah Renggano, Curahpoh, kecamatan Curah Dami, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

  • Dam Sampean Baru

Bendungan juga bisa menjadi salah satu obyek wisata yang menarik loh, salah satunya adalah bendungan Sampean Baru yang bisa Anda temui di Bondowoso. Bendungan ini adalah obyek vital, yang menjadi urat nadi dari pengairan di wilayah Bondowoso. Bendungan ini memiliki pemecah arus air yang unik, tidak bisa Anda temukan di lain tempat, menjadikan spot foto yang menarik.

Baca Juga:  Sejarah, Fasilitas dan Tips Berwisata di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Bogor

Bendungan ini berlokasi di Tapen, Pandak, Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Obyek wisata ini merupakan salah satu wisata Bondowoso viral yang menjadi perbincangan para netizen, dikarenakan keunikannya tersendiri, sebagai spot foto.

  • Kawah Wurung

Kawah Wurung ini adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat Anda berlibur di daerah Bondowoso dan sekitarnya. Wisata kawah Wurung ini menyajikan pemandangan alam yang mempesona, hijau, memukau, dan penuh dengan keajaiban alam yang tidak ada habisnya. Lanskap, dan pesona perbukitan serta kawah yang unik menambah daya Tarik yang luar biasa.

Wisata kawah Wurung ini berlokasi di desa Margahayu, Kalianyar, sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

  • Kawasan Lebeng Seng

Kawasan Lebeng Seng ini belum terlalu terkenal, dan diketahui oleh para wisatawan domestic, dan mungkin saja hanya diketahui oleh penduduk local Bondowoso. Tetapi pesona kawasan wisata Lebeng Seng ini adalah salah satu surga wisata tersembunyi yang ada di Bondowoso.

Disebut juga sebagai kawah Ilalang, karena perbukitan di kawasan Lebeng Seng ini dipenuhi oleh perbukitan hijau, dan ilalang yang tumbuh sangat subur disini, menghadirkan sebuah pemandangan yang luar biasa indah dan langka.

Kawasan Lebeng Seng berlokasi di desa Curah Macan, Kalianyar, dan Sempol, Kabupaten Bondowoso, provinsi Jawa Timur.

  • Batu Susun Solor

Batu Susun Solor ini, atau bisa disebut juga sebagai Stonehenge van Java, merupakan sebuah susunan batu dan perbukitan yang sangat eksotis, memiliki sisi eksotis yang tidak biasa dari sekedar susunan bebatuan alam. Di tengah kawasan perbukitan dan perkebunan yang eksotis, menawarkan tempat wisata ini sebuah pemandangan memukau, dan spot instagrammable.

Tempat wisata Bondowoso ini bisa Anda temukan di desa Solor, Kec. Cermee, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur.

  • Air Terjun Blawan
Baca Juga:  Pantai Ngobaran: Lokasi & Eksotisme Pantai Indonesia

Air terjun Blawan ini sangatlah eksotis, dengan pemandangan serta lanskap yang memukau dari lembah, dan air terjunnya. Konon katanya, air terjun Blawan ini merupakan tempat semedi sang Damar Wulan, sebelum dia akan melawan Minak Jinggo. Jika Anda penggemar cerita rakyat pasti familiar dengan kisah ini.

Nuansa alam di sekitar yang ditawarkan sangat memukau, selain itu spot foto yang ditawarkan juga indah, dan berkesan, sangat cocok sebagai spot foto yang instagrammable. Air terjun yang satu ini berlokasi di daerah Rengahrejo, Kalianyar, dan Sempol, kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

  • Air Terjun Miniagara

Anda mungkin mengenal Air Terjun Niagara dari Kanada sebagai salah satu air terjun yang paling besar di dunia, nah, Kabupaten Bondowoso ternyata punya loh air terjun yang cukup mirip dengannya, disebut sebagai air terjun Miniagara, di desa Kalianyar, kec. Sempol Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Air terjun yang satu ini memang cukup mirip dengan air terjun Niagara, dengan pemandangan alam yang serupa, susunan batu, dan air terjun yang mirip, serta menghadirkan sebuah pemandangan air terjun yang melebar di kedua sisinya layaknya air terjun Niagara. Selain itu, tempat wisata yang satu ini juga mudah diakses dari kota Bondowoso.

Nah, itulah dia 9 wisata Bondowoso yang kami rekomendasikan jika Anda mengunjungi daerah Bondowoso. Jika Anda ingin mencari spot foto yang instagrammable, atau lokasi wisata alam yang eksotis dan memukau, percayalah bahwa kabupaten Bondowoso ini juga tidak akan mengecewakan Anda.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Bukit batu curug ciherang bogor

Wisata Bukit Batu Curug Ciherang Bogor, Spot Wajib Rekreasi Keluarga

Next Article
Kalasenja family camping

Liburan Seru di Kalasenja Family Camping Yang Wajib Kamu Coba