Banyumili Wonosalam, Konsep Wisata Alam dengan Spot Instagramble!

Avatar of k setiawan
Banyumili wonosalam
Banyumili Wonosalam

Lagi-lagi wisata Jombang menjadi perbincangan bagi banyak orang karena keunikan yang dimilikinya. Salah satunya adalah Banyumili Wonosalam yang sangat menarik untuk dilirik. Objek wisata ini sangat tepat dikunjungi untuk merelaksasikan tenaga dan pikiran. Jika ingin rekreasi bersama keluarga, maka Banyumili memang pilihan yang sangat tepat.

Mungkin wisata ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat Jombang. Meskipun demikian, para pengunjung yang berdatangan berasal dari berbagai daerah. Apa sih yang menyebabkan tempat wisata ini menarik? Apa keunikan dari tempat wisata yang satu ini sehingga diminati banyak orang? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata Banyumili Wonosalam

Nuansa yang dirasakan ketika pertama kali sampai di lokasi adalah sejuk dan tenang. Cocok sekali bagi kamu warga kota yang ingin menikmati udara sejuk dan segar. Apalagi dipadukan dengan pemandangan pegunungan yang indah. Lokasinya juga cukup jauh dari kebisingan sehingga sangat tenang dan menjadi obat bagi para wisatawan yang berdatangan.

Banyumili Wonosalam berada di kawasan dataran tinggi sehingga menyebabkan udara di sini sangat sejuk. Inilah yang menjadi daya tarik utama dari objek wisata yang satu ini. Selain karena udaranya yang sejuk, tempat ini juga memiliki pesona yang sangat indah. Apalagi dilengkapi dengan berbagai wahana dan spot yang menarik.

Pilihan Spot Foto Instagramable

Perlu diketahui bahwa Banyumili merupakan tempat wisata alam sekaligus buatan di kawasan Wonosalam Jombang. Selain spot foto keindahan alam yang keren di sana juga tersedia berbagai spot foto Instagram mebel yang sengaja dibuat berdasarkan kreativitas dari pengelola wisata. Jadi para wisatawan bisa bebas untuk mengambil foto sepuasnya.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Rekreasi Solo Terbaik dan Instagramable

Adapun beberapa spot foto yang menarik yaitu spot gardu pandang, rumah hobbit, dan lain-lain. Untuk yang hobi upload foto di sosial media, tempat ini memang cocok untuk hunting foto.

·         Rumah Hobbit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa rumah hobbit merupakan salah satu spot foto yang paling banyak diminati oleh para wisatawan di wisata Banyumili Wonosalam. Saat ini memang banyak tempat wisata yang membuat rumah hobbit sebagai salah satu daya tariknya, begitupun dengan wisata Banyumili.

Rumah Hobbit yang berada di tempat wisata ini ketinggiannya hanya sekitar 50 cm. Material yang digunakan untuk membuat rumah hobbit yaitu kayu sehingga dapat menciptakan kesan klasik dengan gaya etnik.

Selain itu, bagian atap Rumah Hobbit juga ditanami rerumputan sehingga terlihat lebih indah dan asri. Lebih seru lagi karena di dekat area Rumah Hobbit ada sungai kecil dengan aliran yang cukup tenang. Selain itu juga terdapat pepohonan tinggi di sekelilingnya seperti halnya pohon kelapa. Tidak heran jika di kawasan wisata ini sangat sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan yang menyegarkan.

·         Sangkar Burung

Selain rumah hobbit, di sini juga terdapat wahana sangkar burung. Mungkin banyak yang baru pertama kali mendengar wahana ini di tempat wisata. Lalu seperti apa sih wahana sangkar burung yang ada di Banyumili Wonosalam ini?

Seperti halnya namanya, wahana ini berupa sangkar burung yang ukurannya besar dengan tinggi sekitar 3 meter. Namun wahana sangkar burung ini bukanlah sangkar burung yang sebenarnya, tetapi sebagai wahana untuk para pengunjung.

Jadi sangkar ini tidak terdapat pintu sehingga para pengunjung dapat keluar masuk secara bebas untuk mengambil foto atau bermain-main.

·         Tori Gate Merah

Beberapa orang sepertinya sudah tidak asing lagi dengan Tori. Di banyu mili juga terdapat wahana Tori Gate yaitu Tori seperti halnya di Jepang. Tidak jauh dari Tori juga terdapat bangku berukuran panjang sehingga bisa digunakan untuk duduk atau beristirahat sejenak.

Baca Juga:  Harga Tiket Tempat Wisata Kebun Teh Malabar

·         Gardu Pandang

Adapun spot selanjutnya yang tidak kalah menarik yaitu gardu pandang. Bisa dikatakan bahwa spot ini merupakan spot favorit selain Rumah Hobbit. Karena dari gardu pandang para pengunjung dapat melihat landscape pegunungan yang sangat indah.

Selain itu, dari sini juga suara hewan akan terdengar jelas. Gardu pandang menjadi salah satu spot terbaik untuk mengambil foto yang instagramable. Ada juga berbagai wahana permainan yang seru seperti flying fox, ATV, bersepeda, perahu dayung, dan lain sebagainya.

Alamat Dan Rute Menuju Lokasi

Banyumili Wonosalam lokasinya cukup strategis karena terletak di Desa Carangwulung, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang. Lebih tepatnya, tempat wisata ini ada di depan Villa Rosari Refresh, satu arah dengan Kampung Djawi Wonosalam.

Ada berbagai pilihan rute untuk sampai di lokasi. Jika dari arah taman ASEAN perlu menempuh jarak kurang lebih 32 km dan butuh waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Jombang.

Dari taman ASEAN, ambil arah selatan hingga kurang lebih 7 km. Di pertigaan terakhir, ambil arah kanan sampai bertemu petunjuk ke arah Wonosalam kemudian belok kiri. Selanjutnya lurus terus sampai bertemu dengan Desa Gondang.

Dari desa Gondang menuju ke arah Kampung Djawi. Kurang lebih sekitar 3 km sebelum Kampung Djawi, di situlah lokasi wisata Banyumili.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata Banyumili

Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, harga tiketnya sangat terjangkau. Pasalnya, tiket masuk ke Banyu Mili Wonosalam Jombang yaitu hanya Rp5.000 per orang.

Untuk retribusi parkir motor yaitu Rp5.000, sedangkan mobil Rp10.000. Dengan biaya yang terjangkau tersebut, sudah bisa menikmati berbagai spot foto yang sangat keren.

Baca Juga:  Wisata Devoyage Bogor: Daya Tarik, HTM, Lokasi, dan Spot Menarik

Untuk sewa perahu dan mengelilingi sungai kecil perlu membayar tarif Rp5.000 per orang. Waktu untuk menyusuri sungai yaitu 15 menit. Satu perahu hanya boleh digunakan oleh dua orang.

Jika ingin mengunjungi wisata ini, maka bisa datang di hari apapun. Wisata Banyumili buka setiap hari Senin – Minggu jam 08.00 WIB – 16.30 WIB. Saat akhir pekan, tempat wisata ini sangat ramai pengunjung.

Fasilitas Penunjang Di Wisata Banyu Mili

Jika berkunjung ke wisata Banyumili Wonosalam maka akan semakin nyaman dan betah karena sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Berikut merupakan beberapa fasilitas bagi pengunjung yang tersedia di area wisata.

  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet bersih
  • Spot foto
  • Wahana permainan yang seru
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Dan lain sebagainya

Tips Berkunjung Ke Wisata Banyu Mili

Untuk yang ingin menikmati rekreasi di Banyumili Wonosalam, maka ada beberapa tips berkunjung yang perlu diperhatikan. Berikut ini merupakan beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  • Usahakan untuk datang di pagi hari sehingga bisa menjelajahi keindahan alam lebih banyak.
  • Berkunjung ke tempat wisata ini bersama dengan keluarga, teman, atau pasangan sehingga lebih seru untuk mengeksplor berbagai wahana yang tersedia.
  • Persiapkan fisik yang prima untuk dapat berkeliling di area wisata dengan puas.
  • Siapkan budget atau biaya untuk berwisata, akan lebih baik untuk melebihkan uang.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk hunting foto instagramable di tempat wisata ini, boleh juga menggunakan kamera handphone.
  • Tetap menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan wisata sehingga para wisatawan tetap nyaman selama berada di lokasi.
  • Berkunjung ke tempat wisata saat cuaca sedang cerah.

Demikianlah informasi tentang Banyumili Wonosalam sebagai salah satu tempat wisata alam dan buatan dengan konsep kekinian. Tempat wisata ini memang sangat cocok untuk dikunjungi saat liburan sehingga pikiran menjadi fresh.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Pantai batu bengkung

Serunya Menikmati 5 Destinasi Wisata di Malang, Wisata Keluarga Hingga Wisata Kuliner

Next Article
Wisata tawang mangu

6 Tempat Wisata Tawang Mangu Paling Hits