Daya Tarik, Lokasi dan Wahana Wisata Bukik Cinangkiak Solok

Avatar of k setiawan
Bukik cinangkiak solok
Bukik Cinangkiak Solok

Jika Anda memiliki rencana perjalanan wisata ke pulau Sumatera, maka jangan lewatkan untuk berwisata ke Bukit Cinangkiak yang berlokasi di kecamatan X Koyo Singkarak, Solok Sumatera Barat. Memiliki sebutan Bukik Chi Nang Kiek atau Bukik Cinangkiak Solok, objek wisata yang terbilang baru ini memang viral di media sosial karena pemandangan alamnya yang sangat indah berpadu dengan aneka wahana serta fasilitas wisata yang membuat setiap pengunjung nyaman berada disana.

Rute dan Lokasi Wisata Bukik Cinangkiak Solok Sumatera

Untuk Anda yang penasaran dengan pemandangan alam yang ada di wisata ini, diantaranya adalah melihat pemandangan eksotis dari Danau Singkarak dari atas bukit Cinangkiak sembari menghirup udara segar khas pegunungan yang membuat tubuh jauh lebih rileks.

Jika Anda sedang menuju kesana, ada beberapa rute atau jalur wisata yang bisa mengantarkan Anda mencapai lokasi wisata. Lokasi tepatnya dari Bukik Chi Nang Kiek ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 60 hingga 65 km dari arah kota Padang, Sumatera Barat. Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua untuk langsung menuju daerah Solok dan mengambil arah Sumani Singkarak.

Bukik cinangkiak
Bukik Cinangkiak

Setelah Anda melewati Pasar Sumani Singkarak, ambil jarak kurang lebih 3 km dari lokasi pasar maka Anda akan bertemu dengan sebuah pohon beringin yang besar yang berada di sebelah kanan jalan. Apabila sudah menemukan pohon tersebut, berikutnya adalah untuk mengambil jalur ke arah kanan untuk masuk ke jalan yang berada di depan pohon beringin tersebut baru kemudian melanjutkan perjalanan hingga menemukan papan petunjuk jalan ke lokasi objek wisata alam Bukik Cinangkiak Solok. Salah satu tanda yang bisa dikenal dengan baik adalah keberadaan sebuah rumah adat Nagari Singkarak yang tepat berada di area sebelah kanan jalan saat Anda menuju Bukik Cinangkiak.

Baca Juga:  Daya Tarik One Sky Cafe Payakumbuh yang Menggiurkan

Daya Tarik Bukik Cinangkiak Solok Sumatera

Destinasi wisata Bukik Cinangkiak Solok merupakan salah satu objek wisata unggulan di Sumatera yang masuk ke dalam kategori wisata alam. Berada tepat di area perbukitan, membuat objek wisata ini memiliki pemandangan alam yang asri, udara yang sejuk sekaligus suasana yang membuat siapa pun betah berada di sana berlama-lama. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang dimiliki oleh wisata Bukik Cinangkiak yang berada di Solok Sumatera.

1. Pemandangan Danau Singkarak

Salah satu pemandangan yang banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Sumatera adalah pemandangan Danau Singkarak yang bisa dinikmati dari atas ketinggian Bukik Cinangkiak Solok sumbar. Pemandangan tersebut bisa Anda nikmati sembari menyantap jagung bakar yang lezat, di tengah dinginnya suhu udara khas pegunungan di sebuah rumah makan bergaya outdoor di atas bukit.

2. Jembatan Gantung Cinangkiak

Salah satu spot paling favorit di wisata Bukik Cinangkiak Solok adalah spot jembatan gantung Cinangkiak. Spot wisata ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang menyukai tantangan dan segala kegiatan wisata yang bisa memicu adrenalin. Seperti dengan melakukan kegiatan untuk melintasi jembatan gantung yang terletak di bukit Cinangkiak Solok ini.

Merupakan sebuah wahana jembatan gantung yang terbuat dari deretan papan kayu yang disatukan dengan menggunakan tali yang kuat sehingga terbentuk menjadi sebuah jembatan gantung yang cukup mendebarkan untuk dilalui. Jika Anda mencoba untuk menggunakannya, maka jembatan akan berayun-ayun sehingga menciptakan sebuah perasaan berdebar dan menegangkan yang sangat disukai mereka yang menyukai tantangan.

3. Rumah pohon bukit Cinangkiak

Adalah sebuah rumah pohon yang berada di atas perbukitan Cinangkiak yang juga menjadi spot favorit disana. Selain karena bentuk rumah pohon yang terkesan unik, Anda bisa mengambil foto yang instagrammable dengan latar belakang pemandangan bukit yang menawan. Menariknya, rumah pohon tersebut juga bisa wisatawan gunakan untuk tempat beristirahat dan menginap disana.

Baca Juga:  Wisata Pintu Langit Lampung, Tempat Wisata Paling Viral Di Bandar Lampung

4. Olahraga Paralayang

Semua wisatawan yang berkunjung ke Bukik Cinangkiak Solok bisa mencoba uji nyali dengan melakukan olahraga paralayang yang menegangkan sekaligus seru untuk dilakukan. Anda bisa melihat pemandangan alam di atas bukit Cinangkiak, panorama Danau Singkarak dan asrinya pedesaan sekitar bukit saat berada di atas ketinggian waktu berolahraga paralayang. Dan untuk Anda para pecinta selfie, bisa mengambil foto selfie yang seru saat berada di udara, asyik bukan?

5. Seluncuran beraneka warna

Wahana ini sebenarnya adalah beberapa hamparan kain berwarna warni menyerupai warna pelangi yang terbuat dari bahan yang kokoh dan kuat untuk digunakan berseluncur. Semua wisatawan bisa menjajal keberaniannya untuk meluncur dari atas ketinggian menggunakan papan yang tersedia disana.

6. Waterboom

Bagi Anda pecinta wahana permainan air, bisa mencoba untuk menggunakan wahana Waterboom yang unik dengan sekitar 7 wahana permainan yang sayang untuk dilewatkan di Bukik Cinangkiak Solok. Diantaranya adalah wahana permainan Racer Slide, Lazy River, Kiddy Pool, Tower Slide dan Kolam Renang yang terbuka untuk umum atau semua pengunjung wisata.

Anda akan mendapati sebuah kolam renang yang memiliki ukuran cukup besar dan uniknya lokasi kolam tersebut adalah berada di tepi tebing yang terbilang curam. Uniknya kolam tersebut mempunyai air mancur yang estetik di bagian tengah kolam.

7. Berkemah di bukit Cinangkiak

Kemudian kegiatan wisata yang juga bisa Anda lakukan di bukit ini adalah untuk berkemah di bukit Cinangkiak. Siapa yang tak ingin menikmati pemandangan Bukik Cinangkiak Solok atau panorama Danau Singkarak di malam hari? Dengan mendirikan kemah dan bermalam di sana Anda bisa mendapatkan semua pengalaman yang seru dan menakjubkan di bukit wisata yang satu ini.

Baca Juga:  Daya Tarik 9 Tempat Wisata Di Binjai Yang Lagi Hits Plus Info Tiket Masuk

Untuk melakukan kegiatan berkemah ini tersedia penyewaan alat berkemah yang dibutuhkan oleh Anda. Atau juga bisa menggunakan perlengkapan berkemah yang sudah dibawa sendiri dari rumah sehingga bisa lebih leluasa melakukan kegiatan berkemah. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan berkemah sesuai kebutuhan agar supaya pengalaman berkemah lebih menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukik Cinangkiak Solok

Harga tiket masuk ke wisata bukit Cinangkiak ini hanya Rp.5000,- per orang pengunjungnya. Sebuah harga tiket masuk yang sangat terjangkau untuk semua kalangan pengunjung wisata untuk bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona di dalamnya. Adapun untuk tiket parkir kendaraan roda dua adalah sebesar 5 ribu rupiah dan untuk kendaraan roda empat adalah sebesar 10 ribu rupiah.

Kemudian karena ada banyak wahana wisata yang ada di dalamnya, maka dikenakan biaya secara terpisah yang harus dibayarkan saat Anda masuk ke wahana tersebut. Otomatis hanya akan dibayarkan jika memang ingin masuk ke wahana wisata tersebut. Biaya bisa jauh lebih murah jika Anda membawa serta rombongan peserta wisata dalam jumlah besar dengan menggunakan fasilitas paket wisata Bukik Cinangkiak Solok. Selamat berlibur.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Kopi klotok jogja

Kopi Klotok Jogja, Ikonik Kuliner Di Yogyakarta

Next Article
Rafting bogor

Suka Rafting? Rafting Bogor Adalah Salah Satu Yang Wajib Anda Kunjungi