Curug Bidadari Bogor: Wahana, Daya Tarik dan Harga Tiket

Larasati Ayeshaputri
Written By Larasati Ayeshaputri
Larasati Ayeshaputri adalah lulusan Hubungan Internasional yang banyak akal dan penuh semangat yang berspesialisasi dalam studi ASEAN dan Asia Tenggara dengan minor dalam studi Timur Tengah. Dia mampu fokus pada detail dan akurasi bahkan jika ditempatkan di lingkungan bertekanan tinggi.

Curug Bidadari Bogor adalah sebuah wisata curug yang letaknya tidak terlalu jauh dari ibu kota Jakarta, secara tepatnya masih di kawasan Sentul Paradise Park. Lokasi yang tak jauh dari kota membuat banyak orang-orang kota banyak memilih untuk berkunjung ke destinasi wisata curug tersebut. Alasannya sudah jelas, yaitu karena keindahan alami nan asri yang dimiliki air terjun ini seolah merepresentasikan nama dari curug ini, yaitu Bidadari yang diidentikkan dengan perempuan yang berparas cantik.

Curug ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 75v meter dengan lebar sekitar 7 meter yang membuatnya sebagai curug dengan ukuran yang tergolong besar dan langka.

Sebelumnya curug ini dikenal dengan nama Curug Bojong Koneng yang merupakan nama dari daerah di mana lokasi curug ini berada. Kemudian akhirnya sampai saat ini sudah dikenal dengan nama Bidadari karena di sana kerap muncul pelangi yang dianggap sebagai jalan turun para bidadari dari langit.

Daya Tarik Curug Bidadari

Munculnya pelangi di Curug Pelangi dengan frekuensi yang cukup sering menjadikannya sebagai daya tarik yang cukup kuat bagi para wisatawan. Pelangi adalah sebuah fenomena yang tidak sering terjadi, sedangkan di curug ini justru sering muncul, sehingga banyak dijadikan spot foto yang super estetik dan alami.

Hal itu kemudian semakin dibumbui dengan menyambungkan kepada kisah legenda yang sering mengaitkan kemunculan pelangi sebagai jalan turun bagi bidadari dari langit. Kisah itu tanpa sadar telah menambah daya tarik curug jadi semakin kuat. Banyak juga yang ingin memastikan kebenaran dari legenda turunnya 7 bidadari melalui pelangi itu.

Suasana di sebuah air terjun sudah tentu menyejukkan dan lembab. Air yang mengalir ke sungai juga sangat menyegarkan dan cenderung bersih karena airnya selalu mengalir. Upayakan untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan curug dengan tidak membuang sampai ke dalam air. Tersedia juga pancuran bamboo untuk menikmati guyuran air terjun secara ringan, karena kita tahu bahwa terlalu berbahaya untuk menerima air terjun yang jatuh dengan deras secara langsung.

Jembatan dan Batu Belah

Daya tarik lain d area Curug Bidadari adalah keberadaan jembatan dan Batu Belah yang besar. Terbentuknya batu belah itu karena pada suatu saat pengelola ingin membangun sebuah kolam dan ternyata itu menyebabkan batu besar terbelah, karena terbelah kemudian dibuatkan jembatan sebagai akses untuk menuju ke air terjun. Dari sanalah terbentuk Waterpark Sentul Paradise yang menjadi keunikan tambahan bagi curug ini. Air di waterpark berasal dari air terjun yang menyegarkan.

Wahana Flying Fox

Area curug ini juga terdapat wahana flying fox yang akan memberikan sensasi lain pada saat Anda ingin menantang adrenalin. Pemandangan air terjun pada saat menuruni tali akan sangat memorable dan tak akan pernah terlupakan. Percikan air terjun akan membuat perjalanan Anda menuruni tali menggantung menjadi lebih segar. Ini juga merupakan sesuatu yang langka tersedia di sebuah curug.

Kuliner dengan View Air Terjun Berpelangi

Destinasi wisata tentunya tak akan lengkap tanpa menikmati kuliner secara langsung di sana sebagai teman untuk menikmati keindahan di sana. Terlebih setelah banyak melakukan aktivitas di dalam air dan melewati medan ke curug yang cukup menantang, Anda pasti akan merasa lapar. Di sana ada banyak makanan yang tersedia dengan harga yang terjangkau dan enak. Anda bisa menikmatinya dengan duduk di saung kuliner sambil melihat air terjun.

Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas umum di area Curug Bidadari juga tersedia secara lengkap, seperti kamar mandi, toilet, mushola dan juga lahan parkir yang cukup luas. Di area waterpark juga tersedia ruangan untuk mengganti pakaian dan mandi sehingga Anda bisa pulang dengan keadaan yang nyaman. Tersedia juga terapi ikan bagi Anda yang ingin melakukan relaksasi dan menghilangkan kulit mati pada bagian telapak kaki Anda.

Harga Tiket Masuk

Anda perlu membayar tiket masuk untuk memasuki area curug Bidadari dengan biaya sebagai berikut:

  • Tiket masuk : Rp 25.000 per orang
  • Tiket kendaraan : Rp 3.000 per unit
  • Parkir motor : Rp 5.000 per motor

Untuk tarif tiket masih bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi tertentu. Kemudian anak di atas 5 tahun sudah dikenakan biaya secara penuh. Pengunjung harus masuk melalui jalur sepanjang 70 meter. Anda perlu berhati-hati terhadap oknum yang seringkali melakukan pungli kepada para pengunjung.

Jalur yang bisa dilewati wisatawan dari Jakarta adalah lewat tol Jagorawi dan keluar di Sentul. Masuk ke Jalan Siliwangi dan memasuki area Bojong Koneng dan pilih jalan Gunung Batu lanjut ke arah Sentul Paradise.

Jam Operasional Curug

Jam operasional Curug Bidadari adalah dari jam 06.00 sampai 17.00. Anda bisa mengunjungi curug bersama dengan keluarga dan kerabat atau sahabat supaya mendapatkan pengalaman baru yang sangat menyenangkan di sana, di mana ada objek serta wahana lain yang bisa Anda coba, dan tidak banyak tersedia di curug lain.

Leave a Comment