Daya Tarik, Rute dan Fasilitas Taman Fathan Bukit Alesano Bogor

Avatar of k setiawan
Taman fathan bukit alesano
Taman Fathan Bukit Alesano

Taman Fathan Bukit Alesano merupakan salah satu objek wisata yang paling populer dan terbilang baru di wilayah Cijeruk Bogor, Jawa Tengah. Lokasi wisata ini memberikan pemandangan alam yang mempesona apalagi karena lokasi ini merupakan cabang dari Taman Fathan yang berada di wilayah Hambalang yang sebelumnya sudah menuai sukses sehingga akan sangat sayang jika Anda lewatkan.

Taman fathan bukit alesano bogor
Taman Fathan Bukit Alesano Bogor

Lokasi dan Rute Taman Fathan Alesano Bogor

Lokasi wisata yang bernama “taman” ini merupakan sebuah kafe yang berlokasi di sebuah perbukitan yang bernama Alesano yang kemudian secara otomatis menjadi nama dari kafe tersebut. Pemandangan alam yang terlihat dari beberapa sudut kafe ini diantaranya adalah pemandangan alam gunung Pangrango dan gunung Salak, yang hanya bisa Anda lihat jika kondisi langit di sekitarnya cerah. Namun jangan khawatir, pemandangan alam sekitar bukit Alesano saat sedang mendung atau hujan juga cukup menyenangkan dengan kabut dan suhu dingin yang membuat suasana menjadi lebih syahdu.

Taman fathan alesano
Taman Fathan Alesano

Jika Anda berencana untuk berwisata ke kafe dan bukit ini, bisa mengambil rute perjalanan yang sudah banyak tersedia di sana. Anda tinggal mengetikkan kata kunci taman Fathan Bukit Alesano yang kemudian Google map akan langsung mengajak Anda menuju kesana. Untuk Anda yang datang dari luar kota Bogor bisa mengambil jalur atau rute yang bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dengan aman dan nyaman, meski lokasi wisata ini berada di tengah perbukitan namun sudah ada banyak sekali akses jalan yang dibuat untuk menuju kesana.

Baca Juga:  Daya Tarik Seribu Batu Songgo Langit Wisata Jogja

Daya Tarik Objek Wisata Taman Fathan Alesano Bogor

Lalu apa yang menjadi daya tarik dari Taman Fathan Alesano ini? Menurut ulasan dari para pengunjung yang datang ke taman ini, ada beberapa hal yang menjadi daya tarik pengunjung untuk datang kesana, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pemandangan alam yang menawan dan menyejukkan

Lokasi wisata taman Fathan Bukit Alesano ini berada di atas ketinggian sehingga menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indah dan mempesona. Anda akan menyaksikan pemandangan alam perbukitan di sekitar taman Fathan yang terlihat asri dan alami sehingga akan menyejukkan setiap mata yang memandang.

Belum lagi jika Anda datang di malam hari, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan alam city light dengan deretan lampu kota yang terlihat semakin memukau pengunjung taman Fathan.

2. Menikmati suhu udara khas perbukitan

Untuk Anda yang penat dengan rutinitas harian, bisa mencoba untuk datang berwisata ke taman ini untuk sekedar bersantai sambil menghirup udara segar khas perbukitan Alesano. Lokasi taman Fathan Bukit Alesano ini memang terbilang agak tinggi sehingga disarankan untuk mengenakan pakaian yang tebal khususnya di musim penghujan atau ketika malam hari. Suhu udara yang ada di sekitar taman bisa menjadi sangat dingin sehingga Anda harus bersiap untuk menghadapinya dengan maksimal.

3. Sajian menu yang lezat dan terjangkau

Lokasi wisata ini juga kerap menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang dituju pengunjung wisata yang datang ke kota Bogor. Sajian menu yang mereka miliki terbilang cukup lengkap dan sangat lezat sehingga direferensikan oleh banyak pengunjung wisata yang pernah datang kesana.

4. Tempat bersantai yang unik

Lokasi wisata taman Fathan Bukit Alesano bogor ini berada di area lembah atau bukit sehingga berada di dataran tinggi. Untuk itu, pengelola lokasi wisata taman pun membuat desain tempat bersantai di taman ini juga dengan memanfaatkan lahan bukit yang landai yaitu dengan membuatnya menjadi sistem berundak atau terasering. Yang mana justru area bersantai dengan desain seperti itu justru membuatnya semakin terlihat unik dan menarik dari wisata taman Fathan ini.

Baca Juga:  Ini Dia Tempat Rekreasi di Semarang yang Wajib Dikunjungi

5. Taman hewan peliharaan

Ketika Anda masuk ke lokasi wisata taman Fathan Alesano, setelah melewati tempat loket dan pintu masuk kemudian akan Anda temui beberapa kandang hewan ternak yang dipelihara secara khusus oleh pengelola wisata taman Fathan Alesano. Setiap kandang didesain dengan model semi terbuka dengan batas pagar yang agak rendah agar supaya para pengunjung bisa berkomunikasi dan berinteraksi langsung dengan hewan ternak yang ada di dalamnya dengan mudah. Bahkan setiap pengunjung diperbolehkan masuk ke dalam kandang, namun dengan syarat tidak diperbolehkan untuk mengganggu kenyamanan setiap hewan yang ada di dalamnya.

Setidaknya ada beberapa hewan ternak yang ada di dalamnya seperti ayam, kalkun, kambing dan burung yang mana semuanya sudah jinak dan terpelihara dengan sangat baik oleh staf karyawan taman Fathan Bukit Alesano. Area ini biasanya menjadi favorit pengunjung wisata kalangan anak-anak yang bisa diajak memberi makan hewan ternak sambil menunggu pesanan makanan datang.

6. Tempat berpetualang kecil

Untuk Anda yang menyukai kegiatan berpetualang, bisa memilih lokasi wisata ini karena Medan perjalanan menuju ke lokasi taman memang sedikit memerlukan perjuangan. Apalagi karena lokasinya yang memang berdekatan dengan area bukit perkemahan yang tentunya memiliki area khusus untuk berkemah sekaligus outbond khusus pengunjung yang datang kesana.

Tiket Masuk dan Fasilitas Taman Fathan Alesano

Untuk bisa masuk ke dalam lokasi kafe, Anda memang dikenai biaya tiket masuk dengan harga sekitar 5 ribu rupiah per orang pengunjung. Kemudian untuk tarif parkir yang dikenakan pun berbeda, untuk kendaraan roda dua sebesar Rp.2.000,- dan untuk kendaraan roda empat adalah sebesar Rp.5.000,-.

Objek wisata taman Fathan Bukit Alesano ini memiliki fasilitas publik yang cukup lengkap untuk mendukung kenyamanan pengunjung yang datang kesana. Diantaranya adalah beberapa jenis fasilitas seperti :

  • Area parkir yang cukup luas dan memadai
  • Toilet dan kamar mandi yang bersih
  • Spot untuk berfoto yang menarik
  • Tempat ibadah atau mushola
  • Tempat duduk untuk bersantai dalam jumlah cukup banyak
  • Dan berbagai fasilitas lainnya yang bisa dinikmati pengunjung wisata
Baca Juga:  Destinasi Wisata Super Lengkap Paket Pulau Seribu

Taman Fathan Bukit Alesano ini memiliki jam buka dari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam.

Tips Berwisata ke Taman Fathan Alesano Bogor

Setiap orang pastinya ingin mendapatkan pengalaman berwisata yang menyenangkan dan memuaskan. Namun untuk mendapatkannya, Anda harus mengetahui beberapa tips untuk bisa melakukan perjalanan wisata yang berkualitas khususnya ke taman Fathan Alesano.

– Usahakan datang di pagi atau sore hari jika tak ingin berwisata di bawah terik matahari. Karena kafe ini didesain dengan model terbuka, maka lokasi kafe akan sangat panas terutama di siang hari

– Bawa baju hangat atau perlengkapan baju ganti untuk antisipasi baju Anda basah karena terkena air hujan

– Banyak pengunjung wisata yang memberikan saran untuk datang ke lokasi taman di pagi hari sekitar jam 9an sehingga suhu matahari masih terasa hangat atau belum terlalu panas.

– Jika menghindari duduk di area terbuka, maka bisa memesan tempat duduk yang dekat dengan tempat pemesanan makanan

– Berfoto di spot yang menarik yaitu di sebuah gardu pandang yang melayang untuk melengkapi koleksi foto Anda khususnya untuk mengabadikan momen saat berwisata ke taman Fathan Bukit Alesano.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Wisata bantaeng pantai marina

Pilihan Tempat Wisata Di Bantaeng, Sulawesi Selatan

Next Article
Griya pendopo ciherang bogor

Griya Pendopo Ciherang Bogor, Destinasi Wisata Berkonsep Penginapan Yang Keren!