Resort Kindara Watulawang Destinasi Wisata Pantai Watulawang Yang Mempesona

Avatar of k setiawan
Wisata pantai watulawang
Wisata Pantai Watulawang

Sudah tidak mengherankan jika Indonesia dikenal di kalangan para wisatawan baik itu wisatawan domestik atau dalam negeri maupun wisatawan mancanegara yang berasal dari berbagai negara di luar Indonesia sebagai negeri dengan segudang destinasi wisata pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Hampir di seluruh wilayah di Indonesia berbentuk kepulauan yang menjadikannya banyak memiliki pantai – pantai dengan panorama alam yang mempesona.

Salah satu yang menjadi destinasi favorit yaitu pantai di bagian selatan Indonesia, lebih tepatnya pantai selatan. Terdapat banyak pantai di bagian selatan, khususnya pulau Jawa yang menjadi favorit, contohnya adalah pantai Watulawang yang di sekitarnya tersedia fasilitas lengkap seperti Kindara Watulawang dan obyek wisata lain yang bisa menjadi opsi untuk para wisatawan yang berkunjung ke daerah di selatan pulau Jawa ini.

 

Pantai yang menyajikan hamparan pasir putih dengan pemandangan air laut yang jernih dan pesona keindahan batu karang di sekitar pantai Watulawang. Terdapat sebuah batu karang besar yang dibangunkan jembatan dari bambu oleh pengelola agar pengunjung bisa menyeberang menuju batu karang besar yang digunakan sebagai wahana untuk memandang secara luas area pantai Watulawang ini. Di atas karang besar tersebut juga didirikan sebuah gazebo. Namun, Anda juga perlu berhati – hati saat berada di atas batu karang besar tersebut, karena akan berbahaya jika sedang terjadi ombak besar.

Sejarah Penamaan Pantai Watulawang

Pada dasarnya, penamaan Watulawang berasal dari dua kata yaitu watu dan lawang yang berarti batu dan pintu. Kenapa menggunakan Watulawang untuk menamai pantai ini, karena di area pantai terdapat sebuah goa batu yang digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat ritual upacara adat yang disebut upacara nyadran yang dilaksanakan pada bulan sya’ban. Secara arti harfiah Watulawang artinya batu yang menyerupai pintu. Pintu tersebut merupakan pintu masuk goa dan hanya akan dibuka dan dapat dimasuki orang banyak saat upacara adat nyadran. Menurut informasi dari masyarakat sekitar, goa tersebut merupakan jejak tilas Prabu Brawijaya VI.

Baca Juga:  Nikmati Kesegaran Alam Nan Asri Hanya Di Lembah Tepus

Lokasi Pantai Watulawang

Pantai yang terbagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh sebuah bukit batu karang di sisi barat pantai yang tidak berukuran luas dan berdampingan dengan goa Watulawang serta sisi timur pantai dengan area luas yang menghadirkan pasir putih yang luas dan sebuah tempat berupa pulau kecil dari batu karang besar yang dihubungkan dengan jembatan bambu berlokasi di kecamatan tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Wisata pantai watulawang lokasi

Pantai yang menyediakan fasilitas Kindara Watulawang ini memiliki jarak tempuh sejauh kurang lebih 66 kilometer dari pusat kota Jogja yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Pantai ini sebagai pantai yang terletak diantara pantai Indrayanti dan pantai pok tunggal terhitung belum terlalu banyak terjamah oleh para wisatawan. Di sekitar area pantai ini terdapat karang – karang besar serta pasir putihnya yang sedikit kecokelatan, yang merupakan ciri khas dari pasir pantai selatan.

Harga Tiket Masuk Pantai Watulawang

Gerbang masuk untuk menuju ke lokasi pantai Watulawang masih menjadi satu dengan pintu masuk pantai Indrayanti karena kedua pantai ini berada di satu jalur yang sama. Oleh sebab itu, pantai dan Kindara Watulawang harga tiket masuk sama dengan harga tiket masuk menuju pantai Indrayanti, yaitu sebesar 10 ribu rupiah untuk tiap orang.

Jam Buka Pantai Watulawang

Operasional dari pantai Watulawang atau Kindara Watulawang beroperasi selama 24 jam, yang artinya tidak ada batas jam kunjungan untuk menikmati keindahan pantai. Namun, Anda juga tetap harus berhati – hati terutama jika hari sudah mulai gelap atau memasuki waktu malam karena beberapa tempat yang masih gelap dan belum diberi penerangan yang cukup.

Baca Juga:  Informasi Pantai Balekambang: Lokasi, Daya Tarik Dan Tips

Daya Tarik Pantai Watulawang

Pantai Watulawang dengan fasilitas Kindara Watulawang yang merupakan destinasi yang belum banyak terjamah oleh wisatawan, memiliki beberapa daya tarik yang membuat Anda semakin penasaran untuk mengunjungi pantai ini saat berlibur ke Gunung kidul.

  1. Panorama pemandangan yang unik

Pada dasarnya semua pantai selalu menawarkan keindahan pemandangan dengan pesona masing – masing. Pantai Watulawang meskipun belum banyak dikenal karena letaknya yang diapit oleh pantai – pantai yang populer menyajikan pemandangan yang tidak biasa. Terletak di balik bukit membuat pantai ini bagaikan permata yang tersembunyi.

Pantai Watulawang ini dipisahkan menjadi dua area oleh batu karang yang besar yang mana kedua sisi yang dipisahkan tersebut memiliki hamparan pasir putih khas pantai selatan. Pantai ini dikelilingi perbukitan yang membuat area pantai diisi dengan bebatuan dan karang – karang di bibir pantainya dengan cekungan – cekungan yang menjadi tempat para ikan kecil yang bisa Anda manfaatkan juga sebagai area bermain air. Dataran pantainya juga memungkinkan Anda untuk mendirikan tenda jika ingin melakukan aktivitas camping saat tidak ingin menikmati penawaran fasilitas Kindara Watulawang di sekitaran wisata pantai Watulawang.

Suasana pantai yang tenang dan nyaman juga menjadi keunggulan tersendiri saat mengunjungi pantai Watulawang karena kawasan Watulawang belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

  1. Benteng batu

Untuk dapat masuk ke area pantai Watulawang ini mungkin terbilang masih belum terlalu praktis. Bahkan akses jalan masuknya pun masih melalui area parkir pantai lain. Lebar jalan menuju ke kawasan pantai Watulawang pun masih belum terlalu lebar, jaraknya pun sekitar 300 meter dari pantai Indrayanti. Hal tersebut yang menjadi alasan pantai Watulawang masih minim pengunjung.

Baca Juga:  Setigi Gresik, Spot Instagramable Untuk Foto-foto di Gresik

Meskipun begitu, memasuki kawasan pantai Watulawang akan mendapatkan pengalaman yang menarik. Watulawang yang berada di balik bukit bebatuan mengharuskan Anda melewati terowongan – terowongan batu alami untuk dapat sampai ke area kawasan pantai.

  1. Fasilitas penunjang

Selain pemandangan unik dan mempesona serta kondisi alamnya yang sedikit berbeda dibandingkan dengan pantai – pantai di sekitarnya, pantai Watulawang juga menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang kemudahan para wisatawan. Fasilitas seperti gazebo, toilet, kedai makanan, dan fasilitas umum lainnya tersedia di area pantai. Selain itu, fasilitas lain yang tidak boleh dilewatkan yaitu adanya resort atau penginapan resor dan juga Kindara Watulawang yang berdiri di atas bebatuan bukit karang serta menghadirkan fitur yang memanjakan para wisatawan seperti jacuzi di bibir pantai dengan ruang terbuka, spa di pinggir bukit sambil menikmati ombak dan birunya laut yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia.

Tidak hanya fasilitas resort atau Kindara Watulawang, untuk Anda wisatawan yang memiliki hobi di dunia off-road, tersedia juga fasilitas off – road mini circuit tracking melewati bukit terjal dengan mobil – mobil jeep jumbo.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda peroleh mengenai destinasi wisata yang mana tergolong sebagai destinasi yang belum banyak terjamah para wisatawan yang menghadirkan pengalaman unik dan panorama keindahan alam yang tetap mempesona.

Total
1
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Wisata setigi gresik

Setigi Gresik, Spot Instagramable Untuk Foto-foto di Gresik

Next Article
Wisata banyu anget pacitan

Alamat Dan Harga Tiket Banyu Anget Pacitan