Mengenal Lebih Jauh Tentang Curug Bugbrug yang Indah

Avatar of k setiawan
Curug bugbrug lembang bandung jawa barat
Curug Bugbrug Lembang Bandung Jawa Barat

Wisata alam menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dipilih masyarakat karena seru dan menyuguhkan pemandangan yang memukau. Salah satu destinasi alam yang indah dan wajib kamu datangi adalah Curug Bugbrug yang ada di Bandung.

Memang wisata alam yang ada di Bandung tidak sepopuler wisata lainnya seperti wisata kuliner dan belanja. Tetapi kamu tidak perlu khawatir kecewa saat datang ke Bugbrug, karena di sana menawarkan sensasi yang menyegarkan apalagi bagi kamu yang pecinta alam.

Keindahan air terjun yang ada di tengah hutan ini tidak kalah indahnya dengan air terjun terkenal lain seperti Curug Pelangi yang berada di wilayah Lembang, atau Curug Lalay, Curug Cimahi, dan curug lainnya.

Nama Bugbrug sendiri berasal dari suara yang dihasilkan dari air yang jatuh dari atas karena sangat kencang pada saat debit air sedang tinggi. Suara yang terdengar seperti benda terjatuh “bug.. brug.. bug.. brug..” yang dalam bahasa sunda ngabugbrug sendiri artinya adalah bertumpuk-tumpuk.

Selain menawarkan keindahan air terjun, kamu juga bisa menikmati hijaunya pemandangan sekitar air terjun dan juga beningnya air kolam yang ada di bawahnya yang menyegarkan. Semua rasa lelah dari rutinitas sehari-hari bisa sirna dalam waktu singkat saat kamu datang ke Curug Bugbrug Bandung ini.

Lokasi Curug atau Air Terjun Bugbrug

Air terjun Bugbrug berada di dataran dengan ketinggian 1.050 mdpl, dimana suasana di kawasan air terjun ini sangat sejuk dan juga segar. Untuk ketinggian dari curugnya sendiri kurang lebih setinggi 50 meter dengan terdapat kolam kecil di bawahnya yang memiliki ke dalam sekitar 2 sampa 3 meter.

Baca Juga:  Liburan Seru Dengan Arum Jeram Pangalengan Bersama Keluarga!

Walaupun bisa dibilang air terjun Bugbrug masih kalah populer dengan curug lainnya seperti Curug Cimahi, namun kamu tidak boleh meremehkan keindahan dari air terjun Bugbrug. Pemandangannya yang indah bisa jadi tempat terbaik buat kamu yang ingin menambah koleksi foto-foto kerenmu.

Lokasinya yang tersembunyi ini membuat Curug Bugbrug tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan, jadi cocok buat kamu yang suka selfie tanpa ada gangguan dari orang lain atau wisatawan lain. Akan tetapi perlu kamu diingat bagi kamu yang ingin berkunjung ke air terjun Bugbrug, akses menuju lokasi air terjun bisa dibilang gampang-gampang susah. Berikut in beberapa rute perjalanan ke air terjun Bugbrug.

  1. Rute dari Curug Cimahi

Untuk bisa sampai ke air terjun Bugbrug, kamu bisa menempuh perjalanan dari Curug Cimahi lalu ambil jalan ke arah timur. Setelah itu menuju utara dan melewati jalan setapak serta ladang perkebunan milik warga.

  1. Rute Jalur Villa Istana Bunga

Selain itu kamu juga bisa memulai perjalanan dari terminal Parongpong dan melewati kompleks Villa Istana Bunga. Jika kamu bingung atau tidak tahu arah, kamu bisa bertanya ke warga sekitar. Jarak tempuh kurang lebih sekitar 300 meter yang terlebih dahulu melewati jalan besar dan setapak.

  1. Jalur komando (berdekatan dengan Dusun Bambu Cisarua)

Buat kamu yang berkunjung dengan mengendarai motor, bisa dititipkan di sini atau dekat masjid. Waktu tempuh sekitar 30 menit dengan berjalan kaki untuk bisa sampai ke lokasi.

Medan yang harus ditempuh menuju lokasi air terjun Bugbrug cukup sulit karena jalannya masih berupa tanah. Apalagi pada saat musim hujan, sudah pasti jalanan akan becek. Jadi buat kamu yang ingin datang ke air terjun Bugbrug wajib setidaknya membawa baju ganti dan jangan takut kotor ya.

Baca Juga:  Wisata Lembah Asri Dan Dino Park Beserta Info Tiket, Lokasi, Wahana dan Spot-Spot Menarik

Berikut ini letak pasti atau alamat dari Curug Bugbrug .

  • Alamat di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat.
  • Jarak 19 Km dari pusat kota Bandung melalui Jalan Sersan Bajuri dengan waktu tempuh sekitar 52 menit.
  • 5 Km dari Cisarua Bandung Barat dengan waktu tempuh sekitar 12 menit.
  • 9 Km dari Lembang melalui Jalan Kolonel Matsuri dengan waktu tempuh sekitar 24 menit.

Setelah kamu berjalan kaki sekitar 15 menit, maka air terjun Bugbrug akan terlihat dari kejauhan. Saat sampai di lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan hijau tebing dan rerumputan yang indah. Terdapat saung di area sekitar air terjun yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat. Selain itu ada juga mushola dan WC, tetapi belum ada warung makan jadi sebaiknya kamu membawa bekal sendiri.

Jam Operasional dan Fasilitas Air Terjun Bugbrug

Pada dasarnya tidak ada jam operasional resmi untuk bisa menikmati keindahan air terjun Bugbrug. Tetapi rata-rata wisatawan atau pengunjung datang dan menghabiskan waktu di curug pada pukul 09.00 sampai 16.00.

Karena masih terbilang alami dan jarak tempuhnya yang jauh, maka fasilitas penunjang kenyamanan para pengunjung masih belum banyak. Namun ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan para pengunjung seperti saung sederhana, toilet, dan juga mushola dengan kondisi yang seadanya dan bisa digunakan untuk pengunjung yang ingin beribadah.

Belum ada warung makan maupun kedai yang menjual aneka ragam makanan di Curug Bugbrug . Tetapi kamu tetap bisa bersantai sambil bersantap di tempat makan yang berada di Dusun Bambu, tidak jauh dari lokasi curug.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Air Terjun Bugbrug

Berikut ini harga tiket masuk Curug Bugbrug beserta rinciannya yang perlu kamu siapkan

  • Tiket Masuk Rp 7.500
  • Parkir Motor Rp 2.000
  • Parkir Mobil Rp 5.000
Baca Juga:  Wisata Pantai Drini: Alamat & Keunikannya

Karena fasilitas yang masih belum sepenuhnya lengkap, kamu bisa menggunakan fasilitas seadanya gratis dan tidak dipungut biaya lagi.

Tips Saat Berlibur ke Air Terjun Bugbrug

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke wisata air terjun Curug Bugbrug :

  • Jangan buang sampah sembarangan

Karena wisata air terjun Bugbrug ini merupakan wisata alam yang perlu dilestarikan dan dijaga, maka pengunjung wajib menjaga kebersihan area wisata dengan tidak membuang sampai sembarangan.

  • Datang saat pagi atau siang hari

Karena lokasinya yang jauh, maka alangkah baiknya kamu datang ke air terjun Bugbrug pada saat pagi atau siang hari. Sebab di waktu tersebut merupakan waktu paling baik untuk menempuh perjalanan agar tidak terlalu sore atau kemalaman saat akan pulang.

  • Gunakan sandal atau sepatu trakking

Medannya yang masih berupa jalan setapak dan masih berupa tanah, lebih baik gunakan sandal atau sepatu trakking supaya perjalanan lebih mudah dan nyaman. Apalagi saat musim hujan, jalan akan becek dan kotor.

  • Bertanya ke warga sekitar tentang lokasi curug

Apabila kamu kesulitan menemukan rute yang benar untuk sampai lokasi ke curug, ada baiknya kamu bertanya ke warga sekitar.

  • Datang bersama teman atau keluarga

Datang bersama teman atau keluarga ke Curug Bugbrug lebih aman dan seru karena medannya yang sulit dan lokasinya yang jauh.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai Curug atau Air terjun Bugbrug, mulai dari lokasi wisata, harga tiket, sampai tips saat datang ke sana. Semoga dengan informasi ini bisa membantu kamu semua dalam menempuh perjalanan liburan ke air terjun Bugbrug.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Daya tarik mahaloka paradise

Pesona Mahaloka Paradise, Ekowisata dengan Konsep Kekinian

Next Article
Gunung puntang

Wisata Gunung Puntang untuk Pecinta Alam