Pantai Jungwok, Pantai Batu Karang Dengan Pasir Putih Di Gunung Kidul Yogyakarta

Larasati Ayeshaputri
Written By Larasati Ayeshaputri
Larasati Ayeshaputri adalah lulusan Hubungan Internasional yang banyak akal dan penuh semangat yang berspesialisasi dalam studi ASEAN dan Asia Tenggara dengan minor dalam studi Timur Tengah. Dia mampu fokus pada detail dan akurasi bahkan jika ditempatkan di lingkungan bertekanan tinggi.

Pantai Jungwok  – Pantai Jungwok merupakan salah satu pantai yang lokasinya berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Seperti yang telah kita ketahui, Jogja memiliki banyak pantai di bagian selatan dan salah satunya pantai satu ini. Pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena keindahannya dan juga lokasinya berdekatan dengan Pantai Wediombo dan Greweng.

Pantai ini sangat indah meskipun lebih sempit dibandingkan dengan beberapa pantai yang ada di sekitarnya. Namun daya tarik yang dimiliki pantai satu ini cukup menarik sehingga banyak wisatawan yang datang ke sana. Nah, berikut ini adalah informasi mengenai beberapa daya tarik, kuliner, fasilitas, harga tiket dan lainnya yang tersedia.

Daya Tarik Pantai Jungwok

Daya tarik yang dimiliki pantai satu ini cukup banyak dan menarik, contohnya adalah :

  • Memiliki tiga aliran sungai tawar

Contoh daya tarik di pantai ini adalah memilik 3 aliran sungai yang bermuara ke lautan. Hal ini membuat sekitar bibir pantainya terlihat seperti terbelah menjadi 3 bagian. Pemandangan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena cukup unik.

  • Garis pantai berbentuk melengkung

Pantai Jungwok memiliki garis pantai berbentuk melengkung sehingga hal ini dianggap unik juga. Wisatawan bisa mengambil foto dengan latar belakang pantai dengan garis pantai yang melengkung. Anda bisa melihatnya dari kejauhan sehingga akan lebih menarik lagi.

Pantai ini memiliki pasir putih yang indah sehingga cukup indah pemandangannya. Wisatawan dapat bermain di pasir putih yang indah ini.

  • Memiliki pemandangan batu karang

Pantai ini juga memiliki pemandangan batu karang yang tidak kalah bagusnya. Apalagi bagi Anda yang suka dengan dunia fotografi sehingga bisa mengambil gambar yang bagus dengan background batu karang.

Bahkan batu karang ini kerap digunakan oleh pengunjung atau masyarakat sekitar untuk memancing ikan di laut. Batu karang tersebar di sekitar pantai dan sering menjumpai beberapa hewan laut di sekitarnya, seperti lobster, ikan, kepiting dan yang lainnya.

  • Memiliki pemandangan laut kebiruan

Pantai ini juga memiliki pemandangan laut kebiruan sehingga terlihat sangat indah. Wisatawan pasti akan betah bermain di sekitar pantai dengan pemandangan laut birunya.

Wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan laut biru ini sehingga bisa menghilangkan stres. Pantai-pantai di Gunung Kidul ini memang terkenal memiliki pemandangan yang indah sehingga sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di mancanegara.

  • Camping ground

Wisatawan juga dapat mendirikan tenda di kawasan Pantai Jungwok untuk melihat keindahan senja dan matahari terbit di pagi hari. Sudah banyak wisatawan yang kerap camping di sana karena ingin melihat keindahan alamnya baik di pagi hari atau sore hari.

Itu beberapa daya tarik yang dimiliki di pantai ini sehingga dapat dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke sana.

Kuliner di Pantai Jungwok

Di sepanjang pantainya ada banyak sekali warung makan yang menjajakan makanan khas pantai dan Yogyakarta. Bagi wisatawan yang merasa lapar saat berwisata di pantai ini tidak perlu cemas karena bisa mengunjungi tempat makan yang Anda sukai. Ada banyak sekali olahan seafood dengan rasanya yang lezat dan masih fresh.

Bagi Anda pencinta seafood pasti puas makan di sana dan juga bisa mencicipi aneka makanan khas Yogyakarta yang cukup populer dengan mudah. Pastikan Anda datang siang hari sebab jika sudah sore sudah banyak warung yang tutup.

Fasilitas di Pantai Jungwok

Ada sejumlah fasilitas yang disediakan di pantai ini, diantaranya adalah toilet umum, tempat parkir, camp ground, tempat jual kayu bakar dan banyak warung makan yang berjejer. Bagi Anda yang berniat berkemah di pantai ini pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup karena warung-warung yang ada di sana akan tutup di malam hari dan jumlahnya masih sedikit.

Harga Tiket Pantai Jungwok

Harga tiket masuk ke Pantai Jungwok terbilang cukup murah dan terjangkau, yaitu :

  • Tiket masuk Rp. 10.000,-
  • Parkir roda 2 Rp. 2.000,-
  • Parkir roda 4 Rp. 5.000,-

Rute Perjalanan ke Pantai Jungwok

Rute perjalanan menuju ke pantainya adalah dimulai melewati Jl. Bausasaran lurus sampai ke SMA 8 Yogyakarta, kemudian PLN Yogyakarta mengikuti Jl Nasional III dan Jalan Yogyakarta – Wonosari – Jl Kyai Legi – Jl Pantai Selatan dan Jalan Wedi ombo barulah sampai ke lokasi pantainya.

Alamat lengkapnya adalah Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam Buka Pantai Jungwok

Pantai ini tidak memiliki jam buka khusus bagi pengunjungnya, yaitu buka dari hari Senin sampai Minggu sehingga 24 jam. Wisatawan dapat berkunjung ke pantai ini kapan saja dan bagi Anda yang ingin berkemah pastikan untuk datang sebelum jam 4 sore supaya tidak terlalu malam dan gelap.

Itulah keindahan, daya tarik, fasilitas, kuliner, harga tiket dan jam buka yang tersedia di Pantai Jungwok.

Leave a Comment