Menikmati Keindahan Pantai Wates di Rembang

Avatar of k setiawan
Pantai pasir putih wates rembang
Pantai Pasir Putih Wates Rembang

Siapa nih yang sudah rindu dengan suasana pantai? Nah, buat Anda yang saat ini tengah berlibur ke area Jawa Tengah bagian utara, coba sempatkan untuk mampir ke Pantai Wates alias Pantai Pasir Putih Wates yang ada di Kabupaten Rembang.

Pantai ini mungkin belum seramai pantai-pantai lain yang ada di utara pulau Jawa. Kendati demikian, hal ini tentu tidak akan mengurangi berbagai keseruan yang bisa Anda dan keluarga nikmati selama berada di pantai ini.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai berpasir putih yang satu ini berlokasi di Dusun Wates, Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori, Kab. Rembang, Jawa Tengah. Jika Anda datang dari alun-alun Kota Rembang, Anda dapat melalui jalur Pantura kemudian berbelok ke arah kiri menuju Dusun Wates sekitar 15 menit saja.

Anda tidak perlu bingung untuk menuju ke Pantai Wates ini karena setelah memasuki area pemukiman warga, sudah ada beberapa petunjuk arah yang tersedia untuk menuju pantai. Rute dan jalannya juga sudah mulus sehingga mudah dilalui berbagai kendaraan.

Pantai pasir putih wates rembang
Pantai Pasir Putih Wates Rembang

Operasional pantai ini buka setiap hari, mulai dari Senin sampai dengan Minggu dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Kendati demikian, biasanya sampai malam pun pantai ini masih bisa dikunjungi, terutama buat Anda yang ingin menyaksikan fenomena matahari terbenam dari kawasan pantai.

Apabila ingin berwisata ke Pantai Wates, Anda juga tidak perlu menyiapkan budget terlalu banyak. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir untuk masuk ke kawasan ini, mulai dari Rp5.000 untuk motor hingga Rp10.000 untuk mobil biasa. Jika menggunakan mobil seperti Elf atau Bis, tarif parkirnya sekitar Rp15.000 sampai dengan Rp20.000.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Jauh Tentang Curug Bugbrug yang Indah

Anda mungkin perlu menyiapkan sedikit lebih banyak uang untuk membeli berbagai makanan yang tersedia di sekitar kawasan pantai. Tersedia berbagai warung makanan dan minuman yang bisa dinikmati di sejumlah gazebo yang tersedia. Harga sewanya pun bervariasi, rata-rata Rp10.000 sampai Rp20.000.

Buat Anda yang ingin bilas air setelah puas bermain di pantai, di sini juga tersedia beberapa kamar mandi dan toilet. Ada juga area mushola untuk Anda yang ingin melaksanakan sholat. Meski tidak terlalu luas, namun masih muat untuk beberapa orang.

Aktivitas Menarik di Kawasan Pantai

Pantai Wates Rembang kini mulai dikembangkan oleh pemerintah setempat guna menggaet wisatawan dari berbagai kalangan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Lantas, hal-hal apa yang bisa dilakukan di kawasan pantai berpasir putih ini?

1. Bermain air di area pantai

Berkunjung ke pantai tentu tidak afdol jika tidak bermain pasir maupun air di sekitar bibir pantai. Tentunya Anda perlu menyiapkan baju siap basah dan kotor untuk bermain di area ini. Kendati demikian, tidak perlu khawatir karena tersedia beberapa kamar bilas untuk membersihkan badan setelah puas bermain di pantai.

Ombak pantai ini cenderung tenang, namun ada baiknya jika Anda tidak terlalu ke tengah supaya tidak terbawa ombak. Anda juga dapat menemani anak-anak bermain pasir dengan mencoba membentuk berbagai hal seperti istana, benteng, dan permainan pasir lainnya.

2. Sekadar menikmati pemandangan laut

Buat Anda yang tidak ingin bermain air, duduk-duduk saja di tepi pantai. Pasir Pantai Wates yang putih dan terhampar luas bisa menjadi alas duduk yang dapat membuat Anda melepaskan stres sehingga menjadi tenang kembali.

Anda juga bisa duduk di sekitar gazebo yang terdapat di tepi pantai. Gazebo dengan atap dedaunan yang sejuk tentu akan membuat Anda merasa nyaman sambil melihat pemandangan laut lepas dan pulau kecil yang ada di ujung laut.

Baca Juga:  Harga Tiket dan Wahana Kampung Tulip 2022

3. Hunting foto

Pengelola pantai juga sudah menyediakan berbagai spot foto yang menarik sebagai latar belakang dari foto Anda. Spot foto yang tersedia seperti ayunan, jembatan cinta, hingga kawasan dermaga. Beberapa spot yang dapat dikunjungi gratis ini kerap menjadi tujuan foto para wisatawan sehingga tidak jarang terdapat antrian yang panjang.

Jika Anda lebih menyukai background foto yang natural, Anda dapat berfoto di tepian pantai atau di sekitar pohon-pohon cemara. Pastikan angle foto pas sehingga hasilnya akan semakin menarik. Siapkan juga kamera yang mumpuni karena pasti Anda akan mengambil banyak foto sekaligus di kawasan wisata Pantai Wates Rembang ini.

4. Jalan-jalan ke kawasan hutan cemara

Kawasan pohon-pohon cemara bisa Anda temui ketika akan menuju ke kawasan pantai. Pohon-pohon ini berderet dengan rapi bahkan seakan menaungi para wisatawan dari teriknya matahari. Bahkan, udara di sepanjang hutan ini terbilang sejuk dan berbeda dengan pinggir pantai yang lebih panas.

Anda dapat mengelar tikar dan berpiknik bersama keluarga di kawasan hutan cemara ini. Tentu menjadi hal yang sangat menarik karena ternyata pohon-pohon ini memang menjadi salah satu ikon Pantai Wates yang jarang dijumpai pada pantai mana pun.

Kendati suasananya sangat menarik, pastikan Anda tetap selalu menjaga kebersihan sekitar hutan dan pantai ya. Pihak pengelola juga sudah menyiapkan beberapa titik tempat sampah untuk bungkus-bungkus makanan yang sudah Anda bawa.

5. Menikmati sunset dari tepi pantai

Kawasan Pantai Wates tidak hanya dapat dinikmati pada waktu siang hari saja, bahkan pada senja hari Anda juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam atau sunset dari tepi pantai. Jika langit sedang cerah dan tidak tertutup awan, Anda akan menyaksikan matahari yang seakan-akan tenggelam ke dasar lautan.

Baca Juga:  Kamojang Vilage, Wisata Dengan Panorama Menakjubkan

6. Jelajah Pulau Gede

Anda juga dapat mengunjungi Pulau Gede yang jaraknya sekitar 4 km di utara pantai pasir putih ini. Meski cukup dekat, untuk ke sana Anda memerlukan perahu yang dapat disewa dengan harga sekitar Rp300.000 sampai Rp400.000 untuk pulang pergi.

Pulau ini masih terbilang asri dengan udara yang masih segar. Jangan lewatkan beberapa aktivitas seperti snorkeling atau diving untuk melihat berbagai keindahan bawah laut yang sangat mengagumkan dari air yang jernih dan kehijauan.

Harga sewa alat snorkeling ataupun diving ini juga bervariasi dan di luar dari tiket masuk Pantai Wates Rembang. Meski demikian, harga sewanya masih sangat terjangkau dan bisa digunakan untuk semua kalangan. Anda tentu tidak akan merasa bosan bila berkunjung ke kawasan pantai ini.

Sebelum berkunjung ke pantai ini, jangan lupa siapkan beberapa perlengkapan seperti kamera, topi, kacamata, serta sunblock untuk melindungi Anda dari paparan sinar matahari yang menyengat. Jangan lupa siapkan uang untuk membeli beberapa makanan, atau bahkan bisa juga bawa langsung dari rumah.

Itulah beberapa hal yang menarik dari Pantai Wates di Rembang dan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan di kawasan wisata pantai utara Pulau Jawa tersebut. Pastikan Anda juga tidak lupa dengan beberapa tips wisata yang menarik di atas untuk liburan yang lebih menyenangkan ya!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Wisata pamekasan madura jawa timur

Rekomendasi Tempat Wisata Pamekasan

Next Article
Wisata mijen demak green garden

Wisata Mijen Demak Green Garden: Lokasi, Harga Tiket Masuk & Wahana