10 Rekomendasi Rekreasi Solo Terbaik dan Instagramable

Avatar of k setiawan
The heritage palace solo
The Heritage Palace Solo

Surakarta alias Solo kini tengah berbenah menjadi salah satu ikon wisata Jawa bagian tengah selain Yogyakarta dan Magelang. Ada banyak tempat rekreasi Solo yang bermunculan dan menjadi hits, bahkan tidak jarang menjadi tempat berswafoto dan mengabadikan momen dengan kamera.

Rekomendasi Tempat Wisata Hits di Solo

Kota Solo dan sekitarnya kini memiliki banyak tempat wisata yang tidak hanya menarik, namun juga Instagramable. Tidak hanya wisata sejarah dan budaya, juga seni, alam, bahkan tempat-tempat yang memang ditujukan untuk wisata foto sudah banyak tersedia. Lantas, lokasi wisata Solo mana sajakah yang recommended untuk dikunjungi?

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Berkunjung ke Solo tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Keraton Surakarta atau yang juga sering kali disebut dengan Keraton Solo. Merupakan salah satu tempat paling terkenal dan bersejarah karena menyimpan banyak kekayaan budaya Jawa dan kerajaan, terutama setelah pembagian Kerajaan Mataram sesuai Perjanjian Giyanti.

Kunjungan ke Keraton Solo dapat dilakukan setiap hari Senin hingga Kamis pukul 09.00 sampai 14.00 WIB, serta Sabtu dan Minggu pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Khusus hari Jumat, tempat rekreasi Solo ini tidak membuka jam kunjungan.

2. Benteng Vastenburg

Buat Anda yang ingin mencari spot foto dengan latar belakang sejarah yang kuat, mengunjungi Benteng Vastenburg bisa menjadi salah satu opsi yang menarik. Benteng peninggalan Belanda ini memang penuh akan unsur sejarah sehingga cocok sebagai tempat wisata edukasi.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Pantai Kukup Yang Wajib Dikunjungi Lengkap Dengan Info Rute Dan Tiket Masuk

Kalau sudah puas belajar sejarah di dalam benteng ini, jangan lewatkan untuk berfoto di sejumlah spot yang ada di sekitar rekreasi Solo tersebut. Mulai dari bagian depan benteng yang ikonik hingga bagian dalam yang bernuansa putih cerah.

3. The Heritage Palace

Kalau menilik dari namanya, tempat ini dianggap sebagai salah satu istana yang sudah berdiri sejak lama. Akan tetapi, bangunan Heritage Palace Solo ini sendiri sejatinya bukan bekas istana seperti yang dibayangkan, melainkan tempat wisata yang memang dikhususkan sebagai tempat berfoto.

Bangunan bernuansa Eropa ini menyediakan berbagai wahana, mulai dari museum 3D, museum transportasi, omah kewalik, dan sebagainya. Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang bangunan The Heritage Palace ini yang terkenal dengan gaya vintage khas Eropa zaman dulu. Cocok untuk mengisi feed Instagram Anda, lho.

4. Titik Nol Solo

Meski belum se-ikonik titik nol km Yogyakarta, namun titik nol Solo sudah mempunyai kesan tersendiri bagi banyak orang, terutama yang berdomisili di Solo dan sekitarnya. Bagaimana tidak, tempat rekreasi Solo yang satu ini seringkali digunakan sebagai latar belakang foto dengan berbagai tujuan, mulai dari foto biasa sampai prewedding.

Titik nol kota Solo ini terletak di Jl. Jend. Sudirman, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Adapun penanda nol kilometer Kota Solo ini ditandai dengan adanya Tugu Pamandengan yang diyakini berfungsi sebagai titik fokus Sri Sunan pada waktu bermeditasi di Siti Hinggil.

5. De Tjolomadoe

Tempat wisata di Solo yang Instagramable selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah De Tjolomadoe yang saat ini tengah naik daun. Tempat ini dulunya adalah gedung pabrik gula yang sudah tidak terpakai, namun sampai saat ini masih terawat dengan cukup baik.

Baca Juga:  Ingin Piknik Sambil Nonton Layar Tancap? Yuk Kunjungi Wisata Tenda di Bawah Bintang

Pada awalnya, tempat ini memang bernama Pabrik Gula Colomadu yang didirikan pada tahun 1861. Seiring berkembangnya tempat wisata, pabrik gula ini kemudian diubah menjadi objek wisata yang baru sekaligus sebagai landmark bersejarah hingga pusat konvensi.

Pabrik yang sekilas mirip dengan kawasan wisata Solo The Heritage Palace ini berlokasi di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Tempat tersebut tentu tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Solo dan sekitarnya, terutama buat yang ingin mencari salah satu spot foto terbaik untuk di-upload ke sosial media.

6. Tumurun Private Museum

Merupakan salah satu museum yang cukup ikonik dan menjadi incaran para pecinta seni pada saat mengunjungi tempat-tempat rekreasi Solo. Museum ini sejatinya merupakan milik pribadi dengan berbagai koleksi seni dari sejumlah seniman.

Museum ini merupakan museum pribadi dari keluarga Lukminto yang dikenal sebagai pengusaha tekstil dan pendiri Sritex. Jika Anda ingin berkunjung, maka sangat disarankan untuk melakukan reservasi online melalui akun media sosial Tumurun Private Museum ini.

Menariknya, museum ini memiliki sekitar 150 koleksi berupa lukisan, berbagai instalasi seni, hingga pajangan mobil-mobil antik. Tentu saja di masing-masing koleksi terdapat informasi lengkap yang dapat diakses melalui keterangan ringkas dan barcode khusus.

7. Taman Kompleks Stadion Manahan

Stadion Manahan memang bukan lagi suatu hal yang asing terutama untuk penggemar olahraga. Di sini, seringkali diselenggarakan berbagai event olahraga tingkat nasional maupun internasional sehingga menjadi salah satu tempat penting di Solo sekaligus salah satu landmark kota ini.

Kompleks stadion Manahan memiliki ruang terbuka untuk tempat hangout maupun berolahraga. Anda yang ingin mencari tempat rekreasi sambil berolahraga tidak ada salahnya datang ke kompleks Stadion Manahan Solo, tepatnya di Kawasan taman di Solo yang terkenal ini.

Baca Juga:  Pesona Mahaloka Paradise, Ekowisata dengan Konsep Kekinian

8. Bendungan Colo

Anda ingin mengunjungi wahana rekreasi Solo namun dengan suasana yang berbeda? Cobalah datang ke Bendungan atau yang juga seringkali disebut dengan Dam Colo. Terletak di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, bendungan ini menawarkan ciri khas tersendiri, yakni peton pemecah arus yang tertata secara rapi dan simetris.

Meskipun berfungsi sebagai pemecah air sewaktu arus sedang deras, tidak jarang banyak orang memanfaatkan pola Dam Colo ini sebagai latar belakang berfoto. Dengan angle foto yang pas, foto Anda tentu akan semakin Instagramable dan menarik untuk segera di-upload ke sosial media.

9. Pandawa Water World

Merupakan salah satu wahana wisata air yang ada di kawasan Surakarta dengan berbagai fasilitas dan wahana permainan yang lengkap. Tempat rekreasi di Solo yang satu ini juga terbilang unik karena memiliki tema pewayangan yang dianggap sebagai ciri khas budaya Solo.

Tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan kolam renang Buken di Banyumas, Jawa Tengah, kolam renang ini menyediakan beragam permainan menarik seperti action river, fantastic slides, hingga warm spa dengan fasilitas yang lengkap baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

10. Pasar Antik Triwindu

Tempat rekreasi di Solo yang tidak kalah menarik selanjutnya adalah pasar antik yang dikenal dengan nama Pasar Triwindu. Di sini, ada banyak barang antik yang dijual, mulai dari kamera, koin, piring, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya tempat berburu barang lawas, setiap sudut pasar ini sangat cocok untuk difoto sehingga dapat menambah koleksi foto saat mengunjungi tempat rekreasi Solo. Bahkan sudah banyak orang menganggap bahwa tempat ini layaknya studio foto dadakan karena banyak digunakan sebagai tempat berfoto untuk beragam keperluan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Richie the farmer

Kesejukan Alam Yang Ditawarkan Richie The Farmer

Next Article
Daya tarik mahaloka paradise

Pesona Mahaloka Paradise, Ekowisata dengan Konsep Kekinian