Rekomendasi Tempat Wisata di Grobogan

Avatar of k setiawan
Wisata grobogan
Wisata Grobogan (Instagram)

Banyak daerah – daerah di Jawa tengah yang sebenarnya memiliki potensi pariwisata yang menarik banyak wisatawan. Salah satu dari daerah di Jawa tengah yaitu Grobogan. Mungkin dari Anda lebih banyak mendengar tentang Purwodadi daripada Grobogan. Padahal faktanya, Grobogan merupakan wilayah di Jawa tengah dengan Purwodadi sebagai ibukotanya.

Oleh karena Purwodadi yang namanya jauh lebih sering didengar, Purwodadi ini sering dianggap kabupaten yang berdiri sendiri dan berbeda dengan Grobogan. Wisata Grobogan mulai dari rekreasi keluarga, rekreasi religius, hingga rekreasi alam berpotensi mendatangkan wisatawan baik lokal maupun luar daerah.

Rekomendasi Tempat Wisata di Grobogan

Purwodadi sebagai bagian dari Grobogan memiliki sektor wisata kuliner yang khas dan cukup fenomenal yaitu swike kodok. Walaupun terdengar sedikit kontroversial, swike kodok ini ramai dikunjungi banyak orang yang ingin mencicipi seperti apa swike kodok yang fenomenal ini. Meski begitu, beberapa orang ada yang menganggap bahwa kodok haram dimakan. Terlepas dari halal haramnya kodok untuk dimakan, nyatanya swike kodok ini cukup menarik perhatian.

Selain itu, Grobogan memiliki beberapa tempat wisata Grobogan yang lagi hits mulai dari rekreasi alam, buatan, maupun religi belakangan ini dan menjadi potensi wisata yang baik bagi Grobogan sendiri. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata Grobogan.

  1. Air terjun Widuri

Rekomendasi tempat wisata di Grobogan yang pertama yaitu air terjun widuri. Air terjun widuri ini berlokasi di dusun Batur, kecamatan Tawangharjo, kabupaten Grobogan. Area air terjun widuri ini bisa dibilang merupakan area yang sedikit tersembunyi dan tidak banyak didatangi oleh pengunjung. Oleh karena itu, keadaan alam disini masih sangat asri dan airnya pun sangat bersih dan jernih.

Baca Juga:  Serunya Icip-icip Kuliner Khas di Darmaga Sunda Bandung
Wisata grobogan
Wisata Grobogan (Instagram)

Air terjun widuri ini tidak begitu tinggi sehingga aliran airnya pun tidak begitu deras dan membuatnya terlihat seperti awan jatuh saat dilihat dari kejauhan. Karena aliran air yang tidak begitu deras tersebut, membuat air terjun widuri ini cukup aman untuk Anda berenang di bawahnya dan bahkan Anda bisa bermain air di bawah aliran air terjunnya.

Untuk dapat menuju kesini, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Purwodadi, dan akan menghadapi berbagai medan jalan mulai dari jalanan aspal sampai jalan setapak yang melewati area persawahan dan hutan. Namun, medan yang cukup sulit tersebut akan terpuaskan ketika Anda tiba di air terjun widuri yang menyajikan pemandangan eksotis dari air terjun yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu deras ini.

  1. Air terjun Gulingan

Wisata Grobogan berikutnya yaitu air terjun Gulingan yang berlokasi di dusun Sedayu, desa kode, kabupaten Grobogan. Untuk menuju ke lokasi, Anda hanya membutuhkan jarak sekitar 6 kilometer dari Purwodadi dan berjalan kaki kurang lebih sepuluh menit dari area parkir pengunjung. Air terjun Gulingan ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan aliran yang terbilang cukup deras dengan panorama alam yang mengagumkan, ditambah airnya yang dingin serta spot – spot foto yang unik.

  1. Bledug kuwu

Tempat wisata yang satu ini menyajikan pemandangan unik yang berupa luapan lumpur yang mempunyai jarak waktu setiap 2 sampai 3 menit. Aktivitas ini menurut beberapa penelitian terkait ilmu geologi, terjadi bukan tanpa alasan, aktivitas luapan lumpur tersebut terjadi karena adanya pelasan material gas dari dalam teras bumi.

Material gas tersebut memiliki kandungan metana. Selain itu, letupan tersebut juga memiliki kandungan mineral serta garam yang dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk memproduksi garam tradisional. Wisata Grobogan bledug kuwu ini berlokasi di desa kuwu, kecamatan Kradenan kabupaten Grobogan.

  1. Api abadi Mrapen

Selain bledug kuwu yang merupakan objek wisata dengan fenomena alam, Grobogan memiliki tempat wisata lain yang bersumber dari fenomena alam, yaitu api abadi Mrapen. Tempat wisata yang unik ini menghadirkan fenomena sumber api yang menyala abadi bahkan saat hujan turun, api tersebut akan tetap menyala.

Baca Juga:  Wisata Unik Nan Memukau Rainbow Garden Lembang

Menurut beberapa sumber, aktivitas tersebut terjadi karena adanya lubang di tanah yang mengeluarkan kandungan gas alam secara konstan dan terbakar api sehingga memunculkan api yang menyala secara terus – menerus. Api abadi Mrapen ini berlokasi di desa Manggarmas kecamatan Odong kabupaten Grobogan.

Menyalanya api abadi tersebut juga menciptakan sejarah karena pernah dijadikan sumber api pada event PON dan POR RRI di tahun 1983, bahkan pekan olahraga internasional ganefo pada tahun 1963. Selain itu, api abadi Mrapen ini juga digunakan setiap tahunnya sebagai sumber api saat perayaan Waisak.

  1. Goa Macan dan Goa Lowo

Wisata Grobogan selanjutnya yaitu goa Macan dan goa Lowo. Kedua goa ini pada dasarnya merupakan dua goa yang berbeda, hanya lokasinya berdekatan sehingga banyak pengunjung yang mengunjungi kedua goa tersebut sekaligus. Goa macan dan goa Lowo berlokasi di dusun Watu Song, kecamatan Sedayu kabupaten Grobogan.

Dinamakan goa macan karena dahulu di dalam goa ini ditinggali oleh macan atau harimau. Sedangkan goa Lowo menjadi tempat tinggal kawanan kelelawar. Namun, Anda tidak perlu khawatir saat mengunjungi goa macan ini karena macan yang tinggal disana sudah tidak ada.

Goa ini menyajikan pemandangan stalaktit yang menggantung dan stalakmid yang mengagumkan saat terkena paparan sinar matahari.

  1. White canyon

Objek wisata alam ini berlokasi di desa Mrisi kecamatan Tanggungharjo kabupaten Grobogan. White canyon ini dulunya merupakan area pertambangan kapur. Setelah aktivitas pertambangan kapur tersebut dihentikan, area ini justru memberikan panorama unik yaitu canyon yang berwarna putih keemasan dan menjadi ramai dikunjungi masyarakat dan wisatawan untuk menikmati pemandangan canyon yang berwarna putih emas tersebut.

  1. Kalibiru

Wisata Grobogan ini pada dasarnya merupakan sebuah sendang atau bahasa lain dari telaga dengan air yang berwarna biru. Berlokasi di dusun pandan wangi kecamatan masuk, kabupaten Grobogan memberikan pemandangan air biru yang sangat bersih dan jernih yang membuat orang – orang ingin menceburkan diri untuk bermain air dan berenang. Disamping itu, tepian dari Kalibiru ini diisi dengan batu – batuan kuning yang menambahkan nilai keindahan telaga ini.

  1. Arung jeram Sungai Tuntang

Objek wisata satu ini cocok bagi Anda yang menyukai petualangan, yaitu arung jeram sungai Tuntang. Berlokasi di Karanggeneng, Ngombak, kabupaten Grobogan memberikan Anda pengalaman mengasah adrenalin yang tidak terlupakan. Anda dapat menjajal arung jeram yang memiliki jarak tempuh kurang lebih 16 kilometer mengarungi derasnya air sungai Tuntang dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

Baca Juga:  Daya Tarik, Lokasi dan Wahana Wisata Bukit Pelangi Bogor

Area arung jeram ini dikelola secara maksimal oleh para pemuda yang membentuk kelompok sosial dharma raja adventure dan beroperasi sejak tahun 2016.

Itulah beberapa rekomendasi objek wisata Grobogan yang bisa Anda jadikan panduan saat mengunjungi Grobogan untuk menikmati berlibur bersama anggota keluarga atau teman – teman.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Wisata pantai drini

Wisata Pantai Drini: Alamat & Keunikannya

Next Article
One sky cafe payakumbuh

Daya Tarik One Sky Cafe Payakumbuh yang Menggiurkan