Setigi Gresik, Spot Instagramable Untuk Foto-foto di Gresik

Avatar of k setiawan
Wisata setigi gresik
Wisata Setigi Gresik

Setelah penat dengan pekerjaan selama weekday, saatnya kamu membutuhkan healing untuk memulihkan pikiran dan badan kamu. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, salah satunya di Gresik.

Gresik memiliki salah satu objek wisata yang sempat viral beberapa waktu yang lalu. Objek wisata ini menjadi spot foto instagramable yang banyak dicari anak-anak muda yaitu Setigi Gresik.

Buat kamu yang belum pernah mendengar atau pernah mendengarnya, kami akan berikan beberapa informasi menarik terkait tempat wisata ini. Sebab Setigi menawarkan panorama buatan yang sangat cocok untuk tempat healing sekaligus foto-foto.

Banyak sekali pengunjung yang datang hanya untuk foto-foto karena spotnya yang instagramable dan cocok untuk destinasi wisata. Berikut ini informasi terkait Setigi yang ada di Gresik.

Objek Wisata Viral Di Gresik

Sebelum kita membahas tentang fasilitas dan apa saja yang ditawarkan oleh Setigi, ada baiknya kita mengenal asal muasal nama Setigi. Setigi merupakan singkatan dari “Selo, Tirto dan Giri” yang memiliki makna yang indah.

Selo artinya batu, Tirto artinya air dan Giri artinya bukit. Dari nama ini bisa ditarik kesimpulan bahwa Setigi merupakan wisata alam yang menyuguhkan keindahan alam yang bisa kita temukan seperti bebatuan, rimbunan pepohonan, bukit dan air.

Destinasi ini awal mulanya merupakan sebuah tempat bekas penambangan batu kapur. Karena telah lama tidak digunakan maka menjadi objek wisata di Gresik yang cukup populer dan banyak didatangi wisatawan.

Setigi Gresik juga memiliki nilai sejarah karena tambang batu kapur yang ada disini sudah ada sejak lama. Meskipun baru dijadikan objek wisata, tapi wisatawan yang berkunjung sudah sangat banyak dan tidak hanya dari Jawa timur saja melainkan dari berbagai kota di pulau Jawa.

Baca Juga:  Wisata Bukit Kayoe Putih, Hidden Gems nya Pulau Jawa

Keindahan alam buatan ini semakin memukau saat kamu datang di musim panas. Banyak sekali wisatawan yang memadati Setigi Gresik untuk menikmati keindahan alam dan foto-foto di spot instagramable.

Karena tempat ini merupakan bekas penambangan batu kapur, maka nuansa alamnya sangat kental. Ditambah lagi dengan air, bukit dan pepohonan di sekitarnya membuat suasanya menjadi lebih adem.

Kecantikan alam yang ditawarkan sangat indah dan eksotis. Bahkan kamu tidak akan menemukan kecantikan ala mini di tempat lainnya. Kamu bisa healing sambil foto-foto bersama teman-teman atau keluargamu.

Wahana Di Setigi Gresik

Selain menawarkan objek pemandangan alam yang menarik, Setigi juga menawarkan beberapa wahana lain yang bisa dinikmati wisatawan. Berbagai wahana yang bisa dicoba seperti kolam renang, ATV, goa Pancawarna, sepeda air, goa emas dan lainnya.

Tidak hanya satu spot foto saja, disini kamu bisa mengambil foto di berbagai spot foto yang menarik dan beragam. Karena banyaknya wisatawan yang berkunjung membuat Setigi Gresik menjadi salah satu objek wisata terkenal di Gresik.

Setiap wahana yang ditawarkan memiliki harga yang berbeda, tapi harganya masih sangat terjangkau. Kamu tak perlu khawatir akan menghabiskan banyak uang karena objek wisata ini termasuk salah satu objek wisata yang cukup terjangkau.

Wahana di setigi gresik
Wahana Di Setigi Gresik

Kamu bisa berkunjung bersama keluarga, teman atau pasanganmu. Kapan lagi kamu bisa foto di spot instagramable yang langsung ada di alam dan dibuat secara alamiah. Keindahan di Setigi tidak akan bisa ditemukan di tempat lainnya.

Untuk kamu yang membawa anak-anak, tersedia juga wahana kolam renang yang bisa digunakan anak-anak untuk bermain. Sambil menikmati panorama batu kapur yang besar, kamu akan melihat keindahan alam yang sesungguhnya.

Baca Juga:  Informasi Pantai Balekambang: Lokasi, Daya Tarik Dan Tips

Perbukitan ini menunjukkan bahwa tempat ini telah menjadi saksi ribuan orang menambang batu kapur yang akhirnya meninggalkan perbukitan batu kapur yang sangat indah. Kini lokasi bekas penambangan ini dikelola oleh pemda setempat dan dijadikan objek wisata.

Tentu saja hal ini menambah daya tariknya tersendiri, mengingat saat ini banyak orang yang memilih tempat instagramable untuk liburan. Sekapuk Setigi Gresik ini menjadi pilihan tempat wisata yang cocok untuk foto-foto sambil menikmati keindahan alam.

Lokasi Setigi

Banyaknya wahana yang ditawarkan menunjukkan bahwa pemda memang serius untuk mengelola bekas penambangan batu kapur ini. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan wisatawan tiap tahunnya.

Buat kamu yang ingin mencari dimana alamat tiket Setigi Gresik, tempat wisata ini berada di Desa Sekapuk, Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur. Untuk mencapai tempat wisata ini, kamu bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Kalau kamu berangkat melewati Tol Manyar, maka kamu hanya membutuhkan jarak tempuh 27 kilometer saja dari tol Manyar. Dengan menggunakan mobil pribadi, kamu bisa mencapai Setigi hanya dalam waktu 40 menit saja.

Tempat wisata ini penuh dengan keindahan alam yang tidak akan membuatmu menyesal datang jauh-jauh ke Gresik. Apalagi di musim libur sekolah, banyak anak-anak sekolah yang melakukan study tour di Setigi Gresik.

Untuk jam operasionalnya sendiri, Setigi dibuka pada pukul 08.00 pagi dan tutup pukul 17.00. Namun jam operasional Setigi bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pengelola.

Saat musim liburan tiba dan banyak wisatawan yang berkunjung, maka jam operasionalnya bisa ditutup lebih cepat karena banyaknya wisatawan yang antre untuk foto. Namun sejauh ini pengelolaan objek wisata ini terbilang sangat bagus karena menyesuaikan kondisi yang masih dalam situasi pandemic.

Baca Juga:  Ini Dia Info Detail Tiket Lembang Park Zoo Terbaru

Semua wisatawan yang berkunjung wajib mematuhi protocol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Pengelola juga mengatur jumlah wisatawan yang boleh berada di dalam objek wisata ini.

Harga Tiket Setigi Gresik

Bila Jogja punya Tebing Breksi, di Jawa Timur punya Setigi yang memiliki daya tarik wisatanya sendiri. Harga tiket masuk ke Setigi juga terbilang terjangkau untuk ukuran tempat wisata di Indonesia.

Awalnya pengelola tidak menetapkan tiket masuk ke Setigi, hanya ditarik iuran untuk kendaraan yang masuk. Namun karena banyaknya pengunjung, maka pihak pemda akhirnya mengambil keputusan untuk menetapkan tiket masuk.

Berikut ini harga tiket masuk ke Setigi:

  • Dewasa: Rp. 15.000
  • Anak-anak: Rp. 15.000

Jika Anda datang menggunakan kendaraan pribadi, maka ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan yakni:

  • Motor: Rp. 5.000
  • Mobil: Rp. 10.000

Untuk masuk ke Setigi, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar kurang lebih 25.000 saja. Biaya kendaraan ini dihitung per kendaraan, bukan per orangnya. Sedangkan tiket masuk ke Setigi akan dihitung per orang, termasuk anak-anak.

Dengan biaya yang cukup terjangkau, kamu bisa mendapatkan spot foto-foto aesthetic yang tidak bisa ditemui di daerah lain. Bisa healing sambil hunting foto bersama teman-teman.

Daya tarik utama Setigi Gresik yakni perpaduan antara wisata alam bukit kapur dan spot instagramable yang ada seperti Taman desa, jembatan peradaban, goa emas dan lainnya. Hampir semua spot foto selalu dipenuhi wisatawan yang ingin mengambil gambar terbaiknya. Jadi siapkan diri kamu untuk mencari spot terbaik untukmu.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Ciremai land glamping

Wajib Kamu Coba Menikmati Suasana Tidur di Alam Ciremai Land Glamping !

Next Article
Wisata pantai watulawang

Resort Kindara Watulawang Destinasi Wisata Pantai Watulawang Yang Mempesona