Taman Wisata Baluran Banyuwangi, Taman Nasional Yang Ramai Dikunjungi

Avatar of k setiawan
Taman wisata baluran
Taman Wisata Baluran

Banyak dari para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri yang mengenal Indonesia yang memiliki segudang destinasi wisata pantai yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa Indonesia tidak hanya memiliki destinasi wisata pantai – pantai yang sudah populer di kalangan para wisatawan? Salah satu destinasi wisata yang unik yang ada di Indonesia yaitu taman wisata Baluran yang terletak di Banyuwangi, Jawa timur.

Taman nasional Baluran ini juga terkenal dengan sebutan Africa van Java atau Lilttle Africa karena hamparan luas dari kawasan wisata nasional ini yang mirip dengan daerah di Afrika, serta merupakan taman nasional pertama yang ada di Indonesia dan dibangun sekitar tahun 1980. Taman wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata yang unik karena menyajikan suasana seolah Anda sedang berada di tengah padang savana dengan satwa – satwa liar yang berkeliaran.

Saat berwisata ke taman wisata Baluran, Anda akan disuguhkan pemandangan padang yang tandus dengan bebatuan dan pepohonan yang kering. Pemandangan yang memberikan Anda pengalaman yang unik karena adanya satwa – satwa liar yang tersebar di seluruh kawasan wisata Baluran. Satwa – satwa tersebut diantaranya adalah rusa, banteng, kerbau, burung merak, dan monyet ekor panjang yang mana ekosistem tersebut menjadi ciri khas kawasan konservasi Baluran ini.

Selain dikenal dengan sebutan Africa van Java, taman nasional Baluran ini juga sering disebut sebagai miniatur hutan Indonesia karena di dalamnya terdapat hampir seluruh tipe hutan dan juga merupakan perwakilan ekosistem hutan dengan berbagai tipe seperti hutan mangrove, hutan pantai, hutan vegetasi savana, hutan pegunungan bawah, serta hutan yang selalu hijau sepanjang tahunnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Angela Panari ॐ (@angelagilsha)

Dengan luas area kawasan yang mencapai luas 25 ribu hektar, taman nasional Baluran memiliki kurang lebih 444 jenis tumbuhan yang diantaranya merupakan tumbuhan asli yang khas, seperti pilang, widoro bukol, dan mimba. Selain tumbuhan, di taman nasional Baluran juga terdapat sekitar 26 jenis mamalia, diantaranya seperti rusa, kijang, macan tutul, kerbau, dan kucing bakau serta terdapat juga sekitar 155 jenis burung yang hidup di area hutan di taman wisata Baluran ini.

Baca Juga:  Ini Dia Info Detail Tiket Lembang Park Zoo Terbaru

Lokasi Taman Nasional Baluran

Taman nasional Baluran ini terletak di Jawa timur, Kabupaten Situbondo, kecamatan Banyuputih, tepatnya di desa Wonorejo. Kawasan taman nasional Baluran ini sebenarnya berlokasi di perbatasan antara kabupaten Situbondo dan kabupaten Banyuwangi. Namun, orang – orang lebih banyak menyebut taman nasional ini sebagai taman nasional Baluran Banyuwangi karena lokasinya sendiri yang lebih dekat ke Banyuwangi daripada ke Situbondo. Meskipun ada juga yang menyebutnya sebagai taman nasional Baluran Situbondo. Baluran sendiri merupakan nama yang diambil dari nama gunung yang ada di sekitar daerah kawasan taman nasional Baluran ini, yaitu gunung Baluran.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BALURAN INDONESIA (@baluranindonesia)

Secara keseluruhan, taman wisata Baluran Banyuwangi ini dibagi ke dalam beberapa bagian wilayah yang berbeda sehingga membuat area kawasan taman nasional ini layaknya desa dengan beberapa wilayah yang diisi dengan berbagai macam satwa sebagai penduduk dari masing – masing wilayah di dalamnya. Selain digunakan sebagai tujuan wisata bagi para wisatawan, taman nasional Baluran ini juga sering digunakan untuk penelitian dan pengembangan budidaya oleh mahasiswa maupun para ahli.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Untuk dapat menikmati keindahan yang tersedia di taman wisata Baluran ini, Anda akan dikenakan tarif tiket masuk yang dibagi menurut kategori dan kondisi. Rinciannya sebagai berikut:

  • Hari biasa atau weekday (Senin sampai Jumat)
    • Wisatawan lokal : Rp 15.000
    • Wisatawan mancanegara : Rp 150.000 (10 kali lipat harga tiket wisatawan lokal)
  • Akhir pekan atau weekend (Sabtu – minggu) dan hari libur nasional
    • Wisatawan lokal : Rp 17.500
    • Wisatawan mancanegara : Rp 225,000

Selain tarif tiket yang berlaku untuk tiap orang pengunjung, masuk ke area kawasan taman nasional Baluran dengan membawa kendaraan juga akan dikenakan tarif parkir kendaraan. Berikut ini rinciannya:

  • Hari biasa atau weekday (Senin sampai Jumat)
    • Roda dua atau motor : Rp 5.000
    • Roda empat atau mobil : Rp 10.000
    • Bus : Rp 50.000
  • Akhir pekan atau weekend (Sabtu – minggu) dan hari libur nasional
    • Roda dua atau motor : Rp 7.500
    • Roda empat atau mobil : Rp 15.000
    • Bus : Rp 75.000
Baca Juga:  Serunya Wisata Pasar Bogor Suryakencana

Destinasi Wisata Taman Nasional Baluran

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa area kawasan taman wisata Baluran terbagi menjadi beberapa bagian wilayah dengan berbagai macam satwa liar di dalamnya. Berikut ini wilayah yang terdapat di area kawasan taman nasional Baluran.

  1. Hutan Musim

Wilayah pertama dari keseluruhan area taman nasional Baluran Banyuwangi yang bisa Anda temui saat mulai masuk ke area kawasan yaitu hutan musim. Disebut hutan musim karena wilayah ini kondisinya berubah – ubah menurut musim. Area yang terbentang sepanjang kurang lebih sejauh 5 kilometer ini saat memasuki periode musim hujan, area hutan musim akan terlihat pepohonan yang sangat rimbun dan rerumputan yang hijau. Sedangkan saat musim kemarau, pepohonan akan tampak kering dan rerumputan bahkan menguning karena kering.

  1. Hutan Evergreen

Setelah melewati area hutan musim, Anda akan memasuki wilayah yang disebut hutan evergreen. Berbeda dengan hutan musim, wilayah ini akan selalu subur dan hijau sepanjang tahun karena letaknya di atas lapisan tanah yang selalu basah dengan air. Di wilayah ini juga terdapat sungai kecil yang mengalir yang menjadi salah satu penyebab suburnya wilayah hutan evergreen ini.

  1. Padang Rumput Savana Bekol

Wilayah ini merupakan area yang menjadi perhatian utama taman wisata Baluran ini. sejauh mata memandang, Anda akan melihat padang rumput yang luas dengan satwa – satwa liar yang bebas berkeliaran. Area ini juga terdapat menara pandang setinggi kurang lebih 30 meter untuk membantu melihat lebih jauh ke seluruh kawasan padang rumput savana bekol ini. Kawasan ini kondisinya pun sama seperti hutan musim yang menyesuaikan dengan periode musim tertentu.

  1. Pantai Bama

Wilayah terakhir yang akan Anda temui yaitu pantai Bama. Area ini pun menyajikan pemandangan pantai yang tidak kalah dengan pantai lain di Jawa timur khususnya. Anda pun melakukan berbagai aktivitas pantai seperti berenang, snorkeling, diving, dan bahkan Anda bisa menikmati keindahan pemandangan kehidupan bawah laut dengan menaiki perahu. Bahkan di area ini terdapat fasilitas lengkap dan memadai seperti kantin, kamar mandi atau kamar bilas, dan juga penginapan bagi Anda yang ingin menghabiskan beberapa hari untuk menikmati liburan Anda di taman nasional Baluran Banyuwangi ini.

Baca Juga:  Wisata Bukit Kayoe Putih, Hidden Gems nya Pulau Jawa

Itulah keseluruhan pembahasan mengenai taman wisata Baluran Banyuwangi yang menawarkan pengalaman wisata yang unik dan tidak terlupakan saat berlibur mengunjungi taman nasional Baluran ini. Semoga bermanfaat!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Kebon jati purwakarta

Kebon Jati Purwakarta: Wisata Kuliner Konsep Alam Terbuka Yang Wajib Kamu Coba!

Next Article
Desa panglipuran bali

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Desa Penglipuran, Mengenal Budaya & Seni Bali