7 Tempat Rekreasi Di Balikpapan Lengkap Dengan Alamat Dan Harga Tiket

Avatar of k setiawan
Tempat rekreasi di balikpapan
Tempat Rekreasi Di Balikpapan

Balikpapan adalah salah satu kota yang ada di Indonesia tepatnya di provinsi Kalimantan. Awalnya kota ini hanya terkenal sebagai kota nelayan yang berada di pinggir pantai saja. Namun seiring berjalannya waktu, dengan banyaknya perusahaan yang memiliki proyek pengeboran minyak di sini akhirnya kota ini dikenal dengan nama Balikpapan.

Seperti yang diketahui saat ini semua pulau yang ada di Indonesia sedang dilakukan pemerataan yang artinya di Kalimantan juga sudah mulai cukup ramai. Lihat saja tempat rekreasi di Balikpapan saat ini sudah banyak sekali yang dikenal dan menjadi tempat wisata yang hits. Tidak hanya masyarakat lokal saja yang mengetahui tempat wisata ini, namun pengunjung sudah banyak yang berasal dari luar pulau.

Penasaran apa saja tempat wisata yang ada di Balikpapan, simak selengkapnya di bawah ini.

Wisata Hits di Balikpapan

·        Pantai Lamaru

Pantai lamaru terletak di Desa Teritip, Balikpapan Timur, yang berjarak sekitar 24 km dari pusat kota. Pesona yang dimiliki pantai wisata lamaru yaitu dibatasi oleh pagar alami berupa pohon cemara. Di pinggir pantai terdapat pohon cemara berderet yang terdapat area yang disediakan untuk berkemah.

Tempat rekreasi di balikpapan
Tempat Rekreasi Di Balikpapan

Untuk masuk ke pantai ini Anda dikenakan biaya sebesar 20 ribu rupiah, dengan biaya ini Anda dapat menikmati berbagai fasilitas umum yang ada di sana. Kegiatan yang dapat Anda lakukan di sana di antaranya bermain bola, bermain voli, membuat istana pasir dan aktivitas lainnya di pinggir pantai. Pantai ini juga memiliki ombak yang tenang dengan kedalaman yang cukup dangkal hingga beberapa puluh meter.

 

Untuk itu pantai ini sangat aman untuk berenang dan melakukan olahraga air lainnya bersama keluarga Anda. Pantai lamaru termasuk pantai populer yang ada di Balikpapan. Sebagai tempat rekreasi di Balikpapan ini pengelola menata menjadi pantai modern yang sangat cocok sebagai tempat hunting foto.

Menariknya tidak jauh dari pantai ini terdapat cagar budaya yang dapat Anda kunjungi sebagai wisata budaya loh. Cagar budaya ini adalah kuburan Jepang yang memiliki tugu bertuliskan huruf kanji yang dikelola oleh yayasan setempat.

·        Pantai Serumpun

Sama seperti pantai lamaru, pantai ini juga terletak di bagian timur Balikpapan di jalan Mulawarman. Meski pantai ini belum begitu populer di kalangan pengunjung, namun pantai ini memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Untuk masuk ke pantai ini Anda tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

Dan keuntungannya dengan biaya gratis ini Anda dapat menikmati pesona pantai yang asri dan sangatlah indah. Pantai ini terkenal keindahannya di malam hari, untuk itu Anda disarankan untuk mengunjungi pantai ini dari sore hingga malam atau berkemah di malam hari.

Pantai serumpun kalimantan
Pantai Serumpun Kalimantan

Anda dapat menikmati langit sunset dan pantai serumpun juga menawarkan keindahan gemerlap bintang yang sangat terlihat jelas di langit malam. Memiliki ombak yang tenang membuat pantai ini cocok untuk berenang, namun Anda juga harus tetap waspada apabila berenang di pantai.

·        Tugu Australia

Tidak hanya pesona pantai yang dimiliki, jika pergi ke Balikpapan Anda juga wajib melewati tugu Australia. Tempat rekreasi di Balikpapan yang terletak di tengah kota ini berada di prapatan, dapat Anda kunjungi secara gratis untuk melihat kisah sejarah di dalamnya.

Bagi Anda yang suka wisata sejarah, tugu ini wajib sekali Anda kunjungi karena mengisahkan sejarah antara Australia dan Selandia Baru yang memperebutkan kota Balikpapan saat perang dunia kedua terjadi. Tugu ini dibuat untuk mengenang banyaknya serdadu Australia yang binasa saat pertempuran terjadi. Tugu ini dibuat dengan ada lukisan pedang hitam yang berada di puncak dan terdapat plakat yang bertuliskan sejarah tersebut.

·        Monpera

Tempat rekreasi di Balikpapan selanjutnya adalah wisata sejarah lagi yaitu monumen perjuangan rakyat atau monpera. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan di Balikpapan yang sudah rela berkorban membela Indonesia. Monpera terletak di daerah kota di Jalan Jenderal Soedirman No. 1, untuk mengunjungi tempat ini Anda tidak akan dikenakan biaya apapun dan disarankan untuk mengunjungi monpera di sore hari karena Anda bisa mendapati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

·        Penangkaran Buaya Teritip

Jika Anda ingin memiliki pengalaman liburan yang berbeda dan cukup menantang, Anda dapat mengunjungi penangkaran buaya yang ada di teritip. Tempat rekreasi di Balikpapan yang satu ini menampilkan berbagai jenis buaya. Mulai dari buaya muara, air tawar hingga buaya supit ada di penangkaran yang satu ini.

Penangkaran ini dibangun berupa kandang yang sangat mirip seperti habitat asli buaya. Dengan membayar tiket masuk sebesar 15 ribu Anda dapat mencoba pengalaman untuk memberi makan kepada buaya yang pastinya ditemani oleh pemandu yang profesional.

·        Konservasi Beruang Madu

Tidak hanya penangkaran buaya, tempat rekreasi di Balikpapan juga menghadirkan kawasan wisata pendidikan berupa konservasi beruang madu. Konservasi ini dibuat untuk melindungi beruang madu dari kepunahan, nah di tempat ini Anda dapat melihat hewan yang satu ini secara langsung.

Jika Anda ingin melihat beruang ini saat diberi makan, Anda dapat berkunjung di pagi atau sore hari. Tidak hanya melihat tempat konservasinya saja, di sini juga terdapat toko-toko souvenir dan rumah kucing liar yang wajib Anda kunjungi.

·        Pulau Segajah

Masih berada di Kalimantan Timur, pulau ini merupakan objek wisata unggulan kota Bontang. Pulau ini cukup populer dengan pesona laut yang sangat eksotis. Anda dapat mengunjungi pulau ini paling dekat lewat Balikpapan.

Dikenal sebagai pulau misterius pulau ini memiliki keunikan hanya muncul di siang hari dan hilang di malam hari. Hal tersebut terjadi karena fenomena pasang surut air laut. Jadi di malam hari Anda tidak dapat menemukan pulau yang satu ini.

Pulau yang tidak begitu luas ini memiliki keindahan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Dengan kejernihan yang dimiliki Anda dapat melihat secara langsung aneka biota laut yang sangat indah. Di sini Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling, diving, berjemur di pasir, dan aktivitas bermain air lainnya.

Untuk mengunjungi pulau ini Anda dapat menggunakan perahu motor dari pelabuhan Bontang dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Itulah beberapa tempat rekreasi di Balikpapan yang dapat Anda gunakan sebagai tempat destinasi wisata bersama keluarga. Dari informasi di atas Anda dapat mengetahui bahwa tempat wisata Balikpapan ini sangat beraneka ragam seperti pantai, wisata sejarah, wisata budaya, penangkaran dan tempat-tempat dilindungi lainnya yang dapat Anda kunjungi. Tidak hanya itu Anda juga dapat mengunjungi kolam renang eksotis yang ada di Balikpapan.

Jadi tunggu apa lagi ayo segera tentukan tempat wisata di Balikpapan mana yang akan Anda kunjungi di liburan selanjutnya bersama keluarga

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Kawah ijen

Rekomendasi Wisata Banyuwangi, Wajib Dikunjungi!

Next Article
Surabaya north quay

10 Tempat Rekreasi di Surabaya Murah dan Unik!