Ini Dia Tempat Rekreasi di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Avatar of k setiawan
Lawang sewu semarang
Lawang Sewu Semarang

Kota Semarang memiliki banyak tempat menarik yang bisa menjadi destinasi wisata pilihan. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, hingga wisata kuliner bisa dicoba saat berada di daerah ibu kota Jawa Tengah ini. Buat kamu yang sedang mencari tempat rekreasi di Semarang berikut rekomendasi beberapa destinasi wisata populer yang bisa dikunjungi.

12 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi Buat Liburan

1.    Dusun Semilir Eco Park

Salah satu destinasi wisata Semarang yang bisa kamu kunjungi bersama teman-teman atau keluarga adalah Dusun Semilir Eco Par. Tempatnya nyaman dengan pemandangan indah yang memanjakan mata.

Tersedia area food court untuk kamu yang ingin berwisata kuliner di Semarang. Sebelum pulang, kamu bisa mampir ke tenan-tenan yang menyediakan jajanan dan oleh-oleh.

2.    Lawang Sewu

Semarang dan Lawang Sewu adalah paket wajib untuk para wisatawan. Tidak lengkap rasanya jika liburan ke Semarang tidak mengunjungi bangunan yang sudah ada sejak tahun 1904 ini. Lawang Sewu yang dulunya merupakan kantor NIS ini memiliki banyak pintu sehingga masyarakat menyebutnya “lawang sewu” yang dalam Bahasa Jawa artinya seribu pintu.

Lawang sewu semarang
Lawang Sewu Semarang

Walaupun sebenarnya jumlah pintu di bangunan ini tidak sampai seribu tetapi saking banyaknya pintu, masyarakat menyebutnya sebagai bangunan seribu pintu atau “lawang sewu”. Tempat rekreasi di Semarang yang populer di kalangan traveller ini memiliki beberapa area seperti penjara bawah tanah, penjara jongkong, sumur tua, ruang penyiksaan, dan lain-lain.

Baca Juga:  Sumber Alam Pemandian Air Panas: Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

3.    Umbul Sidomukti Semarang

Buat kamu yang butuh healing ke tempat-tempat sejuk, Umbul Sidomukti ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kawasan wisata seluas 72 hektar ini menawarkan beberapa kolam renang yang airnya bersumber dari mata air alami sekitar.

Jadi wisatawan bisa menikmati kesegaran air kolam tanpa bau kaporit seperti kolam renang pada umumnya. Selain itu, destinasi wisata Jawa Tengah ini juga menawarkan beberapa kegiatan outbound yang seru untuk mengisi waktu liburan.

4.    Klenteng Sam Poo Kong

Kota Semarang juga menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang terkenal dengan masyarakatnya yang berasal dari beragam etnis. Keberadaan klenteng yang menjadi bangunan penting etnis Tionghoa banyak dijumpai di daerah ini.

Salah satu yang terkenal dan menjadi tempat rekreasi di Semarang adalah Klenteng Sam Poo Kong. Berada di kawasan Klenteng Gunung Batu seluas 3,2 hektar dengan bangunan lain seperti Tho Tee Kong, Kyai Jangkat, Kyai Cundrik Bumi, dan Kyai Juri Mudi. Arsitektur bangunan yang khas bangunan Tionghoa membuat tempat ini menarik wisatawan terutama untuk foto-foto.

5.    Wisata Lembah Kalipancur

Kawasan wisata seluas kurang lebih 7 hektar ini termasuk salah satu destinasi wisata terkenal di Kabupaten Semarang. Pengunjung dapat melihat bangkai pesawat terbang yang sudah diubah menjadi restoran estetik.

Buat kamu yang mencari tempat rekreasi Semarang dengan banyak spot foto cantik, tempat ini bisa masuk itinerary liburan kamu di Semarang. Selain restoran pesawat, spot foto menarik juga bisa ditemui di area Japanese Village, kandang sapi, pasar apung, danau buatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6.    Kampung Batik Semarang

Buat kamu yang liburan ke kawasan Kota Lama, sempatkan juga waktu untuk mengunjungi Kampung Batik Semarang. Daerah yang menjadi sentra kerajinan batik di Semarang ini menawarkan wisata budaya dan juga edukasi untuk wisatawan yang ingin belajar membatik.

Baca Juga:  Daya Tarik, Lokasi dan Wahana Wisata Bukit Pelangi Bogor

Buat yang hobi belanja, batik khas Semarang yang kebanyakan memiliki warna-warna terang juga bisa menjadi oleh-oleh. Ada banyak deretan toko yang menyediakan batik dan harganya pun relatif terjangkau.

7.    Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm merupakan perkebunan bunga yang juga menjadi tempat rekreasi di Semarang. Ada banyak jenis bunga yang ditanam di kawasan wisata yang berada di kaki Gunung Ungaran ini. Tempatnya pun nyaman dengan udara sejuk khas pegunungan

Bunga-bunga berwarna-warni dapat menjadi latar cantik untuk pengunjung berfoto-foto. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi hari untuk berfoto dengan bunga-bunga yang segar.

8.    Kayon

Jika sudah bosan berkeliling Kota Semarang, mungkin kamu bisa melipir ke daerah Gentasan. Terdapat wisata hutan pinus Semarang yang menawarkan suasana sejuk jauh dari kebisingan kota. Hutan pinus ini menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi terutama oleh anak-anak muda.

Tempatnya asri dengan pohon-pohon pinus yang bagus untuk latar foto. Selain pemandangan cantik untuk berfoto ria, wisatawan juga bisa menikmati kawasan ini untuk camping.

9.    Taman Wisata Puri Maerokoco

Tempat wisata ini dijuluki sebagai TMII-nya Jawa Tengah. Pengunjung dapat melihat berbagai miniatur menarik dari rumah adat dan tempat-tempat wisata terkenal di Jawa Tengah.

Pengunjung bisa berkeliling untuk melihat miniatur Masjid Menara Kudus, Masjid Mantingan, hingga Candi Borobudur. Pengunjung juga bisa menikmati beberapa wahana yang disediakan di tempat rekreasi di Semarang ini. Ada komidi putar, kereta gantung, kolam renang, dan lainnya.

10. Ayana Gedong Songo

Salah satu wisata di Semarang yang lagi hits untuk menikmati spot foto cantik adalah Ayana Gedong Songo. Setidaknya ada 35 spot foto menarik yang ada di tempat ini seperti hammock, balon udara, tempat duduk di tengah kolam, bubble tent, dan lain-lain.

Baca Juga:  Informasi Museum Angkut Malang: Tiket, Alamat, Wahana

Namun perlu diingat untuk beberapa spot foto dikenai biaya tambahan. Selain tempat yang Instagramable, wisata ini juga menawarkan suasana yang menyegarkan dengan pemandangan hijau di sekitarnya.

11. Masjid Agung Semarang

Bangunan yang memiliki desain mirip dengan Masjid Nabawi ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Semarang. Memiliki menara setinggi 99 meter yang bisa dinaiki oleh pengunjung untuk melihat pemandangan kota dari ketinggian.

Masjid agung yang memiliki 25 pilar ini juga menarik karena mirip dengan bangunan terkenal di Roma yaitu Coloseum. Namun yang menjadi pesona utama dari tempat ibadah sekaligus tempat rekreasi di Semarang ini adalah adanya payung elektrik berdiameter 14 meter. Hanya saja untuk melihat payung tersebut dikembangkan sempurna tidak bisa setiap hari karena hanya dibuka untuk shalat Idul Fitri dan Idul Adha.

12. Kota Lama Semarang

Destinasi wisata hits ini wajib kamu kunjungi ketika sedang berlibur di Semarang. Kawasan kota lama merupakan salah satu tujuan wisata populer yang terkenal di Semarang dengan berbagai bangunan-bangunan bergaya klasik. Buat kamu yang mencari spot foto Semarang, di sini ada banyak kafe yang menawarkan tempat nyaman dan unik untuk background foto.

Namun yang paling terkenal dari kawasan ini adalah bangunan gereja dengan atap berbentuk kubah yaitu Gereja Blenduk. Selain banyak bangunan-bangunan bergaya kolonial, kawasan ini juga memiliki taman yang bisa menjadi tempat untuk bersantai, bersepeda, dan tentunya berfoto-foto.

Itulah beberapa rekomendasi tempat rekreasi di Semarang yang menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa juga untuk mencoba wisata kuliner di tempat-tempat legendaris yang banyak tersebar di Kota Semarang.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Kembang langit park

Destinasi Wisata Kembang Langit Park Batang Jateng

Next Article
Hutan mangrove karangsong

8 Tempat Wisata Indramayu yang Trend di 2022