Tips Saat Berkunjung Leuwi Kunten Sentul Bogor di 2022

Avatar of k setiawan
Leuwi kunten tiket masuk
leuwi kunten Tiket Masuk

Kawasan Sentul Bogor dikenal memiliki berbagai tempat-tempat yang sangat menarik dikunjungi. Sebab keindahan alam yang disuguhkan oleh kawasan ini memang menawan dengan udara sejuk yang segar. Salah satunya destinasi wisata Leuwi Kunten Sentul Bogor yang cocok sebagai wisata untuk keluarga.

Wisata alam tersebut memang belum lama ini dibuka namun sudah mampu menarik para wisatawan untuk mengunjunginya. Hal ini karena panoramanya yang indah dengan berbagai spot menarik seperti air sungai dangkal yang jernih untuk bermain air. Lebih lanjut, artikel ini akan mengupas habis tentang lokawisata ini secara detail, yuk simak terus.

Lokasi Leuwi Kunten

Wisata Leuwi Kunten Sentul Bogor ini tepatnya berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Jawa Barat. Apabila Anda datang dari pusat kota Bogor maka jaraknya kurang lebih 20,5 Km, dan untuk sampai ke lokasi dibutuhkan waktu 34 menit.

Anda pun dapat menggunakan bantuan aplikasi Google Maps apabila menggunakan kendaraan pribadi untuk ke sana. Akses jalannya pun cukup mudah terlebih area ini memang tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Wisata ini dibuka mulai jam 08.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Sehingga Anda memiliki space yang cukup lama untuk mengunjungi tempat ini.

Harga Tiket Masuk

Secara umum, tiket masuk Leuwi Kunten Sentul yang dibebankan yaitu 15 ribu rupiah. Namun untuk detailnya, biaya 15 ribu rupiah hanya saat weekdays, jika weekend dikenakan biaya 20 ribu rupiah.

Untuk biaya parkir motor 5 ribu rupiah, parkir mobil 10 ribu rupiah, sewa gazebo 20 ribu rupiah, dan sewa pelampung 25 ribu rupiah. Namun harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pengelola. Harga tersebut hanya patokan saja jika Anda mengunjungi lokawisata tersebut.

Baca Juga:  Mencoba Kemah Mewah Hanya Di Kadena Glamping

Fasilitas Leuwi Kunten

Wisata alam Leuwi Kunten Sentul Bogor ini tentu saja memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjungnya. Mulai dari luasnya area parkir hingga adanya mushola bersih yang bisa digunakan secara bebas.

Lebih lengkapnya, apa saja fasilitas yang disediakan selain area parkir dan mushola bersih? Tentu saja toilet bersih, area stop kontak, warung makan, spot foto menarik, gazebo, tempat karaoke, aktivitas menarik, fasilitas kesehatan, dan lain-lain.

Daya Tarik Leuwi Kunten

Daya tarik paling utama dari tempat ini yaitu karena keindahan alam yang benar-benar menakjubkan dengan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga ataupun membawa pasangan dan teman-teman Anda untuk menambah suasana menyenangkan.

Di dalamnya juga terdapat aliran air yang arusnya tidak terlalu deras untuk bermain-main. Namun tetap saja harus berhati-hati dan melakukan pendampingan apabila anak-anak Anda bermain air di sana. Terlebih air sungainya pun masih sangat jernih.

Tempat wisata ini pun terbilang sedang populer di masyarakat. Terlebih akses untuk menjangkaunya pun terbilang mudah walaupun ketika sudah mendekati area memang jalannya kurang lebar.

Di sana pun sudah dilengkapi dengan berbagai perlengkapan renang yang bisa disewa untuk memaksimalkan aktivitas berenang Anda.

Jika Anda lapar pun di sana sudah terdapat berbagai warung makan dengan berbagai menu yang harganya terbilang relatif terjangkau. Bagi Anda yang gemar menyanyi pun sudah disediakan ruangan untuk berkaraoke bersama dengan keluarga atau teman. Anda dapat langsung menghubungi pegawai di sana jika ingin menggunakan fasilitas ini.

Bagi Anda yang gemar fotografi ataupun berselfie ria, di sana pun terdapat banyak spot foto yang Instagramable. Sehingga Anda pun tidak perlu khawatir akan kehabisan spot-spot foto jika berkunjung ke Leuwi Kunten Sentul Bogor.

Baca Juga:  Menikmati Keindahan Pantai Wates di Rembang

Tips Saat Berkunjung Ke Sini

Lebih lanjut, untuk mengunjungi tempat ini sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips yang akan dibagikan berikut ini. Hal ini agar aktivitas Anda menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan.

  • Menggunakan Sepatu yang Tepat

Wisata Leuwi Kunten Sentul Bogor ini pada dasarnya menghadirkan sungai, air terjun, dan berbagai tempat yang berhubungan dengan air. Sehingga pakailah sepatu yang memang anti air, jangan menggunakan sneaker kecuali jika Anda tidak keberatan sepatu tersebut nantinya akan basah.

Terlebih jika Anda ingin mencapai air terjun maka harus melewati beberapa spot terlebih dahulu seperti sungai dan jalan setapak.

Meskipun area wisata ini termasuk ke dalam kategori aman namun sebaiknya menggunakan sepatu yang tepat adalah pilihan paling bijak. Misalnya gunakan sepatu ringan dengan bahan karet yang kuat untuk dibawa jalan pada area bebatuan.

Apabila Anda menggunakan sandal, maka sebaiknya pilihlah sandal dengan bahan karet. Jangan lupa untuk menghindari sepatu ataupun sandal yang licin ya, agar nantinya tidak terpeleset.

  • Mengenakan Perlengkapan Keamanan

Apabila Anda berminat untuk bermain di air terjun Leuwi Kunten Sentul Bogor maka sudah seharusnya menggunakan perlengkapan keamanan. Meskipun Anda mahir dalam berenang namun tetap saja harus menghindari berbagai kemungkinan buruk.

Perlengkapan keamanan yang digunakan tetap tidak mengurangi keseruan Anda dalam bermain kok. Justru Anda akan merasa lebih aman dan nyaman sehingga lebih leluasa dalam bermain.

Anda wajib mengikuti berbagai arahan pemandu yang berjaga di sana terkait keamanan demi keselamatan Anda ketika berada di dalam air. Gunakanlah pelampung dan helm ketika sedang melompat dari air terjun.

Sebaiknya Anda harus mengetahui posisi petugas di lokasi tersebut. Hal ini untuk berjaga-jaga jikalau terjadi sesuatu terhadap Anda maka lebih mudah untuk meminta bantuan kepada petugas setempat.

  • Mempersiapkan Kondisi Fisik
Baca Juga:  9 Obyek Wisata Bondowoso yang Wajib Dikunjungi di 2022

Jika tujuan Anda hanyalah untuk bersantai di tepi sungai ataupun menikmati santapan kuliner di sana, mungkin persiapan fisik tidak dibutuhkan. Namun jika Anda ingin menjelajah dan mendaki ke puncak air terjun. Maka kondisi fisik haruslah benar-benar baik.

Jika Anda merasa sedang sedikit tidak enak badan atau sedang dalam kondisi lelah. Jangan memaksakan diri untuk mendaki hingga ke puncak.

  • Mematuhi Aturan dan Menjaga Kebersihan

Semua tempat wisata tentu saja memiliki aturan-aturannya sendiri, meskipun alamat Leuwi Kunten Sentul Bogor ini memang berada di kawasan alam. Namun bukan berarti tidak ada aturan yang tersedia.

Pastikan bahwa Anda selalu mematuhi berbagai aturan dan anjuran dari pengelola di sana selama melakukan wisata. Jangan sampai Anda mengindahkan karena ini demi keselamatan dan kenyamanan Anda sendiri.

Selain itu, Anda pun harus menjaga dan jangan sekali-kali merusak fasilitas yang ada agar pengunjung yang lain pun dapat menikmatinya. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampai sembarangan.

Jika Anda ingin mengabadikan berbagai momen di Leuwi Kunten Sentul Bogor maka sebaiknya membawa kamera underwater ataupun plastik khusus untuk melindungi handphone. Sebab banyaknya spot foto yang berdekatan dengan air memungkinkan handphone Anda jatuh ke dalamnya.

Terlebih jika Anda memutuskan untuk pergi ke puncak air terjunnya, maka sangat wajib. Tidak ingin kan jika liburan Anda jadi merusak mood karena handphone Anda yang rusak terkena air.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Kadena glamping dive resort

Mencoba Kemah Mewah Hanya Di Kadena Glamping

Next Article
Wisata medan bersama keluarga

Tempat Wisata di Medan untuk Liburan Akhir Pekan