Wisata Gunung Puntang untuk Pecinta Alam

Avatar of k setiawan
Gunung puntang
Gunung Puntang

Popularitas Gunung Puntang sebagai destinasi wisata alam sudah terkenal di kalangan traveller. Memiliki panorama yang indah dan mempesona buat kamu yang sedang berada di kota kembang, Bandung. Wisata alam ini paling asyik untuk kamu dan sahabat melakukan camping ground.

Kesejukan udara khas pegunungan dan pemandangan asri di sekelilingnya dapat kamu nikmati kapan saja di tempat wisata ini. Ini hanya secuil saja dari pesona yang ditawarkan Puntang untuk wisatawan. Masih banyak ragam hal menarik yang dapat ditemui di tempat wisata ini, seperti beberapa daya tarik berikut.

Pesona Keindahan dan Daya Tariknya

  1. Curug

Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah ada sejumlah curug atau air terjun yang bisa kamu temui. Kebanyakan air terjunnya berada di lereng gunung dengan yang paling tinggi adalah Curug Siliwangi. Curug yang mengalir dari ketinggian 150 meter ini menawarkan pemandangan cantik dengan aliran airnya yang berundak-undak.

Beragam hidden gem yang ada di kawasan wisata alam ini pasti akan membuat kamu terpesona. Tersedia juga jasa pemandu jika kamu ingin ke lokasi air terjun dengan lebih aman.

  1. Habitat owa

Di kawasan hutan Gunung Puntang merupakan rumah bagi owa. Spesies primata yang termasuk satwa langka dan dilindungi. Jika kamu trekking dan cukup beruntung, kamu bisa bertemu dengan satwa ini.

Namun untuk wisatawan yang tidak bisa melihat owa di hutan secara langsung, bisa melihatnya melalui layar tancap. Pengelola menyediakan fasilitas bioskop alam untuk wisatawan menonton tayangan seputar owa. Sebelum pulang, jangan lupa membeli souvenir dengan tema owa yang ada di tempat ini.

  1. Wisata edukasi kopi
Baca Juga:  Destinasi Wisata Super Lengkap Paket Pulau Seribu

Kopi puntang merupakan jenis kopi lokal yang dibudidayakan warga di sekitar gunung ini. Kopinya memiliki rasa yang unik dan khas dengan rasa manis sedikit asam. Buat kamu pecinta kopi, wajib mampir ke tempat ini untuk menikmati kopi langsung dari pusat pembudidayaannya.

Varian kopi ini sendiri sudah mendunia yang tentunya sayang jika tidak mencobanya. Kamu juga bisa menikmati tur wisata, mempelajari seputar budidaya dan pengolahan kopi. Wisatawan dapat melihat langsung ke perkebunan kopi hingga kopi siap disajikan.

  1. Situs sejarah

Ada beberapa spot di Gunung Puntang yang memiliki situs sejarah yang masih eksis hingga kini. Berikut beberapa situs bersejarah yang bisa kamu kunjungi.

  • Goa Belanda
  • Stasiun Radio Malabar
  • Kolam Cinta
  1. Camping ground

Masih satu rangkaian dengan pegunungan Malabar dan tidak jauh dari Kota Bandung, banyak yang memilih tempat ini sebagai tempat camping. Gunung Puntang Camping Ground terkenal sebagai area camping yang paling tertata dan nyaman se-Bandung Raya.

Terbagi dalam beberapa blok yang bisa dilalui oleh kendaraan. Kamu juga tidak perlu repot-repot karena di tempat ini tersedia pusat sewa untuk perlengkapan camping. Di setiap blok camping, pemandangan yang ditawarkan berbeda-beda.

Cocok untuk camping bersama keluarga atau bahkan anak-anak. Fasilitas di area camping cukup memadai termasuk toilet.

  1. Pendakian

Tempat wisata yang terkenal dengan kawasan perkemahan ini berada di ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut. Sedangkan untuk ketinggian gunungnya sendiri mencapai 2.224 mdpl. Menjadi salah satu destinasi favorit untuk trekking dan downhill.

Gunung Puntang adalah salah satu lokasi yang sering diburu untuk pendakian selain Gunung Papandayan. Memiliki puncak tertinggi yang sering dicapai pendaki yaitu puncak mega. Di atas puncaknya ini, kamu bakal disuguhi dengan panorama alam yang begitu indah.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Objek Wisata Nganjuk

Puncak Mega ini terkenal dengan bentuknya yang menyerupai punggung naga. Di puncak inilah kamu bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise terbaik.

Lokasi dan Rute

Lokasinya mudah untuk diakses, baik kamu yang berada di Bandung maupun dari luar kota. Akses jalan menuju tempat ini pun tergolong bagus dan bisa dilewati kendaraan hingga loket masuk. Ada banyak papan petunjuk arah yang akan membantu kamu menemukan tempat ini.

Jika kamu datang dari pusat kota Bandung, maka silahkan pilih rute menuju arah ke Banjaran. Dari daerah ini, perjalanan dilanjutkan ke arah Pengalengan. Apabila sudah sampai di daerah Pengalengan, kamu bisa memperhatikan jalan untuk menemukan plang penunjuk lokasi gunung.

Plang ini berjarak kurang lebih 5km dari Pengalengan. Ikuti petunjuk arah dari plang tersebut hingga sampai ke lokasi wisata. Jika kamu menggunakan transportasi umum, bisa naik angot ke arah Dayeu Kolot dan kemudian menuju arah Bumi Perkemahan.

Harga Tiket Wisata

Tiket masuk wisatawan lokal dan asing berbeda-beda di tempat ini. Harga tiket masuk untuk pengunjung lokal yaitu Rp 25.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan asing dikenai tarif Rp 55.000 per orang.

Parkir untuk kendaraan roda dua Rp 7.000, mobil atau minibus Rp 12.000, dan bus wisata Rp 35.000. Jika kamu ingin camping, biaya yang dikenakan yaitu Rp 35.000 per orang atau Rp 300.000 per blok.

Fasilitas

Soal sarana dan fasilitas penunjang di tempat ini tidak perlu dikhawatirkan. Pengelola sudah menyediakan fasilitas standar seperti toilet, tempat parkir, warung makan, dan mushola kecil untuk wisatawan yang ingin menunaikan ibadah.

Sedangkan untuk fasilitas wisatanya sendiri disediakan pusat sewa peralatan kemah. Fasilitas penginapan berupa vila juga bisa kamu nikmati untuk bermalam di daerah ini. Jika ingin mengunjungi spot-spot yang cukup sulit, kamu bisa menggunakan fasilitas tour guide atau pemandu wisata.

Baca Juga:  Pantai Gemah: Harga Tiket Masuk & Objek Wisatanya

Tips Wisata

Bagi kamu yang berencana liburan ke Gunung Puntang untuk pertama kali, sebaiknya ketahui beberapa tips wisata agar perjalanan kamu lebih mudah dan lancar. Berikut tips wisata ke gunung yang perlu kamu siapkan.

  • Perlengkapan keselamatan

Jika kamu liburan ke alam seperti gunung ini, jangan lupa untuk membawa survival kit. Perlengkapan keselamatan dan keamanan seperti payung atau jas hujan wajib dibawa untuk persiapkan jika sewaktu-waktu turun hujan. Bawa obat-obatan pribadi yang kamu butuhkan.

  • Membawa tenda

Buat yang berencana melakukan camping di sini, sebaiknya membawa tenda dari rumah. Walaupun ada penyewaan, namun jumlahnya masih tergolong mini sehingga lebih baik membawanya sendiri. Jangan lupa sleeping bag agar camping kamu lebih nyaman.

  • Membawa peralatan masak

Bawa peralatan masak seperlunya untuk kamu yang ingin bermalam di gunung. Pilih yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak mengganggu perjalanan.

  • Hindari membawa barang berlebihan

Jangan membebani diri dengan membawa banyak barang. Pilih barang yang penting saja untuk membantu perjalanan dan keperluan selama wisata. Jika tidak benar-benar penting, sebaiknya tidak perlu membawanya agar kamu tidak kesulitan dengan beban yang terlalu berat.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai Gunung Puntang yang bisa menjadi lokasi liburan untuk refreshing ke alam bebas. Kamu bis datang kapan saja karena tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Hanya saja untuk warung makan dan tempat penyewaan akan tutup menjelang sore hari.

Total
5
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Curug bugbrug lembang bandung jawa barat

Mengenal Lebih Jauh Tentang Curug Bugbrug yang Indah

Next Article
Havana hills

Havana Hills, Wisata Yang Viral & Instagramable Di Cilacap