Daya Tarik Wisata Kampung Labirin Bogor Konsep Kampung Tematik

Avatar of k setiawan
Kampung labirin bogor
Kampung Labirin Bogor

Bogor merupakan salah satu kota yang memiliki berbagai tempat wisata yang menakjubkan. Di kota ini juga terdapat destinasi wisata berupa kampung tematik yaitu Wisata Air Kampung Labirin.

Kawasan wisata tematik ini diresmikan oleh pemerintah setempat atas dasar usulan warga pada Desember 2018. Seiring berjalannya waktu, banyak pengunjung yang tertarik untuk datang ke tempat wisata ini.

Cikal bakal wisata tersebut mulai ada karena warga sekitar melihat struktur unik di kampung tersebut. Kondisi jalannya cukup banyak gang dan berliku. Akhirnya para pengurus RT dan RW mendiskusikan mengenai kampung tersebut untuk dijadikan sebagai kawasan tematik.

Lokasi dan Akses Menuju Wisata Kampung Labirin

Perlu diketahui bahwa kampung air Bogor ini berdiri di lahan yang cukup luas yaitu sekitar 2,5 hektar. Tempat wisata ini berada di RW 10 Kampung Kebon Jukut, Kelurahan Babakan Pasar, Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata ini ada di belakang terminal bus Baranangsiang, tidak jauh dari lapangan yang berada di Jalan Riau.

Berdirinya tempat wisata ini berhasil karena kolaborasi yang baik antara penduduk lokal, pemerintah, LSM, dan Astra. Akhirnya kawasan perkampungan tersebut berhasil disulap menjadi wisata perkampungan tematik.

Kampung Labirin mengalami perkembangan yang cukup pesat sejak awal berdiri. Para pengunjung pun ramai berdatangan ke tempat wisata ini untuk melakukan berbagai aktivitas tertentu.

Akses untuk menuju lokasi wisata juga sangat mudah. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk bisa menuju ke area dekat destinasi wisata. Namun karena ini berupa perkampungan untuk masuk menyusuri gang labirin harus dengan berjalan kaki.

Baca Juga:  Lokasi Dan Tiket Masuk Situ Bagendit Garut Terupdate

Memberdayakan Potensi Penduduk Lokal Melalui Wisata Kampung Labirin

Keberhasilan dibangunnya Kampung Labirin ini tentu tidak lepas dari peran berbagai pihak, khususnya Lembaga Swadaya Masyarakat setempat yang bernama Komunitas Terminal Hujan.

LSM ini sangat aktif membangun hubungan dengan penduduk setempat. Mereka juga biasanya melakukan aktivitas mengajar calistung untuk anak-anak yang ada di perkampungan tersebut.

Atas dasar hasil diskusi dan obrolan LSM dengan warga kampung, akhirnya dicetuskanlah gagasan untuk membangun wisata tersebut. Bahkan tercatat lebih dari 300 kepala keluarga di perkampungan ini dengan demografi yang majemuk.

Di perkampungan ini tinggal berbagai suku. Selain suku Sunda asli, di sini juga tinggal etnis Jawa, Tionghoa, dan Sumatera. Penduduknya pun memiliki mata pencaharian dan menganut agama yang beragam. Meskipun hidup dalam keberagaman tetapi semua warga tetap berbaur di perkampungan tersebut.

Dengan berdirinya wisata kampung tematik ini, maka potensi lokal bisa diberdayakan dengan baik. Selain lokasi tersebut dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang lebih kekinian, pemerintah juga memperoleh pendapatan dari berdirinya wisata tersebut. Jadi hal ini dapat menjadi gambaran potret dari pemberdayaan potensi lokal di perkampungan tersebut.

Untuk menggerakkan antusiasme warga sekitar, cara yang digunakan adalah melalui pendekatan kultural kepada para pemuka. Kemudian para pemuka tersebut dapat menjadi agent of change yang dapat menggerakkan semua warga.

Untuk mencapai kesadaran warga tersebut, tantangannya memang tidak mudah. Perlahan namun pasti, warga bisa diajak berkolaborasi, bahkan mereka memiliki kesadaran untuk mengembangkan dan mengelola perkampungan tersebut

Suasana dan Vibes di Kampung Labirin Bogor

Ketika akan memasuki pemukiman warga, para pengunjung akan melalui gerbang labirin sebagai gang masuk. Gerbang tersebut berupa jembatan besi yang seakan membelah Sungai Ciliwung.

Jika dilihat sekilas, Kampung Labirin tidak jauh berbeda dengan perkampungan pada umumnya. Rumah-rumah yang ada di kawasan tersebut juga merupakan rumah sederhana yang dibangun di bantaran sungai. Namun ketika memasuki labirin atau gang perkampungan ini, suasananya terasa agak berbeda.

Baca Juga:  Wisata Mijen Demak Green Garden: Lokasi, Harga Tiket Masuk & Wahana

Pasalnya, jalanan gang yang serupa labirin tersebut dibuat dengan paving block dan terlihat sangat bersih. Selain itu, terdapat mural yang menghiasi setiap dinding rumah warga. Tidak heran jika hal-hal inilah yang membuat para pengunjung terpesona dan merasakan vibes yang berbeda dari perkampungan pada umumnya.

Uniknya, sepanjang jalan gang atau labirin, akan menemui tulisan-tulisan yang berupa kalimat bijak yang penuh makna. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan menjumpai beraneka ragam lukisan yang menarik.

Wisata perkampungan ini sangat bersih karena kekompakan warga dalam menjaga kebersihan lingkungan. Para pemuda di kawasan setempat sudah dibagi tugas untuk mengambil sampah secara rutin di rumah warga. Hal ini dilakukan setiap dua kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan sore hari.

Bahkan ketika menginjak perkampungan labirin ini, akan terlihat banyak sekali tempat sampah yang sengaja disediakan di area pemukiman. Warga selalu dihimbau untuk membuang sampah pada tempatnya. Karena hal ini dibiasakan terus-menerus akhirnya kesadaran warga pun meningkat, bahkan dalam menjaga kebersihan sudah terorganisir dengan baik.

Adapun daya tarik lainnya dari Kampung Labirin ini yaitu karena memiliki nilai seni yang tinggi. Hal ini tentu menjadi keunikan tersendiri karena semua karya seni tersebut merupakan kreativitas warga setempat. Lukisan tembok rumah, tulisan-tulisan bijak, dan berbagai karya lainnya merupakan buatan warga yang sangat eye catching.

Aktivitas Seru Di Kampung Labirin

Ada banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan di Kampung Labirin. Apalagi masyarakat, LSM dan pemerintah selalu berupaya untuk mengelola dan mengembangkan kawasan tersebut sehingga para pengunjung bisa lebih nyaman. Saat ini, ada berbagai aktivitas seru yang dapat dilakukan di sini.

1.    Memancing

Perlu diketahui bahwa di kawasan perkampungan tersebut mengalir Sungai Ciliwung yang ternyata dapat dimanfaatkan untuk memancing. Untuk kamu yang hobi memancing maka bisa datang ke sini.

Baca Juga:  Harga Tiket Gunung Mas Puncak Bogor Terbaru

Disampaikan oleh bapak R. Giri Maya Yudhistira, selaku Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan kelurahan setempat, bahwa kawasan kampung tematik ini akan memanfaatkan keberadaan sungai Ciliwung sebagai zona memancing atau fishing zone.

Dengan begitu maka para pengunjung diharapkan dapat menikmati aktivitas ini dengan baik. Jadi fishing zone ini memang sengaja dibuat untuk memanfaatkan potensi Ciliwung.

2.    Jogging

Selain memancing, di Kampung Labirin Bogor ini juga melakukan aktivitas seru seperti jogging atau lari-lari kecil. Pasalnya, di tempat wisata ini hendak dirancang jogging track khusus untuk para pengunjung. Jadi siapa pun bisa jogging atau lari-lari kecil sembari menikmati udara kota Bogor.

Lokasi jogging track ini berada di sisi Sungai Ciliwung. Jadi sungai ini benar-benar dimanfaatkan keberadaannya untuk memberikan fasilitas yang optimal bagi para pengunjung.

Terkait dengan peralatannya, nantinya menggunakan sistem bongkar pasang atau knock down. Pasalnya, debit air sungai ini cukup labil, ketika hujan debit air di bagian hulu tentu akan meningkat.

3.    Menaiki Perahu Karet

Aktivitas yang tidak kalah menariknya dibandingkan dua aktivitas di atas yaitu menaiki perahu karet yang disediakan oleh pengelola wisata. Tempat wisata kampung tematik ini tidak seperti tempat wisata kampung pada umumnya yang hanya menyuguhkan desain arsitektur yang menarik saja.

Lebih dari itu, para pengunjung dapat menikmati udara kota Bogor dengan menyusuri aliran Sungai Ciliwung. Dengan bantuan perahu karet, tentu akan lebih menyenangkan mengelilingi kawasan ini.

Kampung Labirin mulai ramai pengunjung dan diminati oleh banyak orang untuk melakukan berbagai kegiatan seru seperti rekreasi, hunting foto, dan melakukan aktivitas lainnya. Apalagi di wisata kampung tematik ini terdapat festival yang diadakan di waktu-waktu tertentu. Ketika festival, kampung ini jauh lebih ramai dari biasanya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Taman bunga begonia bandung

Wahana Dan Harga Tiket Taman Bunga Begonia

Next Article
Kebun teh malabar, pangalengan, bandung

Harga Tiket Tempat Wisata Kebun Teh Malabar