Destinasi Wisata Pantai Kukup Yang Wajib Dikunjungi Lengkap Dengan Info Rute Dan Tiket Masuk

Avatar of k setiawan
Wisata pantai kukup
Wisata Pantai Kukup

Setiap pantai yang ada di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri, dengan ciri khas tersebut Anda dapat membedakan satu dengan yang lain. Pantai di Bali memiliki ciri khas mayoritas pasirnya berwarna putih berbeda dengan pasir pada umumnya. Gunung kidul memiliki pantai yang mayoritas pasirnya berwarna putih juga namun suasana yang dimiliki antara pantai Bali dan gunung kidul berbeda satu dengan yang lain.

Salah satu pantai pasir putih yang ada di gunung kidul adalah Pantai Kukup. Meski beberapa dari Anda mungkin sedikit asing dengan nama yang satu ini, namun pantai ini disebut sebagai wisata bahari pertama yang dimiliki Yogyakarta di kawasan gunung kidul. Jika Anda penasaran ingin pergi ke sana simak informasi-informasi di bawah ini.

Rute, Alamat Dan Tiket Masuk Pantai Kukup

Berada di deretan yang sama dengan pantai Baron dan pantai Krakal, alamat pantai Kukup tepatnya berada di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunung Kidul. Untuk menuju ke sana Anda dapat melewati beberapa jalur, Anda dapat menggunakan jalur alternatif menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda akan menempuh waktu perjalanan sekitar 1,5 hingga 2 jam. Pertama Anda ambil rute ke ringroad timur dan selatan lalu Anda dapat menuju ke arah Wonosari dan nanti Anda akan menemukan persimpangan yang memiliki papan penunjuk.

Papan penunjuk akan menunjukkan arah ke pantai baron dan pantai Ngobaran. Karena pantai Kukup berada di deretan yang sama dengan pantai baron, maka Anda mengambil arah kiri menuju pantai baron. Selanjutnya Anda dapat memilih arah kiri lagi setelah menemukan pertigaan ikuti jalan dan Anda akan sampai di pantai tersebut.

Baca Juga:  Ini Dia Tempat Rekreasi di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Nah selanjutnya jika Anda akan menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik bus dari terminal giwangan, Anda dapat memilih bus yang beroperasi dari Yogya ke Wonosari. Setelah Anda sampai di terminal Wonosari, Anda dapat pindah ke bus yang mengambil jurusan ke pantai baron. Nah dari pantai ini transportasi umum sudah tidak ada lagi.

Pantai kukup

Jika Anda sampai di baron, Anda tidak perlu khawatir karena di sana terdapat ojek yang dapat mengantar Anda hingga ke pantai Kukup. Untuk tiket masuknya sama seperti tiket untuk ke baron, Krakal dan sundak. Anda dapat membayar tiket masuk sebesar 10 ribu ditambah dengan biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi.

Biaya parkirnya seperti biasa yaitu 2 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil sedangkan parkir untuk bus sekitar 20 ribu. Untuk datang ke pantai ini, Anda dapat berkunjung dari pukul 5 pagi hingga sore atau petang. Jadi Anda dapat menyaksikan fenomena matahari terbit maupun matahari terbenam.

Pesona yang Dimiliki Pantai Kukup Jogja

·        Pemandangan alam

Keindahan pantai tidak akan mengecewakan waktu bersantai atau liburan Anda. Begitu juga pemandangan alam yang disuguhkan pantai Kukup. Jika berkunjung ke pantai ini, Anda akan menyaksikan keindahan pantai yang dikelilingi bukit indah, pepohonan hijau, deburan ombak, pasir putih dan air laut yang jernih akan merelakskan pikiran dan badan Anda.

Dengan berlibur di pantai, merasakan suasana alam mendengar deburan ombak akan terdengar sangat syahdu. Tak lupa Anda juga dapat menyaksikan peristiwa sunset dan sunrise di pantai ini.

·        Pulau Jumpino

Ciri khas yang dimiliki pantai gunung kidul selanjutnya adalah adanya batu karang besar yang membentuk pulau atau daratan bukit. Di pantai Kukup ini Anda juga akan menemukan sebuah pulau yang bernama Jumpino.

Baca Juga:  Kamojang Vilage, Wisata Dengan Panorama Menakjubkan

Pulau ini sangat ikonik dan wajib sekali Anda kunjungi jika Anda pergi ke sana. Untuk menuju ke pulau ini Anda dapat melewati jembatan yang ada dan di pulau tersebut terdapat semacam gazebo yang dapat Anda pakai untuk melihat pantai secara keseluruhan dari atas bukit.

·        Spot foto menarik

Jika Anda berlibur pasti yang Anda cari adalah spot-spot foto menarik yang dapat Anda ambil untuk pengingat memori dan memenuhi feed media sosial Anda. Nah di pantai Kukup Anda akan menemukan berbagai spot-spot menarik yang dapat Anda gunakan untuk berfoto.

Setiap sudut yang ada di pantai ini memiliki keindahan tersendiri. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera Anda saat berlibur ke pantai ini. Anda dapat berfoto mulai dari di pantai, di pinggir pantai maupun di atas bukit pulau Jumpino.

·        Olahraga air dan aktivitas di pinggir pantai

Jika Anda ingin melihat keindahan bawah laut, Anda dapat melakukan snorkeling di pantai ini. Karena pantai ini memiliki air yang jernih sehingga Anda dapat melihat biota laut secara jelas.

Untuk peralatannya jika Anda tidak punya, Anda dapat menyewa peralatan yang telah disediakan oleh tim sewa. Selain itu Anda juga dapat melakukan aktivitas lain di pinggir pantai seperti bermain pasir dan berjemur.

·        Wisata budaya

Tidak hanya wisata alam saja yang dapat Anda saksikan di pantai ini. Di waktu tertentu Anda dapat menyaksikan wisata budaya yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Biasanya di pantai ini, terdapat ritual-ritual budaya seperti upacara adat sedekah laut yang dilakukan di bulan Suro, nama bulan yang dipakai pada penanggalan Jawa.

Upacara ini dimaksudkan untuk mengungkap rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang telah diterima selama satu tahun ini. Ada juga ritual yang dilakukan di pantai ini sebagai upacara persembahan yang dilakukan untuk Ratu Pantai Selatan dengan melarungkan sebuah sesaji ke laut.

Baca Juga:  Rekomendasi & Ide Pilihan Tempat Wisata Ciwidey

·        Kuliner dan oleh-oleh khas

Tidak lengkap rasanya jika ke pantai hanya untuk berfoto dan bermain air saja. Anda juga wajib mencoba kuliner khas pantai atau membeli oleh-oleh untuk rekan atau untuk Anda makan juga di rumah. Berbagai makanan laut yang khas tersedia di warung-warung di sana seperti ikan bakar, ikan goreng, cumi-cumi dan lainnya dapat Anda nikmati secara langsung kelezatannya atau dapat Anda beli yang bentuk keringnya untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Tidak hanya oleh-oleh berupa makanan saja namun Anda juga dapat membeli berbagai souvenir yang ditawarkan di sana mulai dari kaos bertuliskan pantai Kukup, gantungan kunci dan souvenir lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai kenang-kenangan dan penanda sudah pernah mengunjungi pantai ini.

Itulah sedikit penjelasan tentang pantai indah di gunung kidul ini. Tak lupa Anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas umum yang ada di sana seperti mushola, penginapan dan toilet. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda bermain air atau bersnorkeling di pantai ini.

Penginapan yang ada di sekitar pantai ini juga lumayan banyak. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda, jadi Anda juga bisa menikmati pemandangan malam di pantai jika Anda bermalam di penginapan ini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Villa asmara hills

Menikmati Panorama Pantai Teluk Asmara dari Villa Asmara Hills!

Next Article
Wisata pantai krakal

Keindahan Tersembunyi Pantai Krakal, Alamat, Dan Harga Tiket Masuk