Pantai Glagah yang Menyimpan Peninggalan Bersejarah Lengkap

Pantai Glagah

Pantai Glagah – Gunung kidul merupakan daerah yang ada di Yogyakarta yang memiliki banyak sekali pantai yang sangat indah. Daerah tersebut memang sangat identik dengan pantai namun tahukah Anda tanpa pergi jauh ke daerah tersebut Anda juga bisa berlibur ke pantai loh. Jika Anda berlibur ke Jogja maka Anda bisa mencoba ke daerah Kulon Progo untuk menikmati pantai di sana.

Pantai di Kulon Progo ini tidak kalah indah dibanding pantai yang ada di Gunung Kidul loh. Masih bagian dari pantai di pesisir selatan, Pantai Glagah memiliki keunikan tersendiri sebagai daya tariknya untuk para wisatawan.

Peninggalan yang Menjadi Bagian Dari Sejarah Pantai Ini

Sesuai dengan namanya, pantai ini terletak di Desa Glagah. Berdasarkan sejarah, nama daerah atau desa ini berdasarkan ditemukannya benda peninggalan agama Hindu-Buddha yang ada di sana. Jadi jika Anda mengunjungi pantai ini Anda juga akan melihat adanya situs bersejarah yang ada di sana berupa stupa Glagah yang sudah berusia tua yakni ditemukan sejak abad ke-6 M. Menurut sejarah, stupa inilah yang menjadi saksi sejarah ditemukannya dan berdirinya desa yang disebut desa Glagah Kulon Progo hingga kini.

Peninggalan benda bersejarah ini diyakini sebagai tempat bertapanya putri Bupati Kadipaten Sios pada waktu itu yaitu bernama Nyi Sekar Kenanga. Selain stupa yang berukuran besar sebagai tanda adanya desa Glagah ini juga masih banyak lagi peninggalan berbentuk batuan dengan ukuran yang beragam.

Lokasi, Harga Tiket Dan Jam Operasional

Pantai Glagah seperti yang disebutkan tadi terletak di Kulon Progo lebih tepatnya beralamat lengkap di Jln. Glagah, Temon, Kulon Progo. Jika Anda lihat di peta, pantai ini terletak di bagian selatan dari bandara Internasional Yogyakarta dan untuk menjangkaunya sangat mudah sekali. Jika Anda tertarik mengunjungi tempat ini, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar 6000 untuk tiket masuk beserta tiket parkir.

Tiket parkir yang tersedia yaitu 3000 untuk motor dan 10000 untuk mobil sedangkan jika Anda pergi dengan rombongan menggunakan bus, tiket parkirnya sebesar 20000. Pantai ini dibuka selama 24 jam, jadi Anda dapat mengunjungi tempat ini kapan saja Anda menginginkannya namun jika Anda menginginkan untuk melihat sunset maka waktu terbaik yang disarankan adalah dari pukul 16.00.

Pantai Glagah photo
Pantai Glagah photo

Anda bisa mengunjungi pantai ini di sore hari dan juga ketika air laut sudah mulai pasang. Hal tersebut karena pantai ini memiliki keindahan pada ombaknya, Anda akan menyaksikan gulungan ombak yang sangat indah ketika air sedang pasang namun Anda juga harus ingat untuk terus berhati-hati jika berlibur ke pantai ya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Glagah

  • Pesona pantai pasir hitam

Pantai yang ada di Gunung Kidul mungkin identik dengan pantai pasir putihnya seperti pantai di Bali yang populer ini namun Pantai Glagah memiliki keunikan yaitu keindahan pasir hitam yang dimiliki. Pasir yang berwarna hitam ini memiliki tekstur yang sangat lembut layaknya pasir yang ada di pantai pada umumnya.

Jadi meskipun berwarna hitam tidak menghilangkan pesona pantai yang dimiliki dan juga keseruan bermain di pantai bisa Anda nikmati. Banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di pasir ini seperti membuat istana pasir atau sekedar hanya berjalan menyusuri pantai dengan bertelanjang kaki.

  • Adanya pemecah ombak yang sangat indah

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki pantai ini adalah adanya pemecah ombak yang sangat indah. Ketika Anda berkunjung ke pantai mungkin selain pasir dan ombak yang Anda nikmati, pantai yang memiliki pemecah ombak juga bisa menarik hati para wisatawan. Berbagai bentuk dari pemecah ombak ini menghadirkan keindahan dan tak jarang dijadikan sebagai spot foto yang epik sambil menunggu adanya momen ombak yang sangat indah.

Jadi selain berfungsi untuk memecah ombak agar terhindar dari abrasi, pemecah ombak ini juga memiliki nilai seni tersendiri yang bisa dinikmati para wisatawan.

  • Adanya laguna

Tidak hanya pemecah ombak yang ada di sana, ciri khas dari pantai ini adalah adanya laguna pantai yang sangat indah. Berbagai aktivitas menarik seperti memancing atau melihat biota laut dari dekat bisa Anda lakukan di laguna ini.

  • Mencicipi wisata kuliner

Hal selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mencicipi kuliner khas Jogja yang sangat lezat di pinggir pantai. Anda juga bisa mencoba pengalaman menikmati berbagai seafood yang sangat segar dan pastinya dengan harga yang sangat terjangkau.

  • Fasilitas yang tersedia

Berbagai fasilitas lengkap ada di Pantai Glagah seperti mushola, area parkir yang luas dan toilet umum ada di sana. Jika Anda ingin mencoba permainan outbound dan ATV juga bisa Anda lakukan di pantai ini.

Berpengalaman di Social Media baik Facebook, Instagram, Youtube, dan familiar dengan platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Memiliki pengalaman sebagai Customer Service Online untuk menangani informasi pelanggan dan menjadi problem solver. Memiliki kemampuan yang kuat dalam penulisan konten, copy writing, dan media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Editor