Harga Tiket Tempat Wisata Kebun Teh Malabar

Avatar of k setiawan
Kebun teh malabar, pangalengan, bandung
Kebun Teh Malabar, Pangalengan, Bandung

Pergi berlibur memang harus dilakukan karena dengan melakukan aktivitas tersebut bisa membuat pikiran yang jenuh dan juga stres menjadi hilang. Kalau memiliki waktu untuk liburan sebaiknya datangi saja tempat wisata yang ada di kota Bandung yaitu Kebun Teh Malabar. Tempat yang satu ini merupakan objek wisata yang sangat populer di Kota Kembang jadi wajib untuk dikunjungi kalau memang ada waktu.

Kebun teh ini menjadi populer di kalangan masyarakat dikarenakan wisatawan tidak hanya bisa melihat kebun teh saja tetapi ada beberapa spot wisata yang bisa dikunjungi di area kebun teh. Untuk harga tiketnya juga terbilang sangat murah dan untuk tahu berapa harga tiketnya bisa baca ulasan berikut ini.

Beberapa Spot Wisata di Kebun Teh Ini

Destinasi wisata alam di kota Bandung memang ada banyak dan kebun teh menjadi salah satu tujuan wisata favorit yang paling sering dikunjungi wisatawan kota Bandung maupun wisatawan dari kota lainnya. Wisata kebun teh yang satu ini memang berbeda dengan tempat lainnya dikarenakan perkebunan ini mempunyai luas sampai 2200 hektar yang ditumbuhi tumbuhan teh yang sangat subur.

Berlibur di perkebunan teh yang ada di Bandung jadi salah satu pengalaman yang tidak dapat dilupakan karena wisatawan bisa melihat idenya berguna dan juga menikmati beberapa spot wisata yang menarik dan juga bersejarah. Untuk tahu spot wisata apa saja yang bisa dikunjungi di area Kebun Teh Malabar Pangalengan ini bisa lihat penjelasannya di bawah ini.

  • Museum dan Wisma Karel Rudolf Bosscha
Baca Juga:  Rekomendasi & Ide Pilihan Tempat Wisata Ciwidey

Wisatawan yang sudah sampai di area Kebun Teh Malabar bisa mendatangi museum dan juga Wisma Karel Rudolf. Villa atau wisma ini berada di tengah-tengah perkebunan teh yang asri jadi pengunjung tidak mungkin agak kesulitan tersebut. Wisma ini sudah berdiri sangat lama tetapi bangunannya masih berdiri kokoh dan jarang ada kerusakan pada bangunan.

Wisma ini dibangun oleh Karel Rudolf menjadi tempat tinggal dan sekarang dijadikan sebuah museum yang dikelola langsung oleh PT Perkebunan Nusantara VIII. Wisatawan yang datang ke museum ini bisa melihat arsitektur bangunan khas negara Belanda seperti tungku perapian, jendela yang besar dan juga taman yang sangat luas.

Wisatawan yang ingin masuk ke dalam lokasi ini memang tidak kenakan biaya masuk secara resmi. Akan tetapi nantinya terdapat biaya sukarela dan bisa diberikan kepada pihak penjaga museum. Nantinya yang tersebut akan digunakan untuk biaya kebersihan serta untuk biaya perawatan ruangan lalu dari penjaganya juga akan menjelaskan seputar sejarah dari rumah Bosscha ini.

  • Makam Karel Rudolf Bosscha

Saat wisatawan sampai ke kebun teh akan langsung disambut dengan udara dingin yang masih sangat segar. Untuk bisa memasuki gerbang perkebunan ini harus membayar tiket terlebih dahulu, setelah membayar tiket barulah bisa memasuki gerbang dan bisa langsung melanjutkan perjalanan sampai bertemu penanda jalan ke area Kebun Teh Malabar.

Setelah sampai bisa langsung melihat spot wisata bernama makam Karel Rudolf yang menjadi salah satu spot wisata unggulan tempat ini. Begitu wisatawan turun dari kendaraan akan langsung melihat maka pindah yang dikelilingi taman yang sangat bersih dan juga asri. Pada taman yang mengelilingi makam tersebut banyak tumbuh tumbuhan bunga dan juga berbagai macam tanaman hias yang sangat cantik.

Pada bagian tengah taman terdapat sebuah kotak berwarna putih dikelilingi 8 buah tiang yang menopang sebuah kubah yang berbentuk sebuah topi. Topi tersebut merupakan topi yang sering sekali digunakan para bangsawan Belanda saat zaman kolonial masih ada di Indonesia. Topi ini juga sering sekali digunakan oleh Karel Rudolf saat masih bekerja di kebun teh ini.

Baca Juga:  Wahana Dan Harga Tiket Taman Bunga Begonia

Fasilitas Yang Disediakan

Untuk fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan Kebun Teh Malabar adalah bisa memilih kamar di villa Bosscha, villa yang letaknya di kebun teh ini memiliki 11 unit kamar. Untuk menginap di villa tersebut harus mengeluarkan uang sebanyak 750 ribu, uang tersebut bisa dipakai untuk menginap satu malam di villa tetapi hanya berlaku untuk hari biasa saja.

Untuk wisatawan yang ingin menginap di hari libur atau akhir minggu maka uang yang harusnya dipersiapkan agar bisa menginap satu malam di villa tersebut adalah 1 juta. Fasilitas yang ada di dalam villa tersebut yaitu 11 unit kamar dengan kapasitas maksimal 3 orang, untuk kamar mandi sudah berada di dalam kamar dan dilengkapi bak mandi dan juga heater.

Selain fasilitas tadi ternyata kamar yang bisa disewa sudah dilengkapi dua buah single bed atau 1 buah twin bed. Tidur di villa ini tidak mungkin akan merasa kedinginan karena setiap kamar sudah mempunyai penghangat ruangan yang tidak membuat suasana di dalam kamar menjadi lebih hangat.

Untuk wisatawan yang belum pernah merasakan udara pagi yang sejuk di perkebunan wajib untuk mencoba menginap di villa yang satu ini. Wisatawan selain bisa tidur nyenyak juga akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah saat bangun di hari berikutnya. Villa ini juga pernah menjadi lokasi syuting film My Heart.

Lokasi Tempat Wisata Ini

Kebun Teh Malabar terletak di daerah Pangalengan yang menjadi salah satu daerah dataran tinggi di wilayah Bandung Selatan yang sangat kaya akan kekayaan alam. Wisatawan bisa menikmati banyak hal di daerah dataran tinggi ini seperti bisa melihat hamparan hutan pinus yang sangat luas, perkebunan sayur, kebun teh, pemandian air panas dan juga danau.

Baca Juga:  Pesona Wisata D’Las Lembah Asri Serang Purbalingga

Untuk bisa mencapai perkebunan ini, wisatawan harus melewati jalan yang panjang dan juga berkelok. Jalur yang dilewati memang cukup extreme tetapi kalau sudah sampai ke area perkebunan rasa lelah saat perjalanan bisa langsung hilang karena langsung bisa melihat indahnya pemandangan perkebunan. Selain bisa melihat indahnya perkebunan teh juga bisa melihat penduduk sekitar sedang memetik teh dan juga memerah sapi.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang ingin berkunjung ke perkebunan ini tidak perlu merasa takut keluar uang yang banyak karena tiket masuk tempat ini sangat terjangkau. Untuk bisa masuk ke wilayah perkebunan cukup mengeluarkan uang 2 ribu saja, uang tersebut untuk membayar tiket masuk mobil. Tetapi kalau wisatawan ingin mengunjungi tempat yang ada di sekitar perkebunan teh harus mengeluarkan uang lagi.

Kebun Teh Malabar mulai buka jam 8 pagi dan tutup jam 6 sore, tempat ini buka dari Senin hingga hari Minggu. Jika pengunjung atau wisatawan ingin menikmati sejuknya udara di perkebunan sebaiknya datang saat pagi hari agar bisa menikmati dinginnya udara dan sejuknya udara di area perkebunan.

Lalu untuk jam operasional wisatanya start dari pukul 08.00 – 17.00 sore dan buka dari hari Senin hingga Minggu. Tetapi untuk para pengunjung sebagainya datang ke sini saat pagi hari supaya bisa menikmati pemandangan yang indah dengan udara pagi yang segar sebab kalau datangnya siang hari maka mataharinya terasa terik.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Kampung labirin bogor

Daya Tarik Wisata Kampung Labirin Bogor Konsep Kampung Tematik

Next Article
Situ cileunca pangalengan bandung

Wisata Cileunca Pengalengan Bandung