Tugu Kartasura Solo: Mengenal Sejarah & Daya Tarik Tugu Kenamaan Solo

Aurelia Liana
Written By Aurelia Liana
Ahli Strategi Digital yang berpengalaman dengan sejarah yang ditunjukkan dalam bekerja di layanan digital dan industri kreatif. Terampil dalam Strategi Digital Kreatif, Copywriting, Periklanan, dan E-commerce. Profesional pemasaran yang kuat dengan gelar Sarjana yang berfokus pada Komunikasi Massa / Studi Media dari The London School of Public Relation.

Bagi kalian masyarakat Solo maupun yang berdomisili di sana tentu tidak asing dengan yang namanya Tugu Kartasura. Tugu tersebut adalah momen kisah sejarah yang sangat erat kaitannya dengan Kota Surakarta.

Walaupun hanya terlihat semacam bangunan monument seperti Tugu Jogja. Namun monument tadi juga menjadi ikon dari Kota Kartasura. Kota ini merupakan kawasan perkembangan untuk kota induknya Surakarta atau Solo yang memang cukup populer.

Kartasura menjadi titik persimpangan untuk jalur utama Solo-Semarang serta Surabaya-Solo-Yogyakarta.

Sekilas Mengenai Wisatanya

Tugu ini merupakan ikon Kota Sukoharjo yang letaknya ada di perempatan jalan jadi bisa dilihat melalui berbagai penjuru. Monumen ini mempunyai bentuk menyerupai pohon warna hitam tanpa daun, untuk bagian puncaknya ada lambang burung garuda yang mempunyai lima panca bagian tengah dadanya (Pancasila).

Patung-patung tadi menghadap pada empat arah mata angin yang berbeda serta gesture yang berbeda pula. Terlihat ada yang siap dengan senjatanya ada pula yang terlihat menunjuk, dasar Tugu Kartasura ini yaitu taman berbentuk bulat.

Daya Tarik

Akan terasa kurang menyenangkan ketika mengunjungi Kota Kartasura tanpa melewatkan kesempatan untuk berfoto di landmark terkenal di kota tersebut. Berfoto tepat di depan monument dapat menjadi sebuah bukti bahwa kalian benar-benar pernah berkunjung kesana.

Berfoto di tugu tersebut tentu saja diperbolehkan namun ingat untuk berhati-hati karena letak tugu tersebut ada di bagian tengah persimpangan jalan. Pemandangan di malam hari tergolong menarik untuk dinikmati.

Kerlap-kerlip lampu yang ada di sekitarnya menambah kesan syahdu serta romantis. Jangan lupa mengabadikan momen di malam hari dan pilih angle yang benar-benar tepat supaya foto terlihat semakin bagus dengan tampilan lampu kota sebagai backgroundnya.

Kuliner

Setelah merasa puas menikmati keindahan Tugu Kartasura dan berfoto disana maka lanjutkan keseruan dengan datang mengunjungi berbagai pusat wisata kuliner terdekat. Di sekitaran tugu ada banyak kios jajanan, restaurant makanan khas solo, penjual minuman kekinian, dan lainnya.

Kuliner serta jajanan yang ditemukan sangat bervariasi dan tergolong komplit mudah ditemui di sekitar tugu. Biasanya saat siang hari kita akan menjual berbagai macam jajanan, namun menjelang malam kios akan berubah menjadi menjual makanan berat.

Fasilitas

Berbicara mengenai Tugu Kartasura memang hanya sebuah monumen yang mana sangat erat dengan kisah sejarah di dalamnya dan tentunya melekat hingga saat ini. Tentunya ini hanyalah monumen tugu maka tidak akan ditemukan fasilitas khusus yang ada disini.

Sebagai contoh toilet umum sudah pasti tidak akan ditemukan. Namun beberapa restaurant di sekitarnya memiliki toilet umum yang ditemukan begitupun dengan area parkir. Terdapat banyak tempat pusat oleh-oleh yang murah dan lokasinya berada cukup dekat dari tugu.

Harga Tiket

Wisata tugu ini merupakan wisata gratis sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun untuk dapat berfoto dan menikmati keindahan Tugu Kartasura ini. namun siapkan uang untuk parkir kendaraan saja, berikut ini adalah informasinya.

  • HTM gratis
  • Parkir mobil Rp5.000
  • Parkir motor Rp2.000

Perlu diketahui disini bahwa tarif retribusi diatas bukanlah tarif permanen jadi itu artinya tarif bisa berubah tentunya sesuai kebijakan dari pengelola.

Rute

Spot yang menjadi kebanggaan warga Kartasura ini berlokasi di Jl. Diponegoro Barat No.19, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Bagi yang ingin berkunjung kesana dari Solo terdapat 4 rute yang bisa dipilih.

Pertama melalui Jalan DR. Radjiman, kedua lewat jalan DR. Radjiman serta Jalan A. Yani. Untuk rute ketiga serta keempat melalui Jl. Raya Solo-Yogyakarta serta Jalan Semarang-Surakarta. Bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung ke Kartasura mungkin akan asing dengan rute tersebut.

Namun jangan khawatir karena saat ini sudah ada layanan online map yang bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan rute ke tugu dengan tepat.

Jam Operasional

  • Jam buka

Saat berkunjung ke spot wisata yang satu ini tidak ada batasan waktu tertentu untuk berkunjung karena operasinya selama 24 jam. Walaupun begitu usahakan untuk memilih waktu yang tepat ketika ingin berkunjung supaya pengalaman liburan yang menyenangkan lebih terasa menyenangkan.

Lokasinya yang berada di persimpangan maka akan lebih baik datang saat malam hari menjelang malam hari dimana jalanan sudah mulai sepi. Seperti yang kalian ketahui bahwa tugu ini sangatlah ikonik dan menjadi tempat favorit saat berkunjung ke Kartasura.

  • Waktu berkunjung

Spot wisata ini beroperasi selama 24 jam penuh, jadi tidak ada batasan waktu berkunjung. Meskipun demikian, alangkah baiknya memilih waktu berkunjung yang pas agar bisa menikmati liburan dengan maksimal, misal ketika malam hari saat jalanan sudah mulai sepi.

Tugu Kartasura ini tidak hanya ikonik namun juga sejarah dibaliknya sangat patut untuk kalian ketahui. Hindari berkunjung pada siang hari, tidak hanya cuacanya yang panas namun juga banyak kendaraan yang berlalu-lalang membuat kalian harus ekstra hati-hati.

Leave a Comment