Pantai Kenjeran Lama: Rute, Jam Operasional dan Harga Tiket

Teuku Ikhlasul Rizkisyah
Written By Teuku Ikhlasul Rizkisyah
Copywriter at Wunderman Thompson. Hobi Travelling

Pantai Kenjeran Lama Surabaya merupakan destinasi wisata pantai yang sangat indah dan banyak dipilih sebagai tujuan wisata bersama keluarga. Keindahan pantai Kenjeran yang masih sangat asri membuat tempat ini sangat cocok untuk healing bersama alam.

Layaknya area pantai, angina di pantai Kenjeran juga sangat menyegarkan, apalagi suasana saat sore hari, sunset I sana termasuk yang paling indah dan aditif sehingga Anda ingin segera ke sana lagi walau Anda baru saja mengunjunginya. Inilah semacam “sihir” yang dimiliki oleh pantai Kenjeran di Surabaya.

Daya Tarik Pantai Kenjeran Lama

Memang benar jika dibandingkan dengan suasana Pantai Kenjeran Baru yang sudah lebih modern, sarana dan wahana di pantai masih kalah baik. Akan tetapi bagi Anda yang ingin berwisata ke sebuah pantai yang masih asri, maka ini adalah lokasi yang tepat. Di sana masih sangat alami dan tidak banyak tambahan-tambahan. Kemudian daya tarik lain dari Kenjeran Lama antara lain:

Tersedianya wisata belanja di sana yang menyediakan banyak souvenir cantik dan menarik yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau kerabat, sekaligus sebagai penanda bahwa Anda sudah mengunjungi salah satu pantai terindah Indonesia. Harganya juga masih bisa ditawar dan yang jelas ada sudah membantu usaha UMKM di sana.

Wahana perahu juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang cukup banyak peminat. Pengalaman berharga sekaligus menyenangkan dan memacu adrenalin bisa Anda rasakan saat menaiki wahana perahu di pantai Kenjeran. Perahu yang digunakan biasanya adalah milik para nelayan yang digunakan untuk berlayar, dan digunakan untuk mencari penghasilan dengan memanfaatkan kedatangan wisatawan.

Saat menaiki perahu Anda akan disuguhkan pemandangan jembatan Suramadu dari sudut pandang laut yang membuat jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura tampak megah dan indah untuk dipandang. Selain pemandangan jembatan, Anda juga menggunakan perahu untuk melihat hamparan pulau pasir yang mengapung di tengah laut dengan indahnya di sana. Siapa yang tidak terkesima saat melihat pemandangan yang seindah itu?

Daya Tarik Kuliner

Selanjutnya adalah adanya wisata kuliner yang tentu saja menjadi tujuan yang tak bisa dilewatkan. Layaknya area pantai pada umumnya, di sana juga ada banyak warung yang menyediakan menu seafood dari hasil laut yang masih segar karena memang dekat dengan laut. Untuk rasanya jangan diragukan lagi, sudah pasti menggugah selera dan harganya juga tak terlalu mahal. Di pantai ini juga terdapat makanan khas Lontong Balap Surabaya yang nikmat.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia di Pantai Kenjeran Lama Surabaya ini cukup lengkap, misalnya wahana perahu yang juga dilengkapi dengan safety vest yang akan meningkatkan keamanan dan berjaga-jaga untuk mengurangi resiko apabila penumpang perahu terjatuh ke laut. Kemudian ada juga sentra makanan dan juga produk hasil laut yang memudahkan pengunjung untuk mencari makanan laut, baik itu untuk dikonsumsi langsung di sana atau untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Selain itu ada juga wahana playground yang bisa dimanfaatkan untuk menyenangkan anak-anak. Pastikan bahwa Anda selalu melakukan pengawasan dengan ketat agar anak tetap dalam keadaan aman dan selamat. Ada juga wahana flying fox yang bisa Anda coba untuk meningkatkan adrenalin. Cukup jarang ada wahana flying fox di area pantai, biasanya flying fox ada di area perbukitan. Maka tak ada salahnya untuk dicoba sensasi flying fox dengan panorama pantai.

Harga Retribusi

Sama seperti destinasi wisata pada umumnya, untuk bisa memasuki area pantai Kenjeran Lama Surabaya, Anda juga perlu membayar tiket masuk. Harga tiket dan retribusi antara lain:

  • Harga tiket masuk : Rp 15.000
  • Harga tiket parkir : Rp 8.000
  • Wahana perahu : Rp 20.000

Rute Menuju ke Pantai Kenjeran Lama

Alamat dari Pantai Kenjeran ini ada di Jalan Raya Pantai Lama Nomor 12, Kenjeran, Bulak, Surabaya. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Kenjeran Baru di daerah Sukolilo. Rute utama yang bisa digunakan untuk menuju ke pantai ini adalah lewat Jalan Kenjeran dan Jalan Wiratno atau bisa juga lewat jalan Cowek yang waktu tempuhnya adalah 30 menit saja.

Bagi yang masih tidak familiar dengan area tersebut, Anda juga bisa menggunakan jasa travel atau bisa juga memanfaatkan teknologi Google Maps yang jauh lebih mudah dan efisien. Sehingga Anda tak akan tersesat saat menuju Pantai Kenjeran Lama.

Jam Operasional Pantai

Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai Kenjeran Lama Anda perlu tahu jam operasionalnya adalah jam 06.00 pagi sampai jam 17.00 sore. Itu adalah durasi waktu yang operasional yang sangat pas untuk Anda, walaupun berwisata di pantai ini memang tak akan pernah cukup waktu.

Pastinya akan lebih bijak jika Anda mempersiapkan segala sesuatunya, dan yang paling penting adalah kondisi kesehatan Anda harus prima, dan didukung dengan ongkos perjalanan yang mencukupi. Semoga ulasan ini membantu!

Leave a Comment