Wisata New Selo Boyolali: Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Penginapan

Riastri Herliana
Written By Riastri Herliana
Berpengalaman di Social Media baik Facebook, Instagram, Youtube, dan familiar dengan platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Memiliki pengalaman sebagai Customer Service Online untuk menangani informasi pelanggan dan menjadi problem solver. Memiliki kemampuan yang kuat dalam penulisan konten, copy writing, dan media sosial.

Wisata Selo Boyolali – New Selo adalah tempat wisata hits yang ada di Boyolali. Wisata Selo Boyolali yang kian populer di kalangan wisatawan ini memiliki pemandangan indah karena lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pemandangan bak dunia fantasi ini membuat banyak wisatawan dari berbagai daerah tertarik untuk datang.

Suasananya begitu asri dengan udara yang sejuk. New Selo menjadi tempat menarik untuk kabur sejenak dari penatnya rutinitas sehari-hari. Wisata alam Selo juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas sehingga pengunjung bisa menikmati liburannya dengan nyaman.

Pemandangan alam yang memukau banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk latar foto. Ditambah lagi dengan spot foto yang instagramable yang benar-benar memanjakan wisatawan yang hobi berfoto. Apalagi yang dimiliki wisata New Selo? Berikut pesona wisata Selo dan informasi selengkapnya untuk Anda.

Daya Tarik

  • Pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Puncak tertinggi Selo menyuguhkan pemandangan spektakuler dari dua gunung terkenal di Pulau Jawa yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Jika wisatawan melihat ke arah selatan, maka pemandangan Gunung Merapi akan terlihat cukup jelas.

Sedangkan di sisi utara, wisatawan dapat melihat Gunung Merbabu yang tinggi menjulang. Lanskap unik ini tentu tidak ditemui di banyak tempat sehingga membuat Selo menarik banyak traveler.

Dua gunung ini memang menjadi yang paling jelas terlihat dari Selo. Namun sebenarnya lereng Selo ini dikelilingi oleh beberapa gunung lainnya seperti Gunung Sindoro, Gunung Lawu, Gunung Sumbing, dan Gunung Telomoyo. Hanya saja untuk gunung-gunung tersebut memang tidak terlalu jelas.

  • Wisata kebun

Daya tarik lainnya adalah agrowisata atau wisata kebun sayur yang ada di sekitarnya. Daerah Selo ini memang memiliki iklim yang pas untuk sayur-sayuran tumbuh dengan baik. Selain melihat perkebunan yang begitu luas, wisatawan juga bisa membeli sayur segar langsung kepada petani sebagai oleh-oleh wisata.

  • Pertunjukan kesenian tradisional

Beberapa pentas seni tradisional bisa Anda saksikan ketika mengunjungi wisata Selo Boyolali. Pertunjukan seni yang biasanya ditampilkan antara lain ketoprak, reog, Tari Prajurit, Jatilan, Turonggo Seto, hingga upacara sedekah bumi.

  • Tuk babon

Saat berlibur ke wisata Selo ini sempatkan juga untuk melihat tuk babon. Daya tarik wisata Selo tersebut merupakan sebuah mata air alami yang digunakan oleh masyarakat Selo dan Cepogo. Selain sebagai sumber air bersih, kini tuk babon juga menjadi salah satu spot foto yang menarik bagi wisatawan.

Wisata Kuliner Selo

Liburan kurang lengkap jika tidak mencoba wisata kulinernya. Ada beberapa makanan khas dari Selo yang bisa Anda coba seperti jadah bakar. Warung-warung makan di sekitar tempat ini menjual beragam makanan lezat antara lain:

  • Tahu dan tempe bacem
  • Jadah bakar asli Selo
  • Buntil
  • Jenang

Alamat dan Rute Menuju Selo

New Selo berada di Desa Samiran, Kecamatan Selo yang lokasinya sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Anda bisa mencapai kawasan wisata Selo Boyolali ini dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

New Selo Boyolali
New Selo Boyolali

Anda bisa mengambil rute menuju Kabupaten Boyolali. Kemudian ambil arah menuju Kecamatan Selo dan langsung lanjut ke wisata Selo. Jika Anda baru pertama kali ke Selo, silahkan gunakan Google Maps untuk mempermudah Anda menentukan rute yang paling cepat dan mudah.

Tempat wisata ini bisa ditempuh dengan mudah menggunakan kendaraan. Jaraknya sekitar 30 menit perjalanan dari alun-alun Kota Boyolali.

Jam Operasional Wisata New Selo

Wisata New Selo di Kabupaten Boyolali ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB sampai 19.00 WIB. Hari libur dan tanggal merah tetap buka, jadi bebas datang kapan saja menyesuaikan jadwal Anda.

Namun waktu terbaik untuk mengunjungi New Selo ini adalah siang hari atau saat cuaca cerah. Pemandangan hijaunya gunung dan perkebunan di lereng gunung akan terlihat lebih indah saat hari terang.

Harga Tiket Masuk New Selo

Wisata Selo Boyolali dapat menjadi alternatif liburan murah untuk Anda. Pengunjung hanya dikenai tarif masuk sekitar Rp 3.000 saja. Anda mungkin hanya perlu menambah biaya untuk retribusi parkir jika membawa kendaraan pribadi.

Fasilitas yang Tersedia

New Selo menawarkan tempat wisata yang fasilitasnya cukup lengkap. Tempat parkir khusus untuk wisatawan sudah disediakan. Area parkir cukup luas untuk menampung sepeda motor, mobil, hingga bus.

Fasilitas penunjang seperti kamar mandi, toilet umum, dan mushala juga sudah tersedia. Tempatnya pun cukup terawat sehingga nyaman untuk digunakan.

Jika ingin makan atau membeli minum, fasilitas warung makan mudah sekali ditemukan. Begitu juga dengan penjaja makanan dan minuman ringan yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengganjal perut.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata New Selo di Boyolali yang semakin hits di kalangan wisatawan. Siap untuk liburan seru ke Selo? Siapkan kamera untuk mengabadikan perjalanan wisata Selo Boyolali Anda berikutnya.

Leave a Comment