Pantai Modangan – Jika Anda melakukan perjalanan wisata ke kota Malang, khususnya di perbatasan antara Blitar dengan Malang akan menemukan satu pantai yang terkenal dengan keindahan pemandangan alamnya. Adalah pantai Modangan, salah satu kawasan wisata yang keindahannya bisa dinikmati dengan beberapa cara diantaranya adalah melihat pantai dengan menggunakan paralayang, bermain air dan pasir di tepian pantai hingga menikmati keindahan alam laut dari atas bukit.

Daya Tarik Wisata Pantai Modangan Malang

Wisata pantai ini mempunyai aliran sungai yang memiliki muara langsung ke area pantai sehingga menjadi daya tarik utama dari wisata pantai di Malang ini. Nama Modangan diambil dari sebutan yang diberikan oleh pasukan Pangeran Diponegoro setelah berlangsungnya perang Diponegoro. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang dimiliki pantai Modangan ini.

1.  Struktur pantai yang unik

Pantai ini juga mempunyai struktur yang berbeda dengan pantai pada umumnya, yaitu struktur batuan kapur jenis andesit yang berasal dari lelehan lahar gunung berapi yang sudah membeku sekian lamanya.

2. 2 Jenis permukaan pantai yang berbeda

Daya tarik lainnya dari pantai ini adalah permukaan pantai. Dimana pada bagian sisi bagian kiri pengunjung bisa menikmati hamparan pasir putih yang bersih dan lembut. Sedangkan di bagian sisi kanan pemandangan bebatuan hitam yang indah dilengkapi dengan sebuah muara air yang terlihat sangat jernih.

3. Bisa melihat aksi paralayang

Pantai ini juga kerap dijadikan arena berlatih para atlet olahraga paralayang. Selain itu, di wisata pantai ini juga kerap diadakan lomba olahraga paralayang untuk tingkat regional dan nasional karena mempunyai arah dan kecepatan angin yang stabil.

4. Spot berfoto yang kekinian

Di pantai Modangan juga tersedia spot berfoto yang unik dan instagrammable yang bisa Anda gunakan untuk berburu foto ala kekinian. Diantaranya adalah untuk berfoto dari spot gardu pandang dengan pemandangan pantai yang bisa dilihat dari atas ketinggian.

5.  Wisata halal

Di wisata pantai ini juga tersedia area khusus untuk berkemah atau untuk menginap di gazebo namun dengan syarat hanya bisa dipakai oleh pasangan yang sudah menikah secara resmi. Jadi untuk Anda yang berencana menginap, sebaiknya siapkan buku nikah untuk menunjukkan bukti menjadi pasangan yang sah dan bisa menginap di sana.

Wisata Kuliner Pantai Modangan yang Khas dan Lezat

Di sepanjang pantai ini akan ditemui beberapa gazebo yang nyaman untuk ditempati sembari menikmati sajian kuliner khas Malang beserta minuman yang segar. Anda juga bisa menemukan beberapa penjual makanan dengan sajian hasil laut yang bisa dimasak dengan berbagai resep yang nikmat dan enak.

Harga Tiket Masuk Pantai Modangan Malang

Untuk bisa menikmati liburan di pantai eksotis yang ada di Malang ini, Anda tak perlu mengeluarkan budget biaya yang mahal. Karena harga tiket masuk ke wilayah pantai Modangan ini adalah sebesar Rp.10.000,- /orang pengunjung.

Jam Buka Wisata Pantai Modangan Malang

Jika Anda berencana datang berwisata ke pantai ini, direkomendasikan untuk datang di pagi atau sore hari ketika matahari bersinar tak begitu terik. Namun perlu diketahui bahwa wisata pantai ini buka selama 24 jam penuh, yang artinya Anda bisa datang kapan saja menginginkan berada di pantai yang indah ini.

Fasilitas Umum di Wisata Pantai Modangan

Untuk kenyamanan semua pengunjung yang datang berwisata ke pantai ini tersedia beberapa fasilitas umum yang disediakan oleh pengelola pantai Modangan dengan memadai. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kamar mandi dan toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Area parkir yang luas
  • Spot berfoto yang instagrammable
  • Area berkemah
  • Homestay
  • Sewa ATV dan olahraga paralayang
  • Gazebo yang nyaman untuk pengunjung

Rute Menuju Wisata Pantai Modangan Malang

Untuk menuju wilayah pantai wisata Modangan, diperlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Jika Anda berangkat dari arah kota Malang, maka bisa memilih jalur menuju area Kepanjen.

Kemudian Anda bisa masuk ke jalur Sumber Pucung dan Karangkates untuk kemudian akan sampai di area Donomulyo. Lalu tinggal ikuti arah petunjuk jalan untuk mencapai wisata pantai Modangan ini.

Pantai Modangan Photo
Pantai Modangan Photo

Khusus untuk Anda yang datang dari arah Malang, dianjurkan untuk menggunakan sarana transportasi sepeda motor untuk melanjutkan perjalanan menuju Kepanjen dan memilih jalur menuju arah bendungan Sengguruh. Setibanya disana Anda akan menemui pertigaan Pagak, lalu melanjutkan ke arah pasar Donomulyo. Dari pasar tersebut ambil arah kanan yang menuju ke arah Wates atau Blitar kurang lebih sepanjang 2 km.

Jika sudah masuk ke area gerbang desa, tidak berapa lama Anda akan sampai di pertigaan pasar Ngelih. Ambil arah kiri kemudian ikuti jalan desa hingga mencapai perempatan jalur Lingkar Selatan. Kemudian dari area tersebut bisa mengambil arah ke kanan untuk mendapatkan jalur petunjuk arah yang menuju ke pantai Modangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *