Wisata Pantai Batu Bengkung Malang, Wajib dikunjungi Saat Ke Malang!

Riastri Herliana
Written By Riastri Herliana
Berpengalaman di Social Media baik Facebook, Instagram, Youtube, dan familiar dengan platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Memiliki pengalaman sebagai Customer Service Online untuk menangani informasi pelanggan dan menjadi problem solver. Memiliki kemampuan yang kuat dalam penulisan konten, copy writing, dan media sosial.

Pantai Batu Bengkung Malang – Salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi pada saat Anda sedang di kota Malang yaitu ada Pantai Batu Bengkung yang merupakan salah satu pantai populer yang ada di Malang. Pantai ini merupakan salah satu yang masih asri dan juga sepi pengunjung sehingga pantai ini masih sangat bersih karena tidak banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

Seringkali saat berkunjung ke pantai yang ada hanyalah sampah seperti pemandangan tetapi di pantai ini ya Anda akan menikmati pemandangan yang begitu memukau.

Sekilas Tentang Pantai Batu Bengkung

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang punya ombak besar dan juga kencang sehingga akan cukup berbahaya jika Anda pergi terlalu ke tengah pantai.

Tempat ini punya kontur karang yang cukup unik dan Anda bisa bermain di tempat ini dan masih dalam pengawasan tim SAR.

Pemandangan Pantai Batu Bengkung
Pemandangan Pantai Batu Bengkung

Pantai ini bernama batu bengkung dan ternyata nama tersebut diambil dari bentuk pantai ini yang cukup unik. Garis pantai serta batu karang yang besar di tempat ini tampak seperti perut yang diikat atau di bengkung oleh stagen.

Daya Tarik Pantai

Pantai ini juga tentunya punya daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan datang ke tempat ini. Apa sajakah daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini? Berikut beberapa alasannya!

  • Sunset Yang Indah

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh pantai ini yaitu pemandangan Sunset yang begitu indah. Pantai ini kerap kali dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati momen Sunset atau matahari terbenam karena pantai ini menghadap ke arah barat. Dari pantai ini bahkan terlihat sangat jelas tanpa ada penghalang. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati makanan atau sambil bercanda dan menikmati senja. Suasana langit di sore hari sangat romantis dan jadi momen yang ditunggu oleh wisatawan. Tentu saja momen ini merupakan salah satu yang wajib untuk diabadikan menjadi sebuah foto.

  • Kolam Alami

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Pantai Batu Bengkung yaitu punya kolam alami. Kolam alami ini terbentuk dari ombak yang mengenai batu karang sehingga yang tertahan tersebut akan secara alami membentuk kolam. Tembok Karang ini punya kedalaman sekitar 1,5 meter dan seringkali digunakan pengunjung untuk berenang.

Bagi pengunjung yang ingin berenang di kolam alami yang ada di pantai ini tentu saja harus mematuhi protokol keselamatan yang sudah dibuat oleh petugas setempat sehingga bisa menghindarkan dari resiko bahaya saat sedang bermain dan berenang.

  • Bukit Karang

Bukit Karang merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Batu Bengkung ini. Jika Anda bosan bermain air di pantai maka Anda bisa coba mendaki bukit karang yang ada di tempat wisata ini. Dengan begitu pemandangan indah, lautan luas akan terlihat dengan jelas.

Bukit Karang ini merupakan salah satu spot favorit bagi para wisatawan untuk mengambil foto karena memang latar belakangnya yang sangat indah. Tetapi Anda perlu berhati-hati saat ingin mendaki ke puncak bukit karena memang jalan yang dilalui sempit serta berada di tepian.

  • Camping

Salah satunya juga jadi daya tarik dari tempat ini yaitu camping. Banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini untuk camping di pinggir pantai menikmati santai sembari menyalakan api unggun. Memang suasana akan sangat syahdu pada malam hari di pantai.

Jika ingin camping di tempat ini maka Anda perlu mempersiapkan sendiri peralatan yang harus dibawa untuk camping karena belum ada tempat penyewaan di sekitar pantai ini.

Jika Anda lelah dan ingin beristirahat maka bisa mengunjungi tempat makan yang ada di sekitar pantai dengan menu seafood dan ikan laut yang tentunya masih sangat segar. Harganya juga cukup terjangkau tapi rasanya sangat luar biasa terlebih lagi karena dinikmati di pinggir pantai.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Batu Bengkung maka harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 dan tarif parkir untuk sepeda motor sebesar Rp5.000 dan mobil sebesar Rp10.000. Tarif tersebut mungkin bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pengelola tempat wisata.

Jam operasional dari pantai ini sendiri buka selama 24 jam. Sehingga Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini kapan pun Anda mau baik itu pagi, siang, sore, ataupun malam hari karena buka selama 24 jam penuh.

Lokasi Wisata

Wisata pantai ini terletak di Jalur Lintas Selatan, RT 42 RW 05, Hutan, Desa Gajah Rejo, Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Jarak pantai ini dari pusat Kota Malang sendiri yaitu 64 km dan waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih selama 2 jam.

Itulah beberapa informasi terkait dengan Pantai Batu bengkung yang ada di kota Malang.

Leave a Comment