Pantai Surumanis Kebumen, Solusi Wisata Pantai Dijamin Affordable

Ade Kurnia Irawan
Written By Ade Kurnia Irawan
Menjadi penulis konten lepas selama kurang lebih 2 tahun memberikan saya kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai topik tulisan. Saya pernah menulis berbagai artikel di media online dan blog.

Anda sedang membutuhkan wisata pantai yang affordable untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta Anda? Tenang saja, untuk Anda yang bertempat tinggal di daerah Kebumen dan sekitarnya, Anda bisa mencoba untuk mengunjungi Pantai Surumanis Kebumen.

Informasi kali ini akan membahas informasi seputar lokasi wisata, harga tiket masuk dan jam operasional, fasilitas di lokasi, hingga daya tarik dari tempat wisata tersebut. Banyak sekali pantai yang bisa ditemukan di Kebumen, kali ini akan disarankan Pantai Surumanis.

Pantai Surumanis merupakan deretan pantai laut selatan yang mempunyai keindahan menakjubkan. Letaknya yang berada di laut selatan membuat pantai ini mempunyai ukuran ombak cukup besar, dengan pasir putih dan bebatuan karang yang tampak eksotis.

Lokasi dan Rute Pantai Surumanis

Awalnya pantai ini memang hanya diketahui oleh masyarakat sekitar saja, namun saat ini sudah banyak wisatawan yang berasal dari daerah yang berbeda berkat kemajuan informasi dan teknologi. Pantai ini berlokasi di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Tepatnya, pantai ini terletak bersebelahan dengan pantai Pacaron. Untuk bisa mencapai lokasi pantai ini terbilang masih ekstrim karena harus melewati jalur bukit terjal. Jika membawa kendaraan pribadi, maka pastikan kembali kendaraan Anda dalam kondisi sehat, kuat dan prima.

Pantai Surumanis Kebumen Photo
Pantai Surumanis Kebumen Photo

Rute yang bisa Anda gunakan jika berjalan dari arah Kota Kebumen, maka Anda ambil arah menuju pantai Petanahan dan pantai Suwuk. Setelah itu menuju pantai Karang Bolong, dilanjutkan menuju ke pantai Ayah dan ikuti jalurnya hingga menemukan tanjakan.

Jika Anda sudah menemukan gerbang masuk ke pantai Pacaron, sejauh 1 kilometer bisa sampai Pantai Surumanis. Di sinilah, Anda perlu hati-hati melalui jalurnya saat menaiki tanjakan.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Surumanis

Tempat wisata ini juga mempunyai tiket masuk yang dipatok, dimana harga untuk bisa masuk ke dalamnya terbilang terjangkau, yaitu :

  • Tiket masuk sebesar 5.000/orang
  • Parkir motor sebesar 2.000/motor
  • Parkir mobil sebesar 5.000/mobil

Biaya tiket masuk ini berlaku dengan tujuan untuk meningkatkan sarana-prasarana dan juga digunakan untuk kebersihan lokasi wisata. Pengunjung juga diminta untuk tetap menjaga kebersihan wilayah wisata, sehingga orang lain juga masih bisa menikmati keindahan wisata tersebut.

Daya Tarik Pantai Surumanis Bagi Wisatawan

Pantai ini termasuk pantai yang tersembunyi namun memukau. Anda bisa menemukan salah satu tempat surga yang bisa membuang rasa penat dan lelah Anda. Terlebih tempat wisata ini masih terasa asri dan alami dengan batuan karang dan pepohonan hijau.

Pantai Surumanis juga mempunyai daya tarik yang bisa dinikmati wisatawan, antara lain :

  • Pantai dengan bentuk teluk

Pantai ini menyerupai bentuk teluk, bentuk in membuat pantai mempunyai ombak kecil yang jinak diantara pantai lainnya di Kebumen. Adanya bebatuan karang juga bisa memecah ombak untuk bisa sampai ke bibir pantai

  • Perbukitan hijau dengan pepohonan

Masih sedikit orang yang mengetahui tempat yang satu ini, sehingga pantai ini masih terjaga dan nyaman. Anda bisa merasa tenang saat mengunjungi dan menikmati pantai tersebut.

  • Batuan karang

Pantai ini termasuk mempunyai batuan karang yang terbentang sepanjang pantai. Batuan karang ini terlihat eksotis dan bisa menjadi pelengkap foto Anda

  • Pemandangan bukit

Ketika Anda berada di pantai, maka Anda bisa jadikan pemandangan bukit menjadi background foto Anda. Berbeda cerita jika posisi Anda berada di atas bukit, maka Anda bisa menyaksikan secara keseluruhan pantai tersebut dan bisa Anda jadikan sebagai latar foto Anda

  • Adanya spot foto

Tentu disediakan spot foto corner yang menarik dan bisa Anda gunakan untuk mengabadikan momen.

Daya tarik ini yang bisa Anda temukan di sini, Anda belum tentu bisa mendapatkannya di pantai yang lainnya.

Fasilitas yang Diberikan di Pantai Surumanis

Tempat wisata tentunya akan dibantu dan dilengkapi dengan fasilitas untuk pengunjungnya. Anda bisa menemukan fasilitas di tempat wisata ini berupa :

  • WC atau Kamar mandi
  • Mushola
  • Warung
  • Wahana baru untuk bermain dan berfoto

Dengan dukungan fasilitas yang diberikan dari pihak pengelola wisata, maka aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah berfoto pada spot yang sudah disediakan, bermain pasir, menikmati pemandangan indah dari atas bukit, olahraga, berenang, bahkan Anda juga bisa berkemah.

Kuliner yang bisa Anda temukan tentunya masih seputar makanan seafood, namun biasanya Anda bisa menemukan makanan lain seperti mendoan, gado-gado, pecel, dan terpenting adalah kelapa muda. Anda bisa menikmati pemandangan sambil menyantap kuliner yang tersedia di sana.

Itulah informasi terkait Pantai Surumanis yang bisa Anda masukan sebagai salah satu list kunjungan berlibur Anda. Jika ingin lebih lama di pantai, sekitar tempat wisata juga sudah banyak tempat penginapan yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa menikmati pemandangan indah pantai sepuasnya.

Perhatikan lingkungan sekitar Anda dan keselamatan Anda saat berkunjung ke sana, meskipun dikatakan ombak kecil namun tetap harus waspada.

Leave a Comment