Pantai Karang Bolong – Jawa Tengah adalah provinsi di Pulau Jawa dengan ibukota di Semarang. Terdapat beberapa pantai indah yang kerap menjadi incaran para wisatawan. Salah satu pantai yang cukup terkenal di Jawa Tengah tepatnya di wilayah Kebumen adalah Pantai Karang Bolong.

Pantai ini menyajikan keindahan pantai yang dikelilingi bukit cukup lebat. Keunikan lainnya adalah sebuah goa yang terkenal menjadi sarang burung walet. Goa ini dikenal dengan nama Goa Karang Bolong yang berlokasi di sisi sebelah timur dari pantai.

Kondisi pantainya masih sangat alami dan di tengah pasirnya terdapat patung dengan warna keemasan berikut deretan warung-warung makanan dan minuman sederhana.

Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong

Nama pantai ini sendiri tak hanya ada di Kebumen saja, namun juga ada di beberapa daerah lainnya seperti di Sukabumi serta di Banten. Ikuti pembahasan lengkap tentang pantai yang berlokasi di wilayah Kebumen, Jawa Tengah berikut ini.

Daya Tarik Pantai Karang Bolong Kebumen

Beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Karang Bolong Kebumen antara lain:

  • Alamnya Masih Alami

Pantai ini berlokasi di sekitar perbukitan yang cukup tinggi dengan pepohonan yang lebat pada bukit tersebut. Pasir yang ada di pantainya berwarna kehitaman dengan debur ombak yang cukup besar.

Saat berada di pantai ini Anda tak diperbolehkan untuk bermain air atau mandi di tepi pantai, sebab mempunyai arus balik yang sangat kuat dan dikhawatirkan Anda akan terseret ombak saat bermain air.

Pantai Karang Bolong Jalan
Pantai Karang Bolong Jalan

Akan tetapi Anda bisa menikmati keindahan alam yang ada di pantai ini dengan duduk di sebuah gazebo atau saung sederhana yang ada di sekitar tepi pantai.

Menikmati luasnya lautan yang terhampar di depan mata, berikut kesejukan bukit-bukit yang mengitari lokasi pantai ini. Selain itu kehadiran batu karang yang telah berlubang (bolong) pada bagian tengahnya karena kikisan air laut.

  • Mengunjungi Goa Karang Bolong

Dengan adanya sebuah goa yang terbuat dari batu karang dan menembus ke pantai di sebelahnya, yaitu Pantai Suwuk, warga sekitar pun memberi nama pantai ini dengan nama Pantai Karang Bolong. Hal ini karena adanya Goa Karang Bolong.

Goa Karang Bolong ini mempunyai panjang sekitar 30 meter dengan lebar sekitar 10 meter serta ketinggian hingga 5 meter. Anda akan masuk ke goa yang dipenuhi sarang burung walet. Di lokasi sekitar goa tersedia tempat duduk bagi Anda yang ingin menikmatinya lebih lama.

Bahkan saat air sedang surut Anda bisa menuju Pantai Suwuk dengan mudah, akan tetapi bila air sedang pasang jangan mencobanya ya!

  • Hunting Spot Foto

Aktivitas seru yang tak boleh Anda lewatkan tentunya hunting spot-spot yang menyenangkan untuk diabadikan ke dalam dokumentasi foto ataupun video. Anda bisa berfoto dengan latar belakang keindahan pantai ini dan Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang tulisan Karang Bolong Kebumen.

Fasilitas Pantai Karang Bolong Kebumen

Secara umum fasilitas yang tersedia di pantai ini antara lain:

  • Lahan parkir cukup luas
  • Saung atau gazebo sederhana
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Warung-warung penjual makanan dan minuman

Harga Tiket Pantai Karang Bolong Kebumen

Berikut harga tiket masuk ke pantai ini:

  • Tiket masuk cukup membayar Rp 5.000 per orang
  • Parkir motor membayar Rp 5.000 per unit
  • Parkir mobil membayar Rp 10.000 per unit

Rute ke Pantai Karang Bolong

Lokasi pantai ini tepatnya ada di Desa Karang Bolong, Kec. Buayan, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Rute untuk pergi ke Pantai Karang Bolong Kebumen ini cukup mudah untuk diakses, bila Anda berkendara dari Yogyakarta arahkan kendaraan ke Jalan Deandles.

Lalu Anda hanya perlu menuju Pantai Suwuk dengan melalui Alun-Alun Karangbolong. Berikutnya Anda akan menjumpai pertigaan, belok ke arah kanan. Tetaplah berada di jalur tersebut sampai Anda menjumpai lokasi pantai ini.

Jam Buka Pantai Karang Bolong

Waktu atau jam operasional pantai ini buka setiap hari Senin sampai Minggu dari pukul 09.00 sampai pukul 17.00.

Tips Wisata ke Pantai Karang Bolong Kebumen

Berikut kami sampaikan beberapa tips wisata bagi Anda yang akan berkunjung ke pantai ini:

  • Hormati kepercayaan atau adat yang diyakini oleh warga sekitar.
  • Hindari perbuatan yang bisa merugikan diri sendiri ataupun orang lain.
  • Patuhi peraturan dari pengelola pantai ini untuk tak bermain air di pantai ataupun berenang.
  • Siapkan gadget Anda guna mendokumentasikan keindahan pantai ini.
  • Menjaga kebersihan dan keasrian dari area Pantai dan Goa Karang Bolong.

Walaupun mungkin pantai ini menyimpan banyak misteri, namun tetap bisa menjadi lokasi wisata yang tepat untuk rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari karena ketenangan alamnya. Dengan duduk bersantai di gazebo yang tersedia di Pantai Karang Bolong sambil melihat debur ombak yang cukup besar, benar-benar sangat menyenangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *