Pantai Boom Banyuwangi, Destinasi Wisata Menarik Di Timur Pulau Jawa

Teuku Ikhlasul Rizkisyah
Written By Teuku Ikhlasul Rizkisyah
Copywriter at Wunderman Thompson. Hobi Travelling

Pantai Boom – Mengunjungi Banyuwangi, Jawa Timur memang akan selalu membawa kesan tersendiri, terutama jika berwisata ke sejumlah destinasi alamnya. Salah satunya Pantai Boom yang berada di kawasan pesisirnya, dan banyak dianggap sebagai pantai di wilayah Banyuwangi yang ikonik.

Pantai yang tak pernah sepi oleh pengunjung ini memang dikenal mempunyai pemandangan yang indah. Terletak di selatan pelabuhan Ketapang, membuat kita bisa melihat sejumlah aktivitas kelautan dari jarah jauh. Tentu pemandangan seperti ini akan jarang ditemukan di berbagai pantai lainnya.

Pantai Boom Banyuwangi
Pantai Boom Banyuwangi

Rute dan Harga Tiket

Dahulu, pantai cantik ini merupakan salah satu pelabuhan penting untuk mengangkut berbagai angkutan seperti kopra dan kapal nelayan. Tidak mengherankan jika sampai saat ini masih terdapat beberapa dermaga pelabuhan, gudang, hingga tempat pelelangan ikan bekas.

Menariknya, di beberapa tempat kawasan pantai terdapat beberapa monumen dan tempat bersejarah seperti Tugu Inkai, Taman Makam Pahlawan, hingga Mercusuar.

Pantai cantik yang satu ini masuk ke dalam wilayah administratif Desa Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan pantai ini sendiri berada di bagian timur Kota Banyuwangi sehingga Anda bisa mengikuti rute dari Simpang Lima Banyuwangi, kemudian ke arah Jl. Dr. Sutomo sampai menemukan Taman Blambangan.

Pantai Boom Jembatan
Pantai Boom Jembatan

Melajulah sampai pertigaan, kemudian belok kiri menuju Jl. RA Kartini dan lanjut ke Jl. Nusantara sampai Jl. Ikan Cucut. Jika sudah menemukan tugu bertuliskan Pantai Boom, belok ke kiri dan ikuti jalan. Pantai ini ada di sebelah kanan jalan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dijalankan

Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan pantai, namun juga kawasan dermaga kapal pesiar yang ada di dekat kawasan pantai. Selain itu, ada sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini dengan lebih menyenangkan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama teman maupun keluarga.

1. Berburu foto estetik

Meskipun berupa pantai, nyatanya kawasan wisata ini menyimpan berbagai spot foto yang menarik dan estetik sehingga sayang jika Anda lewatkan. Salah satunya, yakni jembatan lintas berbentuk spiral yang merupakan ikon dan landmark dari pantai ini.

2. Bersantai memandang lautan

Anda juga dapat bersantai di tepian pantai sambil memandang ombak yang tidak terlalu besar dan pulau Bali dari kejauhan. Tersedia juga beberapa kursi dengan payung-payung untuk bersandar yang dapat disewa dengan harga Rp20.000.

3. Bersepeda keliling pantai

Pengelola Pantai Boom juga memiliki beberapa sepeda yang dapat Anda sewa dengan tarif mulai dari Rp20.000 per jam. Tentunya, akan sangat menyenangkan dapat mengelilingi pantai sambil bersepeda. Jika datang sore hari, Anda dapat menikmati panorama matahari senja yang memukau.

4. Bermain air dan pasir di tepi pantai

Main-main ke pantai tidak afdol jika tidak bermain air atau sekadar bermain pasir. Pantai ini memiliki jenis pasir berwarna gelap dengan gradasi keabuan yang berkilau. Ombaknya juga tidak terlalu besar sehingga masih relatif aman, asalkan tidak berenang terlalu ke tengah.

5. Mengunjungi tempat bersejarah

Puas bermain-main di pantai, Anda dapat berwisata sejarah maupun uji nyali ke beberapa tempat yang ada di sekitar pantai. Selain taman makam Wisma Raga Laut, ada juga sebuah tugu untuk memperingati terjadinya tragedi Inkai yakni hilangnya peserta latihan Karate Banyuwangi karena ditelan ombak pada tahun 80-an silam.

Fasilitas yang Tersedia

Jika bicara mengenai suatu tempat wisata, tentunya kita akan melihat juga fasilitas yang tersedia. Di Pantai Boom ini, selain tempat parkir yang memadai juga akan kita temui sejumlah warung dan kedai yang menjajakan berbagai makanan dan minuman ringan. Selain itu, ada juga beberapa fasilitas umum lainnya seperti:

  • Penyewaan sepeda
  • Penyewaan kuda
  • Gazebo dan tempat duduk
  • Tempat sampah
  • Toilet

Tips Berkunjung

Supaya liburan Anda bersama keluarga semakin menyenangkan di pantai yang eksotis ini, ada baiknya menerapkan beberapa tips sebagai berikut.

  1. Bawalah topi, kacamata hitam, dan sunscreen. Perlengkapan ini bisa meminimalisir kulit terkena matahari langsung sehingga kering atau belang. Terlebih, cuaca di pantai ini cenderung terik.
  2. Pakai pakaian yang berbahan lebih tipis namun menyerap keringat. Cuaca yang panas tentu akan lebih nyaman jika Anda menggunakan pakaian yang pas. Jika terlalu tebal, tubuh akan semakin gerah.
  3. Bawa bekal makanan dan minuman, terutama jika Anda ingin berlibur dengan lebih hemat. Di sepanjang pantai sejatinya banyak berjejer warung dan kedai makanan, namun tidak ada salahnya juga jika Anda membawa beberapa makanan dari rumah untuk berpiknik
  4. Datang ketika cuaca sedang tidak terlalu panas seperti di pagi hari atau sore hari. Terlebih, jika Anda ingin mengunjungi jembatan lintas yang estetik maka sore hari merupakan waktu yang paling tepat sehingga Anda dapat melihat sunset Pantai Boom yang menawan.

Leave a Comment