Indahnya Kebun Teh Sukawana di Kawasan Lembang, Bandung

Avatar of k setiawan
Kebun teh sukawana bandung jawa barat
Kebun Teh Sukawana Bandung Jawa Barat

Jika Anda berkunjung ke Bandung, tempat-tempat wisata apa saja yang terpikirkan oleh Anda? mungkin saja Trans Studio, atau wisata alam Lembang, ataukah gedung sate, gedung ikonik kota Bandung. Tetapi, jika Anda adalah orang yang lebih suka wisata alam yang sejuk di daerah pegunungan, maka Anda harus coba deh untuk menikmati indahnya kebun teh Sukawana di kawasan Lembang, Bandung.

Lembang sendiri merupakan salah satu kawasan wisata yang terkenal di Bandung, menjadi ikonik wisata alam dan pegunungan di daerah Bandung. Banyak wisata alam yang terkenal di kawasan Lembang, Bandung mulai dari Dago Tea house, Farmhouse Lembang, dan perkebunan teh Sukawana.

Nah, salah satu destinasi wisata yang sedang trend populer, dan harus Anda datangi adalah kawasan kebun teh Sukawana Lembang Bandung yang satu ini.

Salah satu keunggulan dari objek wisata ini, selain dari keasrian, dan kesejukannya, adalah jaraknya yang dekat dari kota Bandung. Estimasi perjalanan adalah 1 Jam menggunakan kendaraan bermotor dari kota Bandung. Perjalanan melewati area Lembang yang sejuk, dan dingin pastilah akan memuaskan hasrat travelling Anda.

Untuk lokasi pastinya, tentu saja Anda bisa cek di berbagai aplikasi navigasi dan maps seperti Google maps, untuk melihat tentang rute perjalanan dari kota Bandung menuju ke objek wisata alam kebun teh Sukawana.

Apa saja yang menarik dari perkebunan teh Sukawana Lembang Bandung ini, lokasi, harga tiket masuk, dan apa saja yang ditawarkan dari perkebunan teh yang terletak di Lembang Bandung? Berikut informasi lengkap destinasi wisata alam yang sejuk yang satu ini

Baca Juga:  Destinasi Wisata Kembang Langit Park Batang Jateng

Lokasi, Harga Tiket Masuk, Dan Informasi Destinasi Wisata Perkebunan Teh Sukawana

Selain lokasinya yang sejuk, asri layaknya sebuah kebun di pegunungan, kawasan perkebunan teh Sukawana juga sangatlah instagramable, dengan banyaknya spot foto yang indah, tidak tergantikan, dan yang pastinya tidak bisa Anda lewatkan untuk diabadikan ke dalam foto, video, atau Instagram story.

Banyak wisatawan yang datang ke kebun teh Sukawana hanya untuk berfoto-foto ria, mengabadikan momen dengan pemandangan yang instagramable. Jika Anda mencari tempat dan momen indah untuk di abadikan di Instagram, Anda harus coba kebun teh yang satu ini.

Lahan dari perkebunan teh Sukawana sangatlah luas, dengan total area lahan lebih dari 10 hektare, menjadikan area perkebunan teh ini spot foto idaman.

Lokasi Perkebunan Teh Sukawana

Kawasan perkebunan teh Sukawana adalah kawasan perkebunan teh yang dinaungi oleh PTPN VIII, masuk ke dalam kawasan bukit unggul, di daerah Parongpong, Lembang di Bandung. Dahulu, nama daerah ini adalah ‘Pangheotan’, diambil dari nama Van Houten, seorang meneer Belanda, pemilik perkebunan teh di kawasan ini.

Sekarang, pemerintah melalui PTPN VIII menyebut daerah ini dengan Sukawana, dan kawasan perkebunan teh ini juga dilengkapi dengan pengeringan teh, pabrik pengolahan teh modern. Teh yang dihasilkan di kawasan perkebunan ini bahkan akan di ekspor ke berbagai negara lain di dunia.

Kebun teh Sukawana beralamat di Kertawangi, Cisarua, kecamatan Bandung Barat, Bandung, Jawa Barat. Perkebunan ini terbuka untuk umum selama 24 jam. Untuk pergi ke perkebunan teh ini, Anda bisa

Sejarah Perkebunan Teh Sukawana, Lembang Bandung

Awalnya kebun teh Sukawana, merupakan perkebunan teh yang dimiliki, dan dikelola oleh Belanda. Dulunya perkebunan ini dimiliki oleh seorang ‘meneer’ Belanda atau juragan pemilik perkebunan bernama Van Houten, karena itu dulunya daerah ini dinamakan Pangheotan.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Wisata di Grobogan

Setelah Indonesia merdeka dari jajahan Belanda, pemerintah mengambil alih kepemilikan dari perkebunan teh Pangheotan, dan mengganti namanya menjadi perkebunan teh Sukawana. Pemerintah juga menugaskan Badan Usaha Milik Negara: PTPN VIII sebagai pengelola dan pemilik resmi dari perkebunan teh Sukawana.

Hingga sekarang, perkebunan teh Sukawana dikelola oleh BUMN, serta dijadikan juga sebagai objek wisata alam, dan sekarang terbuka untuk umum siapa pun berwisata ke perkebunan teh ini.

Suasana Yang Ditawarkan Oleh Perkebunan Teh Sukawana, Lembang

Bandung terkenal dengan wisata alam yang sejuk, dan asri, salah satunya seperti Curug Cimahi, Kebun Teh Rancabali, Curug Tilu Lewi Opat, dan Perkebunan Teh Sukawana ini. Dikarenakan lokasinya yang merupakan dataran tinggi, tentunya suasana yang ditawarkan adalah suasana asri pedesaan, perkebunan yang sangat jauh berbeda dengan bising dan polusi perkotaan. Karena itulah banyak para pelancong yang mencari suasana asri alami dari perkebunan teh Sukawana ini.

Suasana alam yang masih asri dan terjaga ini memberikan kesan suasana yang berbeda pula, dan merupakan hal yang dicari para pecinta wisata alam. Setelah jenuhnya beraktivitas di ibukota, jenuh dengan kebisingan dan polusi di kota besar, maka Anda pasti akan lebih menikmati udara segar pegunungan yang bisa Anda nikmati di perkebunan teh Sukawana yang satu ini.

Suasana yang sejuk nan asri ini membuat Anda akan sangat nyaman berwisata kesini, menikmati pemandangan pegunungan dan pedesaan, serta berjalan di tea walk yang tidak bisa Anda dapatkan di sembarang tempat.

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Di Perkebunan Teh Sukawana?

Nah, apa saja yang bisa dilakukan di perkebunan teh Sukawana? Tentunya tidak hanya menikmati panorama dan suasana ala kebun teh yang menyejukkan badan dan pikiran, tetapi juga ada berbagai hal yang bisa dilakukan di kebun teh ini, seperti tea walk, berfoto ria di kebun teh yang instagrammable, dan aktivitas lainnya. Pihak pemerintah juga sudah menyediakan berbagai spot camping, outbound, dan spot foto menarik yang bisa dicoba. Nah seperti apa saja sih keseruannya?

Baca Juga:  Review Cafe Sudut Pandang Bandung Hit Dan Kekinian

Camping Di Spot Camping Kebun Teh

Jika Anda suka camping, maka Anda bisa mencoba camping di daerah perkebunan teh Sukawana. Pihak pengelola kebun teh memiliki camping spot yang sudah disediakan, dengan spot yang indah, serta cocok untuk menikmati asrinya camping di perkebunan teh.

Tea Walk

Tea walk adalah salah satu aktivitas seru yang wajib dicoba, saat berkunjung ke kebun teh. Berjalan diantara barisan tanaman teh, dengan jalan setapak yang disediakan, berfoto ria diantara rimbunnya daun teh.

Bersepeda santai

Anda juga bisa membawa sepeda Anda, untuk melintasi track sepeda di kebun teh yang sangat asri, rindang, dan seru untuk dilewati dengan menggunakan sepeda.

Mengunjungi Pabrik Teh

Pabrik teh Sukawana juga bisa dikunjungi bagi para wisatawan yang penasaran dengan bagaimana teh diproses, dibuat, dan dibentuk. Mulai dari daun teh, hingga menjadi serbuk teh di dalam bungkus teh.

Spot foto yang instagramable

Tentu saja yang tidak bisa dilewatkan adalah spot foto yang sangat indah, instagrammable, dan tidak bisa dilewatkan. Salah satu tujuan wisata bagi banyak orang adalah mencari spot foto yang menarik, dan cocok untuk diunggah ke media sosial seperti Instagram, dan kebun teh Sukawana ini pasti sangat menarik untuk jadi foto video Anda di media sosial.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Wisata broadway alam sutera

Wisata Broadway Alam Sutera: Lokasi, Harga, dan Berbagai Fakta Uniknya

Next Article
Leuwi kunten sentul bogor

Leuwi Kunten Sentul Bogor, Daya Tarik, HTM, dan Fasilitas