9 Spot Menarik Umbul Sidomukti, Cocok Untuk Healing!

Avatar of k setiawan
Wisata umbul sidomukti
Wisata Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti menawarkan aktivitas wisata yang sangat seru dilakukan. Pasalnya, di sini para pengunjung bisa menikmati berenang di atas awan sambil melihat langit yang biru.

Objek wisata ini merupakan wisata alam yang ada di Kota Semarang yang menyajikan pemandangan eksotis. Pasalnya, wisata alam ini salah satu destinasi wisata yang cukup populer karena menyajikan berbagai spot foto yang instagramable. Untuk kamu yang ingin healing, cobalah datang ke wisata ini.

Sekilas Tentang Umbul Sidomukti

Objek wisata ini berada di lereng Gunung Ungaran, Kota Semarang. Area tempat wisata memiliki udara yang dingin dan segar sehingga cocok untuk kamu yang terbiasa tinggal di kota padat penduduk.

Kompleks area wisata ini mempunyai luas kurang lebih 32 hektar yang berada di ketinggian 1.200 mdpl. Daya tarik utama dari Umbul Sidomukti yaitu terdapat kolam renang yang sumbernya berasal dari mata air alami segar.

Umbul sidomukti

Selain itu, para pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seru seperti berenang, menikmati outbound, berswafoto dan lain-lain. Bahkan, objek wisata yang ada di kawasan Bandungan ini menyediakan fasilitas camping ground, penginapan, dan fasilitas gathering yang lengkap.

Jam Buka Dan HTM Ke Wisata Umbul Sidomukti

Berbeda halnya dengan wisata lainnya yang memiliki batas waktu kunjungan, wisata ini buka setiap hari mulai Senin – Minggu dan buka selama 24 jam penuh. Kamu tentunya akan lebih puas untuk menikmati berbagai keindahan alam yang tersaji.

Jika kamu ingin datang berkunjung ke Umbul Sidomukti, tidak perlu mengkhawatirkan harga tiket masuk. Objek wisata Semarang ini memiliki tarif HTM yang terjangkau. Berikut merupakan rincian biayanya.

  • HTM hari biasa: Rp10.000
  • HTM liburan dan akhir pekan: Rp15.000
  • HTM berenang: Rp20.000
  • ATV: Rp50.000
  • Flying double: Rp50.000
  • Flying lembah: Rp30.000
  • Highness Triangle: Rp50.000
  • Marine Bridge: Rp20.000
Baca Juga:  Harga Tiket Tempat Wisata Kebun Teh Malabar

Namun perlu dicatat bahwa harga tiket masuk Umbul Sidomukti Semarang tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, biasanya diinfokan oleh pengelola wisata. Informasi HTM di atas dapat dijadikan sebagai tolok ukur atau patokan ketika ingin membuat rencana anggaran wisata.

Daya Tarik Dan Wahana Di Umbul Sidomukti

Selain menyajikan pemandangan yang mempesona ternyata objek wisata ini juga memiliki berbagai wahana yang sangat seru. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan sehingga dapat memperoleh pengalaman yang tak terlupakan.

Adapun beberapa wahana dan spot menarik di Umbul Sidomukti adalah sebagai berikut.

1.     Pondok Kopi

Rasanya pasti menyenangkan ketika menikmati sruputan kopi sembari memandang panorama alam yang menakjubkan dari ketinggian. Pasalnya, terdapat beberapa cafe di sini yang menyajikan berbagai menu lezat, salah satunya adalah Pondok Kopi. Di sini tersedia berbagai menu kopi mulai dari black coffee, espresso based coffee, tradisional coffee, dan manual brew.

2.     Paralayang Tandem

Selain itu juga terdapat spot yang sangat direkomendasikan untuk dicoba yaitu Paralayang Tandem. Bahkan bisa dikatakan bahwa wahana ini merupakan salah satu wahana yang paling banyak diminati oleh para wisatawan.

Ketika menikmati spot petualangan yang menarik di Umbul Sidomukti Semarang, kamu akan merasakan angin sejuk di udara bebas selama 15 menit sampai setengah. Untuk ketinggiannya yaitu sekitar 1.700 mdpl dan mendarat di lapangan sepak bola Sidomukti.

Setelah itu kembali ke lokasi pertama dengan fasilitas kendaraan yang disediakan oleh pengelola wisata. Tentunya kamu bisa mendapatkan pengalaman luar biasa ketika terbang melayang di atas wisata Ungaran.

3.     Flying Fox

Jika ingin menikmati wahana yang menantang adrenalin maka bisa mencoba flying fox. Spot flying fox ini mempunyai lintasan sepanjang 110 m yang membentang di ketinggian 70 m.

Baca Juga:  Wisata Lembah Asri Dan Dino Park Beserta Info Tiket, Lokasi, Wahana dan Spot-Spot Menarik

Para pengunjung akan bergantung di dua utas tali pengaman serta mengenakan perlengkapan keamanan. Tidak perlu khawatir, karena keamanan outbound flying fox ini sangat terjamin karena didampingi oleh instruktur yang berpengalaman.

4.     ATV

Hanya untuk kamu yang ingin mengelilingi area taman wisata, maka bisa memanfaatkan spot ATV. Meskipun sebenarnya juga bisa mengelilingi lokasi dengan off-road.

Dengan menggunakan wahana ATV, para wisatawan akan melintasi berbagai perkebunan yang sangat asri. Menariknya, jika menikmati bahannya ini maka akan melalui rute yang menantang di area taman wisata alam.

Untuk anak-anak yang bisa mengendarai ATV juga boleh mencoba. Namun harus tetap dalam pantauan orang tua sehingga tetap aman.

5.     Gua Tirta Mulya

Ternyata di kawasan wisata Umbul Sidomukti terdapat Gowa Tirta Mulya yang jaraknya sekitar 1 km dari lokasi. Untuk mencapai gua ini, dapat dijangkau menggunakan kendaraan. Pengunjung juga bisa berjalan kaki tetapi membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.

Konon gua ini sering digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan sumber air langsung dari lereng Gunung Ungaran. Gua ini memiliki bentuk yang sangat unik, panjangnya sekitar 100 m. Selain itu, area ini juga menjadi salah satu tempat atraksi yang sangat menarik.

6.     Little Ranch

Little Ranch merupakan spot berkuda yang sangat menarik untuk dicoba. Bagi kamu yang sudah bekerja karena jangan mengharapkan untuk mencoba wahana yang satu ini.

Bisa jalan-jalan keliling kebun sayur kita menikmati keindahan alam dengan berbeda. Selama berkeliling, kamu akan melihat berbagai hewan seperti rusa, kambing etawa, kambing merino, dan kelinci.

7.     Camping Ground

Untuk kamu yang ingin bermalam di sini bersama teman atau keluarga, maka tersedia wahana atau spot camping ground. Kamu bisa menikmati keseruan menginap di alam bebas, apalagi di area ketinggian.

Bahkan tidak sedikit para pengunjung yang karena ingin lebih dekat dengan alam. Tidak perlu khawatir, karena area camping ini juga aman untuk anak-anak asalkan tetap bersama orang tua atau pendamping. Jadi bisa memberikan pengalaman yang baru untuk anak-anak dengan berkemah.

Baca Juga:  6 Tempat Wisata Tawang Mangu Paling Hits

8.     Berenang Di Atas Awan

Uniknya dari wisata Umbul Sidomukti ini, tersedia kolam renang sehingga bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Lokasi kolam renangnya berada di tepi lereng, sehingga para wisatawan bisa melihat indahnya awan berarak dan hamparan lembah.

Di kawasan wisata ini terdapat 4 kolam renang alami yang bertingkat. Kedalamannya pun berbeda-beda sehingga boleh dicoba oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Adapun kedalaman kolam renang yang paling tinggi yaitu berada di atas yang kedalamannya kurang lebih 1,5 m. Untuk kolam renang yang dangkal berada di bawah dan ini aman untuk anak-anak.

Uniknya, air kolam renang merupakan air yang berasal dari sumber mata air pegunungan sehingga sangat segar. Selain itu, posisi kolam renang juga menghadap punggung Gunung Ungaran sehingga kamu bisa menyaksikan pemandangan hijau.

9.     Villa Pondok Panorama

Selain berkemah, kamu juga bisa menginap di villa pondok panorama yang berada di ketinggian 1300 mdpl. Villa ini menyajikan pemandangan yang asri dengan nuansa alam yang menyejukkan mata.

Pondok Panorama Villa ini memiliki dua kamar. Istimewanya, dari sini kamu dapat melihat panorama yang sangat indah yaitu 5 gunung sekaligus. Selain itu, fasilitasnya juga sangat lengkap, karena terdapat pendopo, fasilitas karaoke, dan ruang pertemuan.

Kamu juga bisa mengakses wi-fi secara gratis. Villa Pondok Panorama ini menjadi salah satu pilihan penginapan yang tepat bagi kamu yang ingin bermalam di kawasan wisata.

Beberapa informasi seputar Umbul Sidomukti tersebut bisa kamu jadikan sebagai referensi apabila ingin berwisata ke Kota Semarang. Jika tidak ingin suasana ramai saat di lokasi wisata, maka kunjungi objek wisata tersebut di hari-hari biasa, bukan di waktu liburan atau akhir pekan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Cimory puncak

Cimory Puncak Destinasi Terbaik Untuk Liburan Keluarga

Next Article
Lembang park zoo

Ini Dia Info Detail Tiket Lembang Park Zoo Terbaru