Telaga Saat Puncak, Destinasi Wajib Untuk Healing Yang Sejuk Dan Indah

Larasati Ayeshaputri
Written By Larasati Ayeshaputri
Larasati Ayeshaputri adalah lulusan Hubungan Internasional yang banyak akal dan penuh semangat yang berspesialisasi dalam studi ASEAN dan Asia Tenggara dengan minor dalam studi Timur Tengah. Dia mampu fokus pada detail dan akurasi bahkan jika ditempatkan di lingkungan bertekanan tinggi.

Apa yang terlintas di pikiran Anda, jika mendengar kata ‘Puncak’? Pasti jawaban Anda masih seputar hamparan kebun teh yang bisa dijadikan spot untuk berfoto. Sekarang Anda perlu menambah daftar wisata Anda saat di Puncak yaitu mengunjungi Telaga Saat Puncak.

Telaga ini merupakan salah satu telaga alami yang berada di daerah Puncak, Cisarua Bogor. Keberadaan telaga ini berada di tengah perkebunan teh, sehingga memberikan pesona indah yang sangat memanjakan mata dan ditambah dengan sejuknya udara di Puncak Bogor.

Daya Tarik Destinasi Telaga Saat Puncak

Kawasan wisata ini sudah diresmikan pada tahun 2018 dengan menampilkan pemandangan alam yang asri nan mempesona. Daya tarik dari tempat wisata ini antara lain :

  • Hamparan hijau kebun teh
  • Air telaga yang jernih menyejukkan mata
  • Semilir angin yang sejuk siap menyambut Anda
  • Rasakan secara langsung kabut turun

Dengan adanya daya tarik inilah, Telaga saat Puncak menjadi tempat wisata idaman wisatawan yang datang berkunjung ke Puncak Bogor.

Lokasi dan Rute Perjalanan Ke Telaga Saat Puncak

Telaga Saat Puncak ini berada di kawasan Cisarua, Bogor. Jika Anda berangkat dari Jakarta maka Anda akan menempuh waktu selama 2 jam perjalanan. Rute yang bisa Anda gunakan tentunya langsung saja masuk melalui Tol Jagorawi.

Talaga Saat Puncak Pemandangan
Talaga Saat Puncak Pemandangan

Setelah itu, Anda akan diarahkan menuju Jalan Labuan menuju Cianjur. Masih terus berjalan menuju Jalan Raya Puncak, Cisarua. Anda akan dibantu dengan tanda arah menuju tempat wisata tersebut. Sangat disarankan untuk berangkat sepagi mungkin untuk menghindari jalanan yang macet.

Jam Operasional dan Tiket Masuk Telaga Saat Puncak

Setiap destinasi wisata tentunya mempunyai peraturan jam operasional dan juga tiket masuk yang dipatok untuk pengunjung yang datang. Destinasi wisata ini dibuka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dan dibuka setiap hari. Tentunya dengan tiket masuk yang dikenakan ke pengunjung sebesar :

Untuk bisa sampai ke Telaga Saat maka Anda perlu masuk ke dalam kebun teh, kemudian Anda diharuskan melalui perjalanan melewati hamparan kebun teh dengan alur yang sudah disediakan. Selain Telaga saat, ada juga Telaga Warna yang dikenakan tiket masuk sebesar 15.000/orang.

Talaga Saat Puncak Photo
Talaga Saat Puncak Photo

Setelah Anda membayar tiket masuk tersebut, maka Anda bisa dengan bebas menikmati keindahan ini berjam-jam hingga Anda merasa lelah. Cuaca akan tetap sejuk, walaupun di siang hari. Jadi, Anda tidak perlu cemas kepanasan saat siang hari.

Fasilitas Selama Berada di Telaga Saat Puncak

Telaga Saat Puncak tentunya sudah menyiapkan banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Pengunjung bisa menikmati fasilitas ini selama berada di dalam tempat wisata tersebut. Inilah fasilitas yang diberikan dari tempat wisata, yaitu :

  • Ojek offroad, jarak masuk ke telaga dari pintu tiket berjarak sekitar 1.4 km. Adanya ojek ini bisa Anda gunakan untuk menghemat tenaga Anda, tentunya Anda perlu mengeluarkan uang sebesar 250.000/ mobil untuk 5 orang.

Tentunya Anda akan merasakan sensasi yang menantang selama perjalanan, sebab jalanan memang masih bebatuan yang terjal.

  • Track Jogging, pengelola wisata juga menyediakan tempat untuk Anda jogging. Track ini memang disediakan gratis untuk pengunjung dan sudah dibuat dengan cor beton, sehingga tidak perlu takut kotor terkena lumpur.
  • Jembatan gantung dan ayunan, Anda bisa menemukan spot foto yang bagus dari tempat ini.
  • Jasa foto, Anda ingin dapatkan kualitas foto yang profesional, maka disediakan jasa foto dengan tarif 5.000/foto
  • Perahu karet dan kano, fasilitas ini disediakan untuk Anda yang ingin menikmati air telaga dan mengelilinginya. Tentunya tetap akan ada biaya sewa untuk menggunakan fasilitas ini.
  • Fasilitas umum lainnya seperti mushola, toilet, gazebo dan warung juga bisa Anda temukan di sini.

Banyak spot foto menarik yang bisa Anda temukan di tempat wisata ini, jadi jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen Anda selama berada di sini.

Kulineran di Telaga Saat Puncak, Bogor

Tentunya jika membahas kuliner di tempat wisata ini, maka Anda bisa menemukannya di luar tempat wisata ini namun masih di sekitaran tempat wisata. Kuliner yang paling diburu wisatawan saat berada di Puncak adalah masih seputaran warmindo atau dikenal warpat.

Setiap warpat pasti menyediakan makanan aneka menu Indomie. Bisa dibayangkan betapa nikmatnya menyantap Indomie panas Anda dengan suasana sejuk dan dingin dan ditemani kopi atau teh panas memandang hamparan kebun teh yang hijau.

Selain itu, masih banyak kuliner lainnya yang juga diburu yaitu jagung bakar, aneka makanan khas Jawa barat bahkan jajanan seperti batagor/somay bisa Anda temukan di sepanjang jalan.

Jadi, berminat untuk datang ke Telaga Saat Puncak, Bogor? Jadwalkan perjalanan wisata Anda mulai dari sekarang dan datang dari pagi agar terhindar dari kemacetan ya!

Leave a Comment