Wisata Cileunca Pengalengan Bandung

Avatar of k setiawan
Situ cileunca pangalengan bandung
situ cileunca pangalengan bandung

Bandung memang memiliki banyak pilihan destinasi wisata termasuk wisata alamnya seperti danau atau situ. Salah satunya ada di Bandung Selatan yaitu wisata Cileunca yang menyuguhkan keindahan danau buatan. Pemandangan di sekelilingnya begitu hijau dan suasana yang asri membuat tempat ini menarik banyak wisatawan untuk datang.

Biasanya saat akhir pekan atau hari libur, kawasan situ akan ramai oleh pengunjung. Ada banyak hal menarik yang disuguhkan tempat wisata ini. Lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Daya Tarik Wisata

  1. Pemandangan danau

Danau buatan ini dibangun sekitar tahun 1918 oleh seseorang berkebangsaan Belanda. Awalnya dibuat sebagai sumber air untuk masyarakat sekitar. Sekarang danau ini menjadi sumber air untuk PLTA terdekat dan juga destinasi wisata alam yang populer di Pengalengan.

Situ cileunca pangalengan bandung
situ cileunca pangalengan bandung (source:Instagram)

Danau seluas 1.400 hektar dengan airnya yang tampak hijau kebiruan. Kedalamannya sendiri kurang lebih 17 meter dengan dikelilingi pemandangan pegunungan yang hijau menyegarkan mata. Kamu bisa menikmati pemandangan indah dari danau ini kapan saja, mulai pagi hingga sore hari.

Jika ingin lebih puas, kamu bisa menyewa perahu dari warga setempat untuk menyusuri danau. Biasanya perahu kecil yang disediakan di tempat ini dapat membawa penumpang hingga 6 orang. Kamu akan dibawa menyusuri danau dengan suasana asri dan udara sejuk yang begitu menenangkan.

  1. Camping ground & Gampling

Tidak sedikit wisatawan yang datang ke situ ini karena fasilitas camping ground yang disediakan pengelola. Aktivitas ini bisa menjadi pilihan menarik untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan situ pada malam hari. Namun sebaiknya pilih saat hari cerah atau setidaknya tidak mendung agar bisa pemandangan malam harinya lebih bagus.

Baca Juga:  Sejarah, Fasilitas dan Tips Berwisata di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Bogor

Area camping ground di wisata Cileunca merupakan salah satu tempat kemah di daerah Bandung Selatan. Selain perkemahan di Rancaupas dengan pemandangan hutan pinus, Cileunca bisa menjadi alternatif lokasi camping yang menyuguhkan pemandangan danau. Selain itu tersedia glamping cileunca yang dibisa anda sewa.

Kamu bisa membawa perlengkapan sendiri seperti tenda dan sleeping bag. Namun jika tidak membawanya dari rumah, wisatawan bisa menyewa tenda di lokasi camping.

  1. Wahana rafting dan outbound

Selain danau cantik, pesona Situ Cileunca juga menarik banyak wisatawan dengan wahana rafting dan outbound-nya. Terdapat area yang disebut Gravity Adventure untuk kamu yang ingin menikmati liburan dengan lebih banyak petualangan.

Salah satu wahana outbound yang bisa kamu coba adalah flying fox. Peluncur gantung ini dimulai dari Teras Danoe melewati Danau Cileunca dan berakhir di Lakeside. Sensasi meluncur di atas danau tentu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Buat kamu pecinta olahraga air, silahkan mampir ke area rafting. Memanfaatkan air danau sebagai hulu yang mengalirkan air sungai berarus deras. Kamu bisa main arung jeram dengan teman-teman dan tentunya seorang pemandu profesional.

  1. Perkebunan stroberi

Perkebunan stroberi dan arbei di kawasan wisata Cileunca memang belum terlalu terkenal. Lokasinya berada di seberang situ sehingga untuk mengunjunginya kamu perlu menyeberang menggunakan sampan atau perahu.

Kawasan wisata yang berada di dataran tinggi ini memang cocok untuk buah-buah beri. Kamu bisa melihat perkebunan stroberi dan arbei atau bahkan memetiknya. Buah-buahan segar yang dipetik langsung dari kebun ini bisa menjadi oleh-oleh wisata Cileunca Pengalengan sebelum kamu pulang.

  1. Spot memancing

Jika kamu hobi memancing, danau ini juga bisa menjadi spot pilihan untuk menebar umpan. Namun kamu perlu menyewa perahu untuk ke tengah danau untuk memulai memancing. Aktivitas santai ini bisa menjadi pilihan, kamu bisa menunggu ikan menyambar umpan sambil menikmati pemandangan.

  1. Spot foto

Sepertinya tempat-tempat wisata sekarang wajib memiliki spot foto untuk menarik pengunjung. Kamu bisa menemukannya di kawasan wisata Danau Cileunca ini. Beberapa spot foto yang memiliki pemandangan keren antara lain Cileunca Lakeside dan Teras Danoe.

Baca Juga:  Lokasi Dan Tiket Masuk Situ Bagendit Garut Terupdate

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tike masuk wisata ini cukup terjangkau hanya Rp 5.000 per orang. Buka setiap hari mulai Senin hingga Minggu dari pagi jam 08.00 hingga pukul 17.00 WIB, dan untuk camping ground dibuka selama 24 jam. Buat kamu yang ingin menikmati wahana wisata di tempat ini, biayanya kurang lebih seperti berikut.

  • Sewa perahu sekitar Rp 10.000 per orang
  • Rafting sekitar Rp 150.000 per orang
  • Tiket masuk kebun stroberi dan arbei Rp 5.000 per orang

Buat kamu yang ingin membawa pulang stroberi harganya kurang lebih Rp 25.000 per kg dan Rp 15.000 per kg untuk arbei. Selain itu, biaya parkir untuk memasuki kawasan wisata Cileunca yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Lokasi dan Rute

Tidak sulit untuk mencapai lokasi wisata situ ini, namun lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah. Dari kota Bandung, kamu bisa ambil rute menuju daerah Katapang dan kemudian Banjaran.

Setelah sampai di daerah Banjaran, lanjutkan perjalanan ke Pengalengan dengan jarak kurang lebih 35 kilometer. Ketika sudah sampai di Pengalengan, pilih rute menuju Cisewu atau hingga kamu menemukan pertigaan Pengalengan yang mengarah ke Garut.

Dari pertigaan lanjutkan perjalanan sekitar 5 kilometer hingga sampai di lokasi Danau. Sedangkan untuk transportasi umum, kamu bisa menggunakan bus jurusan Bandung Pengalengan dengan perjalanan sekitar 2 jam untuk sampai di dekat kawasan wisata situ Cileunca Pangalengan.

Fasilitas

Liburan nyaman karena fasilitas di tempat ini yang cukup memadai. Selain tempat parkir, fasilitas warung makan juga sudah tersedia dengan tempat yang cukup bersih dan nyaman. Jadi kamu tidak perlu khawatir kelaparan karena di situ ini kamu bisa wisata kuliner dan menikmati hidangan lezat seperti ikan goreng atau ikan bakar.

Baca Juga:  Daya Tarik, Lokasi dan Wahana Wisata Bukit Pelangi Bogor

Fasilitas pendukung wisatanya pun beragam, mulai dari perahu motor, rafting, camping ground, hingga vila. Masing-masing fasilitas ini harganya berbeda-beda, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu ke pengelola sebelum mencobanya.

Tips Wisata

Tidak hanya persiapan budget dan makan saja, sebaiknya kamu juga persiapkan diri dengan mengetahui lebih banyak tentang wisata Cileunca. Persiapan agar wisata kamu lebih lancar dan menyenangkan, kamu bisa mempelajari beberapa tips wisata berikut.

  • Hindari mengunjungi situ saat musim hujan karena tempat wisata ini merupakan tempat terbuka.
  • Jika tidak ingin terlalu ramai, sebaiknya memilih weekdays karena di akhir pekan dan musim liburan jumlah wisatawannya lebih banyak.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi situ adalah pagi hari agar kamu bisa memiliki lebih banyak waktu untuk mengeksplor keindahan Danau Cileunca.
  • Gunakan pakaian yang nyaman, ingat cuaca di tempat ini cukup dingin sehingga jaket mungkin diperlukan.
  • Bawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga.

Itulah beberapa informasi penting yang perlu kamu ketahui tentang wisata Cileunca yang ada di Pengallengan. Jika penasaran, kamu bisa buat itinerary untuk liburan ke danau yang cantik ini. Pastikan kamu mencoba berbagai atraksi dan wahana yang disediakan untuk pengalaman liburan yang menyenangkan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Kebun teh malabar, pangalengan, bandung

Harga Tiket Tempat Wisata Kebun Teh Malabar

Next Article
Pineus forest view

Ingin Liburan Instagramable, Pineus Forest View Jawabannya