Keindahan Tersembunyi Pantai Krakal, Alamat, Dan Harga Tiket Masuk

Avatar of k setiawan
Wisata pantai krakal
Wisata Pantai Krakal

Sudahkah Anda merencanakan liburan Anda? Jika Anda memilih pantai sebagai destinasi liburan Anda, maka sebaiknya pilihlah pantai di kawasan Gunung Kidul. Mengapa di Gunung Kidul?

Karena gunung kidul memiliki berbagai pilihan pantai yang sangat indah dan memiliki ciri tersendiri satu dengan yang lain. Selain itu lokasi antara satu pantai ke pantai lain juga dekat, jadi Anda dapat mengunjungi beberapa pantai dalam satu hari jika dimungkinkan. Nah salah satu pantai indah di gunung kidul adalah pantai Krakal.

Pantai ini memiliki cerita asal muasal yang menarik loh. Informasi selengkapnya mengenai tiket masuk dan rute menuju ke sana, simak di bawah ini.

Asal Mula Terbentuknya Pantai Krakal Gunung Kidul

Sama seperti tempat-tempat lain yang memiliki cerita asal terbentuknya, tahukah Anda bahwa sebelumnya pantai ini belum terbentuk loh. Sejarah menyebutkan bahwa pantai Krakal sebelumnya masih berada di dasar laut, namun karena fenomena alam membuat pantai ini bisa naik ke permukaan laut. Fenomena alam tersebut bernama epirognesa negatif, fenomena ini merupakan adanya pergerakan kerak bumi yang membuat naiknya lapisan bumi ke atas permukaan.

Pergerakan kerak bumi ini menyebabkan terbentuknya daratan pantai yang muncul hingga saat ini dan disebut pantai Krakal. Daratan pantai yang terbentuk dari fenomena tersebut memiliki garis pantai yang sangat indah. Selain itu, pantai ini juga memiliki keunikan lain selain dari cerita asal mula yang menarik.

Keunikan ini menunjukkan ciri khas yang dimiliki berbeda dengan pantai-pantai yang lain. Di pantai ini terdapat dua batu karang yang lumayan besar dengan warna hitam yang cukup kontras dengan pantai yang berwarna putih. Perpaduan dua warna ini menampilkan keindahan tersendiri dan menjadi pesona dari pantai ini.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata Indramayu yang Trend di 2022

Dua batu karang ini bisa berfungsi juga sebagai pembatas dengan pantai yang lain. Uniknya berbeda dengan batu karang pada umumnya, batu karang yang ada di pantai ini ditumbuhi tumbuhan-tumbuhan hijau yang menunjukkan bahwa artinya batu karang ini cukup subur karena tumbuhan dapat tumbuh di batu karang tersebut. Selain batu karang yang berukuran besar, di sekeliling pantai juga bertebaran batu-batu karang kecil yang disebut-sebut sebagai tempat tinggal ikan di dasar laut jaman dulu.

Itulah ciri khas dan cerita awal terbentuknya pantai ini. Jadi jika Anda melihat terdapat banyak batu karang dan dua ikon batu karang besar yang subur maka Anda dapat mengenali bahwa pantai tersebut adalah pantai Krakal.

Tiket Masuk dan Alamat Pantai Krakal

Harga tiket masuk pantai Krakal adalah sebesar 10 ribu per orang. Harga tiket masuk tersebut termasuk harga yang sangat terjangkau karena Anda dapat mengeksplor keindahan pantai yang satu ini. Dan keunggulan lainnya, pengelola setempat menyebutkan bahwa dengan tiket masuk tersebut Anda juga dapat sekaligus mengunjungi dua pantai di sekitarnya yaitu pantai Baron dan pantai Sundak.

Sangat murah bukan, dengan harga yang terjangkau Anda dapat menikmati keindahan tiga pantai sekaligus. Selain itu Anda juga perlu membayar biaya parkir senilai 2 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil. Harga tiket tersebut berlaku dari pukul 8 pagi hingga sore hari.

Harga tiket masuk pantai krakal
Harga tiket masuk pantai Krakal

Di pantai ini Anda juga dapat 24 jam menikmati keindahan pantai, jadi Anda dapat melihat peristiwa sunset dan sunrise jika diinginkan. Selanjutnya untuk alamatnya pantai ini terletak di gunung kidul tepatnya di kelurahan Ngestirejo, kecamatan Tanjung Sari yang ada di bagian selatan Wonosari sekitar 37 km dari sana. Jika Anda pergi dari pusat kota Jogja, jaraknya lumayan jauh yaitu sekitar 65 km dengan memakan waktu sekitar 2 jam.

Baca Juga:  Kebon Jati Purwakarta: Wisata Kuliner Konsep Alam Terbuka Yang Wajib Kamu Coba!

Dari pusat kota Anda dapat mengambil rute Piyungan lalu ke bundaran tugu BPD lanjut ke Wonosari dan Tanjungsari. Dan nanti Anda akan menemukan penunjuk jalan ke pantai Krakal yang tidak jauh lagi. Jika Anda sudah melihat pemandangan laut di sekeliling Anda baik sisi kiri maupun kanan artinya Anda sudah sampai di kawasan pantai gunung kidul.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Pantai Krakal

·        Mendaki bukit karang

Karena memiliki bukit karang sebagai ciri khasnya, jadi jika Anda ke pantai ini wajib sekali untuk mendaki bukit karangnya. Jadi jangan sia-siakan momen ini untuk menjelajahi batu karang di sana. Untuk mendakinya Anda tidak perlu khawatir karena akses untuk ke sana memiliki jalan setapak yang aman dan nyaman.

Struktur tangga untuk mendaki bukit tersebut ditata dengan dikelilingi tanaman untuk membuat nyaman para wisatawan. Di atas bukit maupun di perjalanan menuju ke bukit memiliki sudut yang estetik, jadi di bukit ini Anda juga dapat menghunting foto. Tidak hanya itu di bukit ini juga Anda dapat menyaksikan sunrise dan sunset secara eksklusif dengan pemandangan yang menawan.

·        Surfing

Bagi Anda yang memiliki hobi olahraga air, di pantai ini Anda dapat mencoba berselancar. Pantai selatan memang memiliki ciri ombaknya yang cukup besar dan sangat bagus untuk dilakukan surfing. Gulungan ombak yang sangat apik akan membuat para peselancar puas dan sangat ingin melakukan surfing di pantai ini.

·        Snorkeling

Selanjutnya di pantai ini Anda juga dapat mencoba olahraga air yang lain yaitu adalah menyelam. Bagi Anda yang ingin menyelam untuk melihat biota laut Anda dapat menyewa peralatan snorkeling di pantai ini, harga sewa yang ditawarkan sekitar 50 ribu. Jangan lupa, Anda juga dapat mengabadikan keseruan Anda saat menyelam atau mengambil gambar biota laut dengan kamera yang sudah dilindungi dengan peralatan waterproof.

Baca Juga:  Wisata Gunung Puntang untuk Pecinta Alam

·        Menangkap ikan hias

Bagi Anda yang senang bermain air di pinggir-pinggir pantai saja, Anda juga dapat melakukan aktivitas ini di saat air sedang surut. Saat air surut, Anda akan melihat berbagai ikan hias yang menarik di sana.

Anda dapat mencoba menangkap ikan tersebut yang biasanya terjebak di antara bebatuan karang. Warna ikan hiasnya juga sangat menakjubkan, ikan tersebut berwarna biru terang atau kuning kebiruan yang sangat indah.

·        Wisata kuliner

Selain aktivitas-aktivitas di atas, Anda dapat menikmati kuliner khas pantai ini dengan bersantai di gazebo yang telah disediakan. Berbagai olahan seafood khas yang masih fresh dapat Anda nikmati didampingi dengan es kelapa muda yang sangat menyegarkan. Wisata kuliner ini wajib sekali Anda coba bersama dengan keluarga karena pantai ini memiliki kuliner khas yang berbeda dengan pantai lain.

Itulah beberapa informasi mengenai pantai Krakal, jika ingin berlibur ke pantai, Anda dapat mencoba pantai yang satu ini. Hal tersebut karena pantai ini memiliki beberapa keunikan, ciri khas dan keunggulan dibandingkan dengan pantai yang lain. Keindahan pantai pasir putih akan membuat pikiran Anda relaks dan liburan Anda juga akan terasa sangat menyenangkan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Wisata pantai kukup

Destinasi Wisata Pantai Kukup Yang Wajib Dikunjungi Lengkap Dengan Info Rute Dan Tiket Masuk

Next Article
Montana del cafe

Kafe Paling Hits Kintamani Di Kaki Bukit, Montana Del Cafe!