Air Terjun Grojogan Sewu Di Tawangmangu, Air Terjun Indah di dalam Hutan

Dina Lathifa
Written By Dina Lathifa
Seorang penulis yang bersemangat. Orang yang fleksibel, dinamis, dan berpikir kritis. Dengan pengalaman lebih dari enam tahun, saya dapat menulis artikel tentang berbagai tema yang ramah SEO dan sesuai dengan tujuan pemasaran. Selain itu, saya juga dapat menyediakan teks salinan untuk situs web dan buletin, untuk berbagai tujuan dan sasaran.

Grojogan SewuTepat di lereng Gunung Lawu mengalir air terjun Grojogan Sewu yang semakin melengkapi indahnya pemandangan di sekitarnya. Banyak hal menyenangkan dapat dilakukan seperti berenang ataupun bertemu monyet liar.

Berwisata ke air terjun kerap menjadi pilihan terutama untuk kalian yang ingin menyegarkan pikiran sejenak dari penatnya aktivitas.

Sekilas Tentang Grojogan Sewu

Lokasi Grojogan Sewu ada di hutan konservasi dengan luas 20 Hektar dan ada di ketinggian 1000 mdpl. Selama perjalanan ke air terjun kalian akan menemukan banyak jenis tumbuhan dan hewan yang berkeliaran bebas.

Tinggi air terjun utamanya yaitu 81 meter dan dikelilingi dengan air terjun kecil pada bagian sekitarnya. Debit airnya tergolong deras terutama ketika musim penghujan dan itu terlihat sangat indah.

Lokasi Grojogan Sewu ada di tengah hutan namun fasilitasnya tergolong lengkap. Beberapa diantaranya seperti permainan sampai toko souvenir yang bisa dimanfaatkan untuk membeli buah tangan.

Air Terjun Grojogan Sewu photo terbaru
Air Terjun Grojogan Sewu photo terbaru

Daya Tarik Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu mempunyai banyak hal menarik dan tentunya akan berhasil membuat liburan terasa lebih mengasyikkan. Adapun kegiatan yang dapat dilakukan saat berkunjung kesana sebagai berikut.

  • Trekking santai

Sebelum sampai ke lokasi tentu kalian harus melakukan perjalanan cukup panjang melewati tangga mulai dari loket tiket. Sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi oleh hijaunya pepohonan sehingga membuat suasana lebih sejuk.

Namun bagi kalian yang ingin melewati jalur trekking lebih pendek bisa masuk lewat loket 2. Walaupun lokasinya lebih jauh bila dibandingkan loket 1, namun untuk pemandangan yang bisa dinikmati tidak kalah indahnya.

  • Bertemu monyet

Salah satu hal unik yang akan ditemukan saat berada di Grojogan Sewu yaitu keberadaan monyet karena memang lokasinya ada di hutan konservasi. Tentunya kalian bisa berinteraksi dan berfoto bersama monyet-monyet tersebut.

Walaupun monyet di air terjun Grojogan Sewu sudah sering berinteraksi dengan manusia namun tetap saja kalian harus berhati-hati.

  • Menikmati indahnya air terjun

Air terjunnya melewati tebing baru dengan tanaman rambat di sekitarnya terlihat indah. Bahkan air yang mengalir tadi mengalir sesuai dengan kontur tebing.

Panoramanya terlihat semakin apik karena ada batu kali yang memiliki ukuran besar ada di sepanjang sungai. Tidak hanya menikmati indahnya pemandangan itu saja namun kalian juga dapat berfoto disana melalui jembatan yang ada.

  • Serunya bermain air

Tersedia kolam renang khusus berupa mini waterboom bagi anak-anak serta kolam dewasa. Mini waterboom tersedia fasilitas berupa seluncuran dan di kolam dewasa kalian bisa merasakan segarnya air alam dari sungai.

  • Outbound

Tidak hanya tersedia kolam renang saja namun tersedia permainan outbound di Grojogan Sewu. Pacu adrenaline dengan menyusuri sungai dengan melakukan aktivitas rafting. Untuk rafting tidak bisa dinikmati setiap hari dan hanya pada waktu tertentu saja, jadi pastikan jadwal pasti dari rafting tersebut.

Kuliner

Tersedia banyak warung makan yang menjual banyak makanan khas Solo dan sate kelinci merupakan hidangan yang paling terkenal. Tidak hanya memiliki rasa yang enak namun juga berkhasiat untuk kesehatan.

Tidak hanya menemukan sate kelinci namun sate landak menjadi hidangan yang bisa kalian coba ketika berkunjung kesana. Sate landak ini tergolong sulit untuk ditemukan pada lokasi wisata lain dan rasanya lezat tidak kalah dengan sate kelinci.

Fasilitas Grojogan Sewu

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap untuk dinikmati pengunjung ketika berwisata ke air terjun Grojogan Sewu.

  • Mushola
  • Gazebo
  • Toilet
  • Warung makan
  • Tempat parkir

Fasilitas tadi tentu saja menambah rasa nyaman kalian ketika berkunjung karena bisa menemukan tempat beribadah dan istirahat yang nyaman.

Harga Tiket

Biaya yang diperlukan tidak terlalu mahal dan bisa menikmati fasilitas yang tersedia disana. Adapun rinciannya sebagai berikut.

  • HTM Rp20.000
  • Flying Fox Rp11.000
  • Parkir Mobil Rp5.000
  • Parkir Motor Rp3.000

Harga yang ada di atas tentu saja bisa berubah sewaktu-waktu dan itu sangat bergantung pada kebijakan pengelola. Akan tetapi daftar tadi bisa dijadikan bahan perkiraan biaya yang dibutuhkan saat berkunjung ke Grojogan Sewu.

Rute ke Grojogan Sewu

Lokasinya di Jalan Raya Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Jika ditempuh dari Kota Solo memerlukan waktu sekitar 1 jam 20 menit dengan jarak tempuh 40 km jika menggunakan kendaraan mobil.

Namun tidak hanya ditempuh menggunakan kendaraan pribadi saja namun transportasi umum sudah menangkapnya karena Grojogan Sewu sudah sangat terkenal.

Jam Operasional

Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari jam 08.00-16.00 WIB. Waktu paling tepat untuk berkunjung yaitu pagi hari ketika udaranya tergolong masih segar.

Kalau bisa datanglah pada musim pancaroba sehingga dapat melihat air terjun dengan jelas tanpa harus merasa khawatir kehujanan ketika berkunjung. Sehingga kalian dapat menikmati indahnya air terjun Grojogan Sewu dengan lebih sempurna.

Leave a Comment