Batu Angkruk Dieng, Wisata Unik Dan Favorit di Wonosobo

Larasati Ayeshaputri
Written By Larasati Ayeshaputri
Larasati Ayeshaputri adalah lulusan Hubungan Internasional yang banyak akal dan penuh semangat yang berspesialisasi dalam studi ASEAN dan Asia Tenggara dengan minor dalam studi Timur Tengah. Dia mampu fokus pada detail dan akurasi bahkan jika ditempatkan di lingkungan bertekanan tinggi.

Batu Angkruk Dieng – Banyak dari para wisatawan yang sudah mengenal tentang dataran tinggi Dieng yang menjadi destinasi wisata favorit di Wonosobo. Hal itu karena dataran tinggi Dieng menawarkan kesejukan udara dan suasana khas pegunungan yang nyaman dan asri serta banyak juga tempat wisata dengan pemandangan yang indah. Salah satu tempat wisata yang menarik perhatian di dataran tinggi Dieng adalah Batu Angkruk Dieng yang terletak di samping jalan utama Wonosobo – Dieng.

Salah satu tujuan wisata favorit para wisatawan baik lokal maupun luar kota yang menyajikan keindahan pemandangan alam yang dilihat dari atas bukit dan bebatuan dan juga keindahan pemandangan sunrise di pagi hari, senja di sore hari, serta pemandangan lautan awan yang tebal. Batu Angkruk Dieng sendiri awalnya merupakan tempat yang ditujukan untuk pertunjukan sendra tari yang berbentuk panggung terbuka dengan tempat duduk berundak seperti tangga dengan layout yang terlihat seperti bentuk tapal kuda untuk para penonton atau pengunjung.

Wisata Batu Angkruk menyajikan keunikan spot – spot foto dengan latar belakang pemandangan yang indah, mulai dari spot kereta kencana, tempat duduk yang unik, hingga jembatan kaca yang menyajikan keindahan panorama dari ketinggian.

Salah satu spot unik yang menjadi ciri khas Batu Angkruk Dieng adalah sebuah taman yang dihiasi dengan rumput sintetis dan memiliki pemandangan cantik yang berasal dari Gunung Sindoro dan perbukitan di sekitarnya di sisi selatan. Spot lainnya yang juga menjadi siri khas dari tempat wisata ini adalah Teras Kaca yang instagramable untuk menjadi latar foto para wisatawan.

Satu hal yang perlu Anda ketahui tentang tempat wisata yang memiliki kemiripan dengan Batu Angkruk. Pertama, yang terletak di bagian paling selatan ada Watu Angkruk, sementara di bagian paling utara adalah Bukit Angkruk, dan Batu Angkruk sendiri ada di bagian tengah. Ketiga tempat wisata tersebut memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda masing – masing.

Lokasi Dan Rute Menuju Batu Angkruk Dieng

Lokasi atau alamat lengkap dari tempat wisata Batu Angkruk Dieng ini yaitu Jl. Dieng Km.22, Sidorejo, Tieng, Kejajar, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, 56534. Untuk dapat menuju ke lokasi, rute dan aksesnya pun cukup mudah karena tempat wisata ini masih termasuk ke dalam kawasan wisata di kota Dieng, Wonosobo. Berada di pinggir jalan Wonosobo – Dieng, tepatnya di atas Rest Area Gardu Pandang Dieng.

Fasilitas Batu Angkruk Dieng

Sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dari lokal maupun luar kota, Batu Angkruk menyediakan fasilitas untuk para pengunjung atau wisatawan, diantaranya:

  • Area parkir untuk para pengunjung
  • Toilet
  • Tempat ibadah
  • Gazebo
  • Taman bunga
  • Spot foto yang unik
  • Food court / warung makan
  • Gift shop / toko oleh – oleh

Harga Tiket Masuk Batu Angkruk Dieng

Wisata Batu Angkruk di Dieng ini merupakan tempat wisata yang dibuka untuk umum dan setiap pengunjung atau wisatawan yang masuk akan dikenakan biaya untuk tiket masuk.

  • Harga tiket masuk : Rp. 20.000 per orang
  • Parkir sepeda motor : Rp. 2.000
  • Parkir mobil / roda 4 : Rp. 5.000

Jam Buka Operasional Batu Angkruk Dieng

Sebagai tempat wisata yang menyajikan keindahan pemandangan alam mulai dari matahari terbit di pagi hari dan keindahan matahari terbenam di sore hari, wisata Batu Angkruk Dieng dibuka untuk umum setiap hari (Senin – Minggu) mulai pukul 04.00 pagi dan ditutup pukul 19.00.

Aktivitas Wisata di Batu Angkruk Dieng

Saat mengunjungi wisata Batu Angkruk di Dieng, Anda bisa menikmati momen wisata atau liburan Anda dengan beberapa aktivitas. Berikut ini, beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Batu Angkruk.

  • Menikmati Sunrise

Wisata Batu Angkruk menjadi salah satu sunrise point atau tempat dengan pemandangan matahari terbit terbaik yang sangat mempesona. Anda bisa menikmati keindahan pemandangan matahari terbit dari Batu Angkruk dengan datang ke sini sebelum fajar.

  • Berburu Foto di spot-spot unik

Batu Angkruk memiliki fokus terhadap spot foto yang menarik dengan latar belakang keindahan pemandangan alamnya. Salah satunya yaitu Teras Kaca atau bisa disebut Jembatan Kaca Dieng. Spot foto menarik lainnya antara lain ada taman bunga yang indah, ayunan, dan gazebo yang bisa dimanfaatkan sembari bersantai, dan banyak lainnya.

  • Menikmati Rest Area dengan pemandangan indah

Anda bisa mampir ke untuk sekedar minum kopi bersama gorengan hangat yang disajikan oleh pedagang di sekitar area wisata.

Itulah sedikit pembahasan mengenai wisata Batu Angkruk Dieng mulai dari lokasi, harga tiket, jam operasional, hingga aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi tempat wisata favorit di Wonosobo tersebut.

Leave a Comment