Benteng Kuto Besak, Benteng Paling Bersejarah Di Kota Palembang

Riastri Herliana
Written By Riastri Herliana
Berpengalaman di Social Media baik Facebook, Instagram, Youtube, dan familiar dengan platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Memiliki pengalaman sebagai Customer Service Online untuk menangani informasi pelanggan dan menjadi problem solver. Memiliki kemampuan yang kuat dalam penulisan konten, copy writing, dan media sosial.

Benteng Kuto Besak – Bagi Anda yang sangat tertarik dengan tempat-tempat wisata yang bernilai sejarah maka jika Anda mengunjungi kota Palembang, Benteng Kuto Besak wajib sekali Anda kunjungi. Tempat wisata berupa benteng memang cukup banyak di Indonesia. Hal tersebut karena seperti yang diketahui benteng-benteng tersebut merupakan peninggalan sejarah dari masa penjajahan terdahulu.

Informasi Sejarah Benteng di Tepi Sungai Musi

Seperti yang disebutkan tadi bahwa banyaknya benteng yang ada di Indonesia merupakan peninggalan saat masa penjajahan di Indonesia. Berbeda dengan benteng lainnya seperti benteng Vredeburg dan Vastenburg yang dibangun oleh para kolonial, Benteng Kuto Besak dibangun oleh bangsa Indonesia sendiri lebih tepatnya oleh penduduk sekitar di Palembang. Sejarahnya menyebutkan bahwa benteng ini satu-satunya yang dibangun oleh bangsa pribumi.

Benteng ini dibangun di masa pemerintahan Kesultanan Palembang Darussalam yaitu Sultan Mahmud Badaruddiun I pada tahun 1724-1758 namun belum selesai. Lalu dilanjut oleh Sultan Mahmud Badaruddin selanjutnya di tahun 1776-1803. Pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin di tahun inilah benteng ini selesai dibangun dan pusat kerajaan juga dipindahkan dari Kuto Lamo dipindah ke Kuto Besak.

Benteng ini dibangun selama 17 tahun kemudian dijadikan sebagai pusat pemerintahan sekaligus tempat tinggal petinggi Kesultanan di Palembang. Sayangnya setelah Belanda masuk ke Palembang, benteng ini berhasil direbut penjajah dan dijadikan sebagai markas mereka serta memberinya nama menjadi Nieuwe Keraton yang artinya Keraton Baru.

Daya Tarik yang Dimiliki Benteng Kuto Besak

  • Struktur indah dari benteng

Benteng Kuto Besak memiliki bangunan yang berbentuk persegi panjang dan uniknya benteng ini dibangun menghadap langsung ke Sungai Musi. Pada bangunan utamanya, benteng ini dikelilingi oleh tembok yang memiliki tinggi 9,14 meter dengan ketebalan 2,13 meter. Masuk ke dalamnya, benteng ini terdiri dari 3 pintu yaitu pintu gerbang yang ada di sebelah Barat Laut, bagian Timur Laut dan di sisi Tenggara.

Setelah melewati pintu gerbang, Anda akan dimanjakan dengan pelataran yang sangat luas. Benteng ini juga memiliki beberapa ruangan seperti ruang tamu, balai agung, paseban, tempat untuk sultan dan keputren. Keunikan selanjutnya, di bagian tengah dari bangunan ini terdapat kolam renang yang masih terawat dan ada perahu di dalamnya juga pohon dan taman di sekitarnya.

  • Lingkungan di sekitar benteng

Benteng yang berada di pusat kota dan berada di pinggir Sungai Musi membuat tempat wisata yang satu ini mudah sekali Anda temukan. Menariknya di sekitar tempat wisata ini terdapat beberapa tempat wisata lain yang sangat dekat dan mudah sekali Anda jangkau. Tempat-tempat wisata seperti Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I, Sungai Musi, Jembatan Ampera, Taman Purbakala dan sebagainya bisa Anda datangi dengan mudah.

  • Fasilitas

Fasilitas yang bisa Anda nikmati di tempat wisata ini diantaranya area parkir, rest area, tempat makan, toko souvenir hingga area untuk acara festival ada di benteng ini. Tidak hanya itu saja, di benteng ini juga ternyata terdapat museum yang bisa Anda kunjungi loh. Berbagai tempat makan yang ada di sini menyajikan makanan khas Palembang yang wajib Anda coba bahkan di sini Anda juga bisa mencoba sensasi menikmati resto terapung loh.

Tempat souvenir yang ada di sini juga menyediakan berbagai souvenir, fashion item khas Palembang, jajanan tradisional hingga makanan populer dari Palembang yaitu pempek. Para wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di sini.

Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Jam Operasional

Tiket masuk yang perlu Anda bayarkan jika mengunjungi benteng ini yaitu sebesar 5000 untuk setiap orang dan tiket parkir motor sebesar 3000 dan 5000 untuk mobil. Perlu Anda ketahui juga bahwa tiket ini hanya berlaku saat hari kerja biasa ya, jika Anda mengunjungi tempat ini di akhir pekan atau hari libur maka Anda akan dikenakan tiket masuk yang ditentukan oleh pengelola setempat. Benteng ini berlokasi di Jln. Sultan Mahmud Badaruddin, 19 Ilir, Palembang, Sumatera Selatan.

Jika Anda mengunjungi tempat ini dari alun-alun kota Anda hanya akan memerlukan waktu 10 sampai 15 menit saja karena tempat ini hanya berjarak 4 km dari alun-alun. Jika Anda berangkat dari lokasi lain, Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan mudah menemukan benteng ini yang tepat berada di tepi Sungai Musi. Jam operasional tempat ini buka dari pukul 08.00 sampai 21.00 setiap harinya, jika Anda ingin mengunjungi di bagian luar benteng tempat ini dibuka selama 24 jam.

Itulah beberapa informasi tentang Benteng Kuto Besak yang perlu Anda ketahui sebelum mengunjungi tempat ini. Jadi tunggu apalagi segera datangi tempat ini untuk mengetahui sejarah dan menikmati keindahan tepi Sungai Musi yang megah.

Leave a Comment