Curug Cikuluwung – Bagi Anda yang ingin berwisata alam ke Bogor, cobalah datang ke Curug Cikuluwung. Curug atau air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang banyak direkomendasikan, bukan hanya sekadar keindahan alamnya, namun juga berbagai keunikan yang ada di dalamnya.

Daya Tarik dan Aktivitas yang Bisa Dijalankan

Curug ini acapkali disebut dengan Little Grand Canyon, karena memang struktur bebatuan yang ada di kanan kiri air terjun berbentuk cukup unik layaknya Grand Canyon, meski dalam bentuk mini. Selain itu, keunikan lainnya juga terdapat dari dua air terjun yang mengalir, yakni Cikuluwung 1 dan Cikuluwung 2.

Keduanya memiliki keindahan yang hampir sama, namun bedanya terdapat lebih banyak pohon hijau pada curug kedua, bahkan kolam air lebih luas dibandingkan yang pertama. Menariknya lagi, di curug kedua ini juga terdapat suatu gua alami dengan lintasan sungai yang begitu jernih.

Curug Cikuluwung Photo
Curug Cikuluwung Photo

Terdapat beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda, keluarga, dan teman-teman lakukan di curug ini. Tentu saja, keindahan dan keunikan curug ini bisa dinikmati dengan berbagai cara yang menyenangkan seperti:

1. Bersantai di atas floating ban

Selain berenang, Anda juga dapat memanfaatkan pelampung ataupun floating ban untuk bersantai sambil mengikuti arus kolam Curug Cikuluwung yang tenang. Jangan lupa abadikan momen tersebut sembari berfoto atau membuat video vlog.

2. Berenang

Tidak afdol rasanya jika mengunjungi suatu air terjun namun tidak berenang di kolamnya. Ya, curug ini mempunyai kolam air yang relatif dangkal dan aman untuk dipakai berenang. Bagi Anda yang tidak bisa berenang, Anda dapat menggunakan pelampung.

3. Duduk santai di bebatuan

Anda juga bisa sekadar duduk-duduk santai di sekitar air terjun. Duduk di bebatuan atau di gazebo juga tetap seru sambil menikmati pemandangan sekitar. Meski demikian, tetap hati-hati ketika duduk di pinggir bebatuan karena ada beberapa tempat yang licin.

Fasilitas yang Disediakan

Meskipun terletak agak jauh dari jalan utama, namun fasilitas yang disediakan terbilang cukup lengkap. Ada sejumlah fasilitas umum seperti toilet, mushola, loker barang, gazebo, hingga camping ground. Tentu saja sangat memuaskan hati siapa pun yang ingin menikmati keindahan Curug Cikuluwung lebih lama lagi.

Menariknya, kawasan wisata air terjun ini juga sudah tersambung dengan jaringan Wifi di beberapa tempat. Tersedia juga sejumlah warung dan tempat makan yang menyediakan colokan listrik sehingga Anda tidak perlu kebingungan jika handphone atau kamera mengalami lowbat.

Lokasi dan Rute

Air terjun unik ini berlokasi di Kp. Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor. Untuk menuju ke kawasan wisata ini dari Stasiun Bogor, Anda perlu mengambil arah ke Jl. Raya Dramaga, kemudian melewati daerah Cikampak-Cibatok-Cemplang.

Selanjutnya, ikuti jalan sampai ke pertigaan, belok kiri, dan lanjutkan perjalanan hingga Gang Gardu. Ikuti kembali jalan tersebut hingga menemukan papan petunjuk ke arah curug. Anda akan sampai ke Kampung Suka Asih dan parkirkan kendaraan di dekat rumah warga sebelum menuju loket curug.

Sayangnya, kendaraan berukuran besar seperti minibus maupun bus belum bisa menjangkau kawasan tersebut. Oleh karena itu, disarankan menggunakan kendaraan yang lebih kecil seperti mobil atau motor.

Curug ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Adapun harga tiketnya dibedakan antara Curug Cikuluwung pertama dan kedua di mana Cikuluwung 1 tarifnya Rp35.000 dan Cikuluwung 2 tarifnya Rp25.000.

Tips Berwisata ke Cikuluwung

Menilik berbagai fasilitas yang disediakan dan kegiatan yang bisa dilakukan, sudah pasti akan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan. Akan tetapi, supaya tetap nyaman ada baiknya jika Anda menyiapkan beberapa hal sekaligus menerapkan sejumlah tips seperti berikut.

  1. Menggunakan sepatu yang nyaman untuk melewati trek. Hal ini tentu saja penting mengingat jalan dari parkiran ke titik air terjun berjarak cukup jauh sekitar beberapa ratus meter. Medan yang cukup terjal dan licin tentunya harus diantisipasi supaya Anda tidak gampang terpeleset.
  2. Pastikan kembali cuaca sebelum Anda berkunjung. Jika cuaca sedang mendung, ada baiknya hindari curug karena volume air bisa meningkat dengan pesat dan malah membahayakan.
  3. Bawa pakaian ganti dan perlengkapan mandi, terlebih segarnya air curug sudah pasti akan membuat Anda tidak sabar ingin berenang, bermain air, dan basah-basahan. Siapkan juga pelampung supaya lebih aman.
  4. Meskipun membawa makanan sendiri dari rumah, pastikan sampah-sampahnya dibuang di tempat yang sudah disediakan. Jangan buang sampah sembarangan supaya lingkungan curug tetap terjaga asri, ya!

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar kawasan wisata air terjun alias Curug Cikuluwung. Jangan lupa siapkan fisik dan perlengkapan wisata yang memadai supaya liburan Anda semakin menyenangkan. Selamat berlibur!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *