Curug Lawe: Wisata Alam Wajib di Ungaran Yang Hits

Riastri Herliana
Written By Riastri Herliana
Berpengalaman di Social Media baik Facebook, Instagram, Youtube, dan familiar dengan platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Memiliki pengalaman sebagai Customer Service Online untuk menangani informasi pelanggan dan menjadi problem solver. Memiliki kemampuan yang kuat dalam penulisan konten, copy writing, dan media sosial.

Curug Lawe – Salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi saat sedang berada di daerah Ungaran Semarang Jawa Tengah yaitu adalah Curug Lawe. Curug ini letaknya berada jauh di dalam hutan dan sekitarnya terdapat tebing sehingga untuk mencapai Curug ini Anda membutuhkan usaha yang lebih.

Meskipun begitu Sangat disayangkan apabila sedang berlibur ke daerah Semarang tetapi tidak mengunjungi Curug ini karena pemandangannya akan membayar semua lelah yang pada saat menempuh perjalanan.

Wisata Alam Curug Lawe Ungaran

Curug bernama Lawe ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di daerah Ungaran yang punya pemandangan indah tetapi memang untuk masuk ke daerah Curug ini sendiri Anda membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih karena harus menembus hutan. Curug ini tentu saja punya keindahan tersendiri sehingga memikat banyak pengunjung yang datang.

Curug Lawe Photo
Curug Lawe Photo

Daya Tarik Curug Lawe

Lalu apa sajakah daya tarik yang dimiliki oleh kurva ini sehingga banyak pengunjung yang datang jauh dari daerah Ungaran? Berikut ini merupakan beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Curug ini.

  • Tebing di Area Curug

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Curug ini yaitu terletak pada tebing yang mengelilingi area Curug atau area pancuran air. Curug ini dilingkupi oleh tebing yang berbentuk cekung, apabila dilihat dari jauh pun air terjunnya akan menyerupai seperti benang putih halus.

Curug ini sangat indah dan tentunya sejuk karena masih sangat asri. Pengunjung dapat bermain air di area Curug ini dengan sangat puas. Lokasi wisata air terjun yang berada di tengah tebing ini memang jadi daya tarik yang kuat.

  • Jembatan Romantis

Daya tarik selanjutnya dari Curug ini yaitu adanya jembatan yang jadi tempat untuk Anda bisa sampai ke Curug yang dituju. Jembatan ini merupakan jembatan kayu yang memiliki kedalaman kurang lebih 20 meter.

Bahkan Selain sebagai jembatan bulan ini juga sebagai saluran air sehingga dapat terlihat adanya air yang mengalir di bawah papan kayu yang Anda pijak.

Jembatan ini merupakan salah satu spot foto favorit yang ada di Curug Lawe ini tak heran apabila jembatan ini jadi salah satu daya tarik yang dimiliki.

  • Pemandangan Pegunungan di Perjalanan

Perjalanan menuju Curug ini merupakan salah satu yang juga jadi daya tarik pengunjung yang datang karena memang pemandangan untuk mencapai tempat ini sangat indah.

Pemandangan seperti pegunungan tapi membentang dengan luasnya yang dapat memanjakan mata bahkan sebelum sampai ke tempat tujuan. Udaranya yang sejuk juga jadi salah satu daya tarik bagi pengunjung yang datang dan yang bosan dengan udara panas di Kota Semarang.

Bagi pengunjung yang lapar setelah bermain air di Curug ini maka bisa istirahat di kios makanan yang ada di sekitar Curug ini untuk mengisi tenaga kembali. Tempat makan yang ada di sekitar Curug ini juga tentu saja memiliki pemandangan yang indah.

Lokasi Curug Lawe

Wisata Air Terjun Curug Lawe ini terletak di desa Kalisidi, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, provinsi Jawa Tengah. Air terjun ini yang termasuk ke dalam kawasan dari gunung Ungaran. Jika ingin pergi ke Curug ini maka ada dua rute alternatif yang bisa Anda tempuh untuk menuju Curug ini yang pertama yaitu dengan melewati Universitas Semarang, Gunungpati ataupun dari daerah Ungaran melalui Mapagan.

Kedua rute ini nantinya akan bertemu di titik pertigaan yang ada di Desa Sumurgunung. Setelah sampai di titik pertemuan tersebut maka Anda bisa memilih jalan ke kiri dan mengikuti petunjuk arah yang ada untuk dapat menuju ke air terjun ini.

Jika ingin pergi ke air terjun ini Anda harus pergi menggunakan kendaraan pribadi karena memang tidak ada kendaraan umum yang melintas di objek wisata ini.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Berdasarkan informasi dari Perhutani harga tiket untuk air terjun Lawe ini sebesar Rp8.000 per orangnya. Apabila Anda membawa kendaraan maka dikenakan tarif parkir Rp3.000 untuk yang membawa sepeda motor dan tarif parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

Jam buka dari air terjun Lawe ini yaitu mulai dari pukul 8.00 sampai pukul 14.00 WIB, sedangkan untuk maksimal pengunjung meninggalkan area Curug yaitu pada pukul 16.00 WIB.

Saat akan menuju ke Curug Lawe sebaiknya Anda berjalan dengan hati-hati karena memang untuk sampai ke Curug ini Anda harus melewati jalan atau bebatuan yang licin. Suara di sekitar air terjun ini sangat menyejukkan.

Itulah beberapa informasi penting yang harus Anda ketahui terkait Curug Lawe yang ada di Kabupaten Semarang ini. Pastikan Anda mengunjungi Curug ini saat sedang berlibur ke daerah Semarang khususnya ke daerah Ungaran.

Leave a Comment