Gumuk Pasir Parangkusumo, Sensasi Padang Pasir di Dekat Pantai

Larasati Ayeshaputri
Written By Larasati Ayeshaputri
Larasati Ayeshaputri adalah lulusan Hubungan Internasional yang banyak akal dan penuh semangat yang berspesialisasi dalam studi ASEAN dan Asia Tenggara dengan minor dalam studi Timur Tengah. Dia mampu fokus pada detail dan akurasi bahkan jika ditempatkan di lingkungan bertekanan tinggi.

Gumuk Pasir Parangkusumo – Yogyakarta sebagai kota yang terkenal dengan budayanya menyajikan berbagai daya tarik wisata yang menarik para wisatawan untuk berkunjung dan berwisata atau berlibur di sana. Menyajikan destinasi wisata yang lengkap mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata religi, semua tersedia di Yogyakarta.

Destinasi wisata yang lengkap tersebut memiliki keunikan dan ciri khas masing – masing yang membuat para wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara betah untuk berlama – lama di Yogyakarta.

Salah satu destinasi wisata yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempat wisata ini memiliki keunikan dari fenomena alam yang langka sehingga banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang ada di Bantul, Yogyakarta ini.

Salah satu alasan yang menjadikan tempat ini merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Anda akan merasakan sensasi seperti berada di gurun pasir yang luas saat mengunjungi Gumuk Pasir di Parangkusumo ini.

Gumuk Pasir yang ada di Parangkusumo, Bantul ini adalah gundukan pasir di dekat pantai yang merupakan fenomena alam alami yang terbentuk dalam waktu yang sangat lama. Keunikan yang menambah daya tarik dan keistimewaan gumuk pasir ini yaitu fenomena alam ini hanya ada di dua tempat di dunia, Mexico dan satu lagi ada di Pantai Parangkusumo, Bantul.

Oleh karena itu, tempat wisata ini menjadi destinasi yang wajib Anda kunjungi saat berlibur atau berwisata ke Yogyakarta.

Lokasi dan Rute Menuju Gumuk Pasir Parangkusumo

Sesuai dengan namanya Gumuk Pasir Parangkusumo, destinasi wisata favorit ini berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi tepatnya di desa Parangtritis, kecamatan Kretek, Jl. Pantai Parangkusumo.

Untuk dapat menuju ke lokasi wisata, dari arah kota Yogya, Anda hanya perlu menuju ke arah selatan menuju Jl. Parangtritis sampai menemui jembatan yang panjang hingga menemui Pos atau Loket masuk pantai Parangtritis.

Namun, sebelum Pos tersebut, Anda harus berbelok ke arah kanan dan lurus mengikuti jalan hingga bertemu papan nama wisata Gumuk Pasir Parangkusumo. Lokasi gumuk pasir ini kurang lebih sekitar 28 kilometer dari kota Yogya dengan estimasi waktu kurang lebih 1 jam.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Gumuk Pasir Parangkusumo

Untuk menikmati obyek wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini, Anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 5.000 untuk tiap masing – masing pengunjung dan tambahan tarif retribusi parkir kendaraan motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Sementara untuk jam operasional dari obyek wisata ini dibuka mulai pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore. Namun, jika Anda ingin menghabiskan waktu hingga petang, Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola tempat wisata.

Fasilitas

Fasilitas yang bisa Anda temui di tempat wisata gumuk pasir ini cukup lengkap, antara lain:

  • Area parkir pengunjung
  • Toilet
  • Tempat ibadah
  • Klinik kesehatan
  • Warung makan
  • Toko souvenir
  • Penginapan
  • dan lain – lain

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Di Gumuk Pasir Parangkusumo

Sebagai destinasi wisata yang memiliki keunikan tersendiri dan menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi, Gumuk Pasir Parangkusumo menawarkan beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung, antara lain:

  • Sandboarding

Keunikan yang dimiliki gumuk pasir yang langka ini, menjadikan banyak wisatawan yang memanfaatkan area yang berpasir tersebut untuk aktivitas sandboarding. Karena permukaan yang berpasir, Anda juga tidak perlu khawatir cidera saat melakukan aktivitas tersebut. Tersedia juga persewaan papan untuk Anda yang ingin mencoba pengalaman unik yang menguji adrenalin ini.

  • Berkeliling pantai

Gumuk Pasir Parangkusumo ini letaknya sangat berdekatan dengan tiga pantai yang terkenal di Yogyakarta, yaitu Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, dan Pantai Cemara Sewu. Anda bisa mengelilingi pantai yang ada di sekitar tempat wisata gumuk pasir ini saat berkunjung karena pada dasarnya ketiga pantai yang di sekitar gumuk pasir ini berada di satu garis pantai yang sama.

  • Menyaksikan keindahan sunset

Letaknya yang berdekatan dengan pantai yang identik dengan suasana pemandangan sunset atau matahari terbenam yang indah menjadikan gumuk pasir ini sebagai tempat yang juga pas untuk menikmati suasana sunset yang menakjubkan.

  • Jeep di atas pasir

Salah satu aktivitas yang menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke gumuk pasir ini, yaitu berkeliling pantai menggunakan mobil Jeep. Anda akan dibawa berpetualang mengarungi lembah dan bukit pasir yang tidak terlupakan dengan mobil Jeep yang disewakan di sekitar tempat wisata.

  • Berfoto

Hamparan pasir, pohon kaktus, gundukan gumuk hingga mobil Jeep akan menjadi latar foto yang unik dan menarik untuk Anda yang gemar berfoto.

Itulah pembahasan mengenai Gumuk Pasir Parangkusumo yang menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan.

Leave a Comment