Gunung Manglayang, Taman Rekreasi Nan Indah di Puncak Gunung

Tiara Fitriyani
Written By Tiara Fitriyani
Penulis Konten Berpengalaman dengan riwayat kerja di industri media online. Terampil dalam Penulisan Konten, Produksi Video, dan Hubungan Masyarakat. Profesional di bidang media dan komunikasi yang kuat dengan gelar yang berfokus pada Komunikasi dari Universitas Indonesia dan Universitas Bakrie.

Gunung Manglayang – Bandung memiliki banyak tempat wisata yang sangat indah terutama wisata alamnya. Gunung Manglayang merupakan salah satu wisata alam rekreasi yang menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan.

Pada awalnya, gunung ini terkenal sebagai tempat yang angker dan menyeramkan, tetapi ke sana angker ini seiring berjalannya waktu mulai terkikis karena semakin banyak wisatawan yang datang.

Mengenal Sekilas Gunung Manglayang

Pada dasarnya objek wisata gunung ini merupakan salah satu gunung dengan tipe Stratovolcano yang ada di kabupaten Sumedang dan kota Bandung. Gunung ini berada di antara kedua wilayah tersebut.

Dibandingkan gunung Papandayan, gunung ini tidak lebih tinggi karena hanya memiliki ketinggian kurang lebih 1818 mdpl. Meskipun demikian, pesona alam yang disajikan tetap memanjakan mata dan membuat setiap orang yang datang terbius dengan keindahannya.

Gunung Manglayang photo
Gunung Manglayang photo

Ketinggiannya yang relatif rendah ini akhirnya menjadikan gunung ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai tempat melakukan aktivitas wisata. Selain itu, lokasi taman rekreasi ini juga cukup strategis karena berada di satu deret yang sama dengan beberapa gunung yang populer. Misalnya yaitu Gunung Bukit Tunggul, Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Perahu.

Pesona Dan Daya Tarik Gunung Manglayang

Banyaknya wisata yang berdatangan ke Gunung Manglayang tentu tidak lepas dari pesona dan daya tarik yang dimilikinya.

  • Keindahan Alam Gunung Manglayang

Puncak gunung ini memiliki bentuk area yang datar sehingga nyaman untuk dijadikan sebagai area memandang keindahan alam sekitar. Selain itu, banyak wisatawan yang berdatangan untuk camping atau bermalam di puncak gunung yang datar ini karena lokasinya sangat ideal.

Ketika berada di titik puncak, rasanya seperti sedang berdiri di puncak dunia karena dapat memandang area bawah yang sangat indah. Para pengunjung diperbolehkan untuk memasang hammock dan mendirikan tenda di area puncak.

Saat malam hari, para wisatawan dapat melihat keindahan bintang-bintang yang bertaburan di langit, yang seakan menyaingi keindahan kerlip lampu di wilayah kota Bandung. Sedangkan saat pagi hari, juga akan disajikan momen yang sangat indah yaitu pemandangan matahari terbit atau sunrise yang bisa dilihat dari pintu tenda.

  • Mitos Batu Kuda di Gunung Manglayang

Selain karena keindahan alamnya, daya tarik dari Gunung Manglayang ternyata ada di mitos yang beredar turun temurun. Konon, di gunung tersebut ada mitos hidup seekor kuda sakti yang dijuluki dengan sebutan Sempani yang hingga sekarang terjebak di kawasan gunung itu.

Menurut cerita yang beredar, kuda Sempani itu tidak melaju dengan berjalan atau berlari melainkan dengan cara terbang dengan cepat.

Kuda itu konon akan melakukan perjalanan ke wilayah Banten. Namun ketika kuda Sempani melewati gunung, justru kakinya terperosok dan akhirnya tidak bisa membebaskan diri.

Hal itulah yang membuat sang kuda terjebak di gunung tersebut karena lilitan akar di kakinya. Tubuh kuda Sempani pun tertimbun material yang longsor dan lambat laun berubah menjadi batu.

Kuliner Nikmat di Kawasan Gunung Manglayang

Para pengunjung dapat menikmati beberapa kuliner yang tersaji di kawasan Gunung Manglayang. Pasalnya, di sini terdapat Cafe yang menyediakan menu kopi khusus Jawa barat sehingga rasanya sangat khas.

Kopi yang digunakan merupakan kopi gunung seperti kopi Papandayan Puntang, dan Malabar. Harga menu kopi di sini mulai dari Rp8.000-Rp30.000.

Selain itu, untuk menu makanannya juga cukup beragam, misalnya nasi goreng cikur kok mas sop iga, dan nasi timbel. Harga menu makanan yang tersaji di sini juga sangat terjangkau karena berkisar antara Rp15.000-Rp45.000.

Fasilitas Penunjang Bagi Pengunjung

Selain warung makan atau cafe, di tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas penunjang untuk para pengunjung. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Warung
  • Kamar mandi
  • Toilet
  • Air bersih
  • Mushala
  • Area camping

HTM dan Jam Operasional

Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata gunung yang satu ini, tiket masuknya sangat terjangkau karena tarifnya hanya sekitar Rp7.500 per orang. Tarif tersebut merupakan tarif per hari sehingga apabila ingin bermalam atau camping akan dikenakan tarif dua kali lipat. Tarif camping yaitu Rp10.000 per orang, jadi berbeda dengan tarif pada umumnya.

Untuk tarif parkir motor yaitu Rp5.000 per motor. Apabila ingin camping di area puncak, usahakan untuk membawa peralatan camping sendiri.

Sedangkan untuk jam operasional tempat wisata ini tidak terbatas, karena buka setiap hari selama 24 jam nonstop. Pada akhir pekan maupun hari libur nasional pun destinasi wisata ini tetap dibuka sehingga para pengunjung bisa datang kapan saja.

Rute Menuju Gunung Manglayang

Wisata ini berada di wilayah Cibiru Wetan, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat, yang merupakan batas dengan kabupaten Sumedang. Rute yang biasanya paling sering ditempuh yaitu via jalan Nanggeleng-Cirahayu. Namun para pengunjung juga dapat melalui rute kedua yaitu lewat jalan tol Padalarang – Cileunyi.

Kedua rute tersebut membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit untuk sampai ke lokasi. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, tetapi harus paham rute jalannya terlebih dahulu.

Wisata Gunung Manglayang memang menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata yang sangat seru di Bandung. Bahkan saat akhir pekan, banyak rombongan keluarga yang sengaja datang untuk menikmati keindahan alam dan berkemah di puncak gunung.

Leave a Comment