Nikmati Kesegaran Alam Nan Asri Hanya Di Lembah Tepus

Avatar of k setiawan
Lembah tepus bogor jawa barat
Lembah Tepus Bogor Jawa Barat

Bogor dikenal sebagai kota hujan yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik. Selain dikenal sebagai kota hujan, di kota ini juga banyak tempat yang berada di dataran tinggi. Oleh karena itu tidak heran jika Bogor sangat identik dengan udara yang sangat dingin dan sejuk.

Salah satu tempat wisata yang menyajikan panorama alam indah berada di bagian Selatan Bogor yaitu Lembah Tepus. Tidak sedikit memang tempat-tempat wisata di Bogor yang menyajikan pesona alam yang indah. Jadi jika Anda ingin berwisata alam, Anda dapat memilih destinasi yang ada di Bogor.

Untuk wisatawan dari luar Bogor mungkin masih sedikit asing dengan tempat wisata ini. Namun kawasan ini sudah dibuka sejak tahun 2019 lalu. Lembah Tepus adalah salah satu tempat wisata air yang berada di Bogor berupa air terjun atau sering disebut curug.

Curug ini memiliki keunikan dimana terdapat kolam bertingkat di bawah air terjunnya. Penasaran dimana lokasi curug ini? Simak informasinya di bawah ini.

Cara Menuju Ke Tempat Wisata Air Terjun Di Bogor

Pertama Anda perlu tahu dahulu dimana lokasi dari tempat wisata ini. Tempat wisata ini termasuk bagian dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang beralamat di Jalan Pasir Reungit Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan, Kota Bogor, Jawa Barat. Letak tempat wisata ini cukup mudah ditemukan karena berada di jalan menuju ke Gunung Salak.

Baca Juga:  Ini Dia Info Detail Tiket Lembang Park Zoo Terbaru

Bagi Anda yang sudah pernah ke Gunung Salak, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata air yang satu ini. Jika Anda akan pergi ke Gunung Salak, untuk menuju ke sana Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 hingga 2 jam dari pusat Bogor. Nah sedangkan Lembah Tepus Bogor ini terletak tidak jauh dari kota Bogor itu sendiri.

Banyak rute yang bisa Anda pilih untuk menuju ke sana, Anda tinggal memilih dari mana titik keberangkatan Anda.

  • Jika dari pusat kota

Anda bisa mengambil arah ke Terminal Babulak Bogor, kemudian lurus mengikuti jalan sampai di pertigaan Ciampea. Jika sudah sampai sini Anda dapat mengambil jalan ke Cikampak kemudian belok kiri dan lewat jalan raya Bojong Rangkas lalu Anda akan sampai di Gunung Bunder.

  • Jika Anda baru pertama kali menuju ke tempat wisata ini,

Anda bisa menggunakan Google map atau navigasi yang lain. Namun jika Anda sudah pernah ke Gunung Salak maka Anda akan mudah menemukan papan petunjuk yang menunjukkan jalan ke Lembah Tepus.

  • Jika Anda sudah memasuki daerah taman nasional

Anda sudah tidak perlu bingung lagi karena Anda dapat mengikuti papan petunjuk atau menanyakan kepada petugas yang ada.

Selanjutnya untuk alat transportasi yang Anda gunakan, disarankan membawa kendaraan pribadi sendiri atau menyewa kendaraan. Hal tersebut karena untuk menuju ke tempat wisata ini masih belum ada kendaraan umum yang sampai ke tujuan wisata.

Untuk akses jalan menuju ke tempat tersebut sudah cukup jauh, namun seperti yang diketahui untuk pergi ke tempat wisata yang bernuansa alam jalannya memang cukup menantang. Jadi persiapkan diri Anda dengan baik-baik untuk berkendara dengan hati-hati. Informasi selanjutnya, jika Anda pergi ke sana disarankan saat tidak hujan atau musim penghujan.

Baca Juga:  Taman Wisata Baluran Banyuwangi, Taman Nasional Yang Ramai Dikunjungi

Karena jalan yang menantang akan lebih licin di saat hujan, oleh karena itu harus ekstra hati-hati.

Fasilitas Dan Harga Tiket Lembah Tepus

Tempat wisata air ini buka di jam 08.00 hingga 17.00 dengan harga tiket sebesar 10 ribu untuk satu orang. Kemudian biaya lain yang perlu Anda keluarkan adalah untuk biaya parkir sebesar 5 ribu untuk sepeda motor dan 10 ribu untuk mobil.

Dengan biaya 10 ribu Anda sudah bisa memasuki tempat tersebut yang dilengkapi dengan fasilitas musala, toilet, gazebo, dan parkir yang luas. Jika Anda lapar, Anda bisa ke warung makan yang ada di tempat wisata ini. Lalu jika Anda ingin berenang jangan lupa untuk membawa baju ganti, namun Anda tidak perlu membawa ban berenang karena di sini disediakan tempat persewaannya.

Jika Anda akan menginap di sini Anda juga bisa memilihnya loh mau ala camping atau tidur di penginapan. Nah untuk camping itu sendiri Anda harus membayar tiket tambahan camping senilai 30 ribu. Dan untuk penginapannya sudah banyak tersedia resort dan pondok penginapan di sekitarnya.

Jadi jangan ragu lagi untuk pergi ke Lembah Tepus curug pangeran karena banyak sekali fasilitas yang ditawarkan untuk Anda nikmati berlibur bersama keluarga. Di tempat wisata ini Anda akan mendapatkan liburan menarik bersama pasangan, teman atau keluarga dengan menikmati aktivitas di bawah ini.

Ide Liburan Di Lembah Tepus

  • Berenang

Seperti yang telah disebutkan, curug ini terdiri dari air terjun dan kolam. Kolam di sini berupa kolam bertingkat yang berada di bawah curug yang aman dan bisa digunakan untuk berenang. Menariknya kolam ini dapat digunakan untuk anak-anak dan dewasa.

Baca Juga:  Resort Kindara Watulawang Destinasi Wisata Pantai Watulawang Yang Mempesona

Jadi meskipun kolam ini terbuat secara alami namun terdapat kolam yang kedalamannya tidak terlalu dalam. Sehingga anak-anak bisa asyik menikmati bermain air di kolam ini. Namun tetap saja para orang tua harus selalu menjaga perhatiannya terhadap anak-anak dengan baik.

  • Berendam

Tidak hanya berenang, untuk menikmati kesegaran air di curug ini Anda juga bisa berenang. Hal tersebut karena selain untuk anak-anak ada juga kolam yang memang cukup dangkal dan biasa digunakan untuk berendam.

Jika Anda berendam di tempat bernuansa alam ini dijamin Anda akan terasa rileks, pikiran Anda akan tenang dan rasa lelah seakan hilang.

  • Snorkeling

Ide selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Lembah Tepus adalah snorkeling. Jangan salah, tidak hanya di laut saja namun Anda dapat snorkeling di air terjun. Bagi Anda yang memiliki hobi dan gemar dengan aktivitas menyelam, tempat ini wajib Anda coba.

Kejernihan air yang dimiliki bisa memberi pengalaman menyelam Anda yang berbeda. Anda bisa menyelam di area kolam yang cukup dalam biasanya di bawah air terjun persis. Namun perlu diingat dan diwaspadai selalu siapkan peralatan keamanan yang lengkap dan mematuhi peraturan yang ada agar Anda selalu selamat ya.

Itulah aktivitas-aktivitas wisata air yang bisa Anda coba di Lembah Tepus. Selain aktivitas air yang bisa Anda lakukan, tak lupa Anda juga bisa melakukan pemotretan atau berburu foto-foto alam yang menarik di curug ini. Hal tersebut karena curug ini memiliki spot-spot yang instagramable.

Setiap sudutnya memiliki keindahan masing-masing yang patut Anda rekam tidak hanya sebagai memori dan kenangan namun dapat Anda simpan dalam bentuk foto yang sangat indah. Foto-foto yang didapat pasti akan menghasilkan karya seni yang apik.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Wisata pintu langit lampung

Wisata Pintu Langit Lampung, Tempat Wisata Paling Viral Di Bandar Lampung

Next Article
Eco park tebet

Eco Park Tebet, Wisata Terbaru Yang Viral di Jakarta