Pesona Mahaloka Paradise, Ekowisata dengan Konsep Kekinian

Avatar of k setiawan
Daya tarik mahaloka paradise
Daya Tarik Mahaloka Paradise

Kabupaten Kulon Progo seakan tidak akan pernah ada habisnya jika dieksplor seputar tempat wisatanya. Salah satunya adalah Mahaloka Paradise, yang merupakan objek wisata sedang hits akhir-akhir ini. Wisata ini menyuguhkan pemandangan bukit dan sawah yang indah serta dilengkapi dengan adanya resto dan cafe yang menyajikan berbagai menu lezat.

Jika dilihat sekilas, wisata ini nuansanya seperti berada di Ubud Bali. Namun tentunya ada keunikan tersendiri dari tempat wisata yang satu ini, yaitu dengan adanya barisan bukit yang memanjakan mata. Banyak orang menghabiskan waktu untuk bersantai dan nongkrong saat sore hari di sini. Apalagi karena areanya terbuka, sehingga pas sebagai spot untuk menikmati panorama sunset.

Alamat Tempat Wisata

Bagi masyarakat Kulon Progo tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Bagi yang ingin berkunjung ke Mahaloka Paradise, lokasinya berada di Pronosutan, Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta.

Mahaloka paradise
Mahaloka Paradise

Jika ditempuh dari pusat Kota Kulon Progo jaraknya kurang lebih 14 km sampai titik lokasi. Apabila menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, butuh waktu kurang lebih setengah jam untuk mencapai tempat wisata.

Sementara jika dari pusat Kota Yogyakarta, jaraknya kurang lebih 21 km. Butuh waktu sekitar 45 menit menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di tempat nongkrong yang kekinian ini. Akses jalan menuju wisata Mahaloka juga sangat baik karena melalui jalan beraspal.

Pesona Dan Daya Tarik Mahaloka Paradise

Wisata ini menjadi hits seiring berjalannya waktu karena pesona dan daya tarik yang dimilikinya. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat rekreasi untuk warga setempat, para pengunjung juga banyak yang berasal dari luar daerah. Sebagai tempat wisata yang dikenal memiliki berbagai keindahan, Mahaloka Paradise Jogja menyuguhkan beberapa pesona dan daya tarik berikut ini.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Pantai Kukup Yang Wajib Dikunjungi Lengkap Dengan Info Rute Dan Tiket Masuk

·        Sebagai Ekowisata

Salah satu daya tarik dari Mahaloka Paradise itu karena tempat ini sering dijuluki sebagai Ekowisata Kulon Progo. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini menyajikan pesona pemandangan alam yang indah, yakni area bukit yang berjajar dengan hamparan sawah yang hijau.

Pemandangan ini tentu menyejukkan mata siapa pun yang memandangnya. Apalagi dilengkapi dengan pelayanan dan suasana yang mendukung sehingga para pengunjung pun semakin betah berlama-lama di sini.

Para pengunjung bisa menikmati sepoi-sepoi angin dengan duduk bersantai di tengah sawah. Disini terdapat jembatan kayu yang digunakan untuk menuju area tengah sawah. Di bagian sisi kanan dan kiri jembatan kayu dihiasi dengan lampu taman sehingga sangat estetik. Ada juga tempat duduk yang berpayung sehingga mirip dengan wisata di Ubud Bali.

·        Spot Foto Instagenic

Kurang lengkap rasanya ketika berkunjung ke tempat wisata tidak mengambil foto. Jadi tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah saja, tetapi disini juga terdapat berbagai spot foto yang menarik. Bagi yang suka mengunggah foto di media sosial, cocok untuk hunting foto di sini.

Adapun beberapa spot foto yang menarik antara lain adalah ayunan, burung raksasa, kapal, kursi kayu, dan lain-lain. Semua spot foto tersebut bisa diambil dengan background bukit dan sawah yang indah. Pengunjung yang mengambil foto di tempat ini pasti bisa menghasilkan jepretan yang sangat cantik dan instagenic.

·        Area Outdoor Luas

Tempat wisata ini juga menarik karena memiliki area yang sangat terbuka. Hal inilah yang menyebabkan mahaloka menjadi salah satu tempat outdoor yang cocok untuk mengadakan acara atau pesta.

Banyak orang yang mengadakan pesta ulang tahun maupun pernikahan di tempat ini. Jadi sembari menikmati acara pesta, orang-orang bisa sambil melihat pemandangan alam yang menakjubkan. Hal ini tentu dapat menciptakan momen yang tidak dapat dilupakan.

Baca Juga:  Wajib Kamu Coba Menikmati Suasana Tidur di Alam Ciremai Land Glamping !

·        Cafe Dan Resto Kekinian

Uniknya lagi dari tempat wisata ini yaitu dilengkapi dengan cafe dan resto yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman pilihan. Sebagai salah satu tempat hits di Jogja, Mahaloka Paradise Nanggulan memberikan pelayanan terbaik kepada para wisatawan. Jadi para pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekaligus makan.

·        Panorama Sunset

Hal yang menjadi daya tarik bagi banyak orang dari tempat ini yaitu karena memiliki spot terbaik untuk melihat pemandangan sunset. Waktu senja merupakan waktu yang disukai oleh banyak orang, terutama kalangan muda.

Sangat asyik untuk menikmati secangkir kopi sambil menyaksikan matahari terbenam saat sore hari. Tidak sedikit orang yang datang ke Mahaloka Paradise hanya untuk melihat keindahan sunset.

Apalagi ditambah dengan hiasan lampu yang satu persatu mulai menyala. Lengkap rasanya menikmati keindahan sawah, bukit, lampu taman, dan sorot langit jingga. Para pengunjung dapat menikmati detik demi detik waktu matahari terbenam.

Harga Tiket Masuk Wisata

Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata Mahaloka Paradise, maka sebelumnya perlu mengetahui berapa harga tiket masuk wisatanya. HTM ke wisata ini tergolong cukup murah. Karena tiket yang dibeli juga sudah termasuk voucher yang dapat ditukarkan dengan makanan dan minuman. Para pengunjung juga harus reservasi terlebih dahulu karena di akhir pekan biasanya sangat ramai.

Untuk harga tiketnya yaitu Rp20.000 per orang. Bagi yang membawa kendaraan, perlu membayar retribusi parkir Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Dengan biaya yang terjangkau, sudah bisa menikmati tempat wisata yang indah sekaligus makan dan minum.

Jam Operasional Mahaloka Paradise

Tidak perlu khawatir jika ingin mengunjungi Mahaloka Paradise, karena jam operasionalnya sangat panjang. Para wisatawan dapat mempunyai berbagai pilihan untuk datang di waktu kapan pun.

Baca Juga:  Wisata Kali Pepe Land, Tempat Rekreasi Hits Di Boyolali

Untuk jam bukanya yaitu mulai dari pukul jam 7. 00 WIB – 20. 00 WIB setiap hari, dari Senin – Minggu. Ketika ingin berkunjung, alangkah baiknya berkunjung saat cuaca sedang cerah, karena area ini merupakan tempat terbuka.

Selain itu, waktu terbaik untuk kunjungan yaitu sore hari. Ketika sore hari para wisatawan dapat sekaligus menikmati pesona sunset yang indah.

Fasilitas Penunjang di Mahaloka Paradise

Sebagai salah satu tempat wisata yang sedang hits dan populer di Jogja, Mahaloka Paradise sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Para pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas yang cukup lengkap sehingga akan merasa nyaman saat berada di tempat wisata.

Tempat wisata ini menyediakan area parkir luas, toilet bersih, dan berbagai fasilitas lainnya. Untuk lebih lengkapnya, Berikut merupakan fasilitas penunjang yang tersedia untuk pengunjung.

  • Area parkir luas
  • Toilet bersih
  • Stop kontak
  • Spot foto menarik
  • Area outdoor
  • Meja dan kursi anyaman
  • Fasilitas protokol kesehatan
  • Mushola

Meskipun tempat wisata ini berada di kawasan pedesaan, tetapi akses jalan untuk menuju lokasi wisata sangat baik. Jadi para pengunjung pun tidak perlu bersusah payah dan lelah untuk sampai ke tempat tujuan. Pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil sehingga lebih mudah.

Demikianlah penjelasan mengenai Mahaloka Paradise sebagai salah satu tempat wisata hits dan populer di Kulon Progo, Yogyakarta. Saat ini memang sedang trend untuk wisata yang bertema alam dan pedesaan. Selain karena biayanya terjangkau, tempat wisata dengan konsep alam hanya dijumpai di tempat-tempat tertentu saja.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
The heritage palace solo

10 Rekomendasi Rekreasi Solo Terbaik dan Instagramable

Next Article
Curug bugbrug lembang bandung jawa barat

Mengenal Lebih Jauh Tentang Curug Bugbrug yang Indah