9 Objek Wisata Di Medan Yang Mempesona Dan Paling Populer

Avatar of k setiawan
Air terjun efrata medan
Air Terjun Efrata medan

Kemana Anda akan liburan di akhir pekan? Objek wisata di medan yang satu ini mungkin cocok untuk destinasi wisata di akhir pekan maupun saat liburan. Seperti yang diketahui, menjadi ibu kota provinsi Sumatera Utara ini membuat Medan sangat populer di kalangan para wisatawan tidak hanya wisatawan lokal tapi juga wisatawan yang berasal dari mancanegara.

Kota ini cukup populer karena memiliki berbagai tempat wisata yang sangat indah dan wajib Anda kunjungi. Memiliki objek wisata ikonik yang sudah mendunia, medan juga terkenal akan banyaknya budaya karena keragaman etnis yang menetap disana mulai dari Batak, Jawa, Melayu, hingga Tionghoa semua menetap di Medan.

Di bawah ini merupakan tempat wisata di medan yang patut Anda kunjungi, apa saja? Simak selengkapnya di sini.

Destinasi Terpopuler di Medan yang Wajib Dikunjungi

·        Museum Negeri Sumatera Utara

Salah satu museum di medan yang paling populer ini sudah ada sejak 1982. Museum ini juga dikenal dengan nama museum gedung arca. Di sini Anda dapat mengenal dan mempelajari berbagai peninggalan pra sejarah, dengan banyaknya koleksi yang dimiliki museum ini sekitar 6799 koleksi.

Koleksi tersebut di antaranya berupa sarkofagus, patung, naskah Batak Kuno & Islam Tua dan berbagai mata uang kuno serta replika Candi Bahal I dapat Anda temukan di sini. Museum ini terdiri dari dua lantai dan memiliki berbagai fasilitas umum yang sangat bersih seperti toilet, gazebo, kantin, dan area parkir. Tiket masuk yang ditawarkan sebesar 3 ribu rupiah saja, Anda dapat mengunjungi museum ini dari pukul 8 pagi hingga 4 sore dan di akhir pekan, museum hanya buka sampai setengah 4 sore saja.

Baca Juga:  Daya Tarik Puncak Lawang Park, View Danau Maninjau dari Ketinggian

Meski memiliki harga tiket yang sangat terjangkau, namun museum ini memiliki informasi yang ditampilkan dengan teknologi virtual yang sangat canggih.

Beralamat di Jalan S Parman, kota Medan, museum dan gallery ini menghadirkan berbagai species fauna yang ada di seluruh dunia yang berjumlah sekitar 5600 koleksi. Gallery yang berdiri tahun 1999 ini memiliki koleksi yang dikumpulkan oleh pendiri gallery ini yaitu Dr. H. Rahmatsyah. Tiket masuk untuk mengunjungi museum dan gallery ini yaitu sebesar 75 ribu termasuk biaya minuman dan souvenir.

Anda dapat berkunjung ke museum dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Di sini mungkin Anda akan mengenal berbagai fauna yang sebelumnya belum pernah Anda lihat secara langsung seperti panda, macan tutul, kambing gunung, dan berbagai kerangka fauna lainnya yang memiliki ukuran persis seperti aslinya. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat koleksi pribadi para legenda dunia yang sangat memukau dan yang pasti sudah ditandatangani.

·        Museum Uang Sumatera Utara

Objek wisata di medan selanjutnya adalah museum uang. Museum ini telah diresmikan di tahun 2017 dan didirikan oleh kolektor uang bernama Saparudin Barus. Koleksi uang yang ada di museum ini merupakan uang-uang koin peninggalan kerajaan-kerajaan di Indonesia seperti koin kesultanan Aceh, Deli, Siak Sri Indrapura, Samudera Pasai dan koin kepeng miliki Kerajaan Cina yang ada di tahun 10 sampai 13 M.

Selain uang-uang kerajaan, Anda juga dapat melihat uang yang berlaku saat peninggalan VOC Belanda. Di sini Anda juga dapat menambah pengetahuan sejarah Anda dengan melihat mesin cetak uang ORITA yang digunakan saat agresi militer belanda II berlangsung. Tiket masuk ke museum ini adalah sebesar 10 ribu, Anda dapat melihat berbagai koleksi uang yang ada dan menariknya Anda juga bisa mendapatkan souvenir berupa koin kuno.

Baca Juga:  Review Tempat Wisata Daima Moosa Glamping Park

·        Kampung Ladang

Kampung Ladang Medan merupakan destinasi populer yang cocok untuk Anda datangi bersama dengan keluarga. Salah satu objek wisata di medan ini memiliki suasana pemandangan alam seperti di pedesaan yang digunakan sebagai tempat outbound. Berbagai wahana outbound dapat Anda nikmati di sini seperti flying fox, high rope, trampolin, wall climbing dan wahana lainnya.

9 objek wisata di medan yang mempesona dan paling populer

Anda juga dapat menikmati fasilitas wahana lain seperti ATV dan spot-spot foto yang menarik. Oleh karena itu tempat ini juga biasa digunakan untuk tempat pemotretan seperti prewedding karena memiliki spot yang aesthetic. Untuk masuk ke kampung ladang ini pengunjung akan dikenai biaya sebesar 5 ribu saja, namun untuk menikmati wahana yang tersedia, pengunjung perlu membayar tiket wahana tersebut.

·        Upside Down World Medan

Objek wisata di medan yang dapat Anda kunjungi selanjutnya adalah Upside Down World. Berbagai spot foto menarik yang instragamable dapat Anda temukan di sini. Berada di Jln. K.H. Wahid Hasyim, kota Medan ini Anda perlu merogoh kocek sekitar 80 ribu untuk dewasa dan 40 ribu untuk tiket anak-anak. Tempat wisata ini menghadirkan 11 ruangan foto yang berkonsep menarik.

Anda dapat menikmati pengalaman berfoto secara terbalik, Anda seakan-akan berdiri di atap dan tampilan foto akan menunjukkan diri Anda yang terbalik. Sangat menarik bukan?

·        Air Terjun Efrata

Selain tempat-tempat foto dan museum yang populer, medan juga memiliki objek wisata yang bernuansa alam. Objek wisata di medan selanjutnya adalah berupa air terjun Efrata.

Air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah sekali dan menjadi incaran para wisatawan untuk berwisata alam. Anda dapat bermain air dan mengambil foto pemandangan yang bernuansa asri.

Baca Juga:  Wisata Pintu Langit Lampung, Tempat Wisata Paling Viral Di Bandar Lampung

·        Istana maimun

Menjadi objek wisata di medan yang bernilai sejarah, istana maimun sangat wajib Anda kunjungi jika berada di medan. Istana yang terletak di Jln. Sultan Ma’moen Al Rasyid, Medan ini memiliki gaya arsitektur yang sangat unik, perpaduan antara Melayu, Timur Tengah, India dan Eropa tergabung menjadi satu dan menghasilkan istana megah yang sangat indah.

·        Masjid Al Mashun

Wisata religi yang dapat Anda kunjungi di Medan adalah Masjid Al Mashun. Masjid yang berada di pusat kota ini memiliki desain arsitektur yang sangat apik dan elegan seperti istana maimun. Hal tersebut karena yang merancang kedua bangunan tersebut merupakan orang yang sama.

·        Pemandian Bah Damanik

Objek wisata di medan yang satu ini bernuansa alam yang sangat cocok sebagai tempat untuk Anda berelaksasi. Pemandian yang memiliki air yang sangat jernih ini dapat menyegarkan Anda ditambah dengan suasana yang sangat sejuk. Pemandian ini wajib Anda kunjungi dan dapat menambah pengalaman Anda bersantai di air dengan suasana alam.

Itulah beberapa tempat wisata Sumatera utara yang sangat populer baik wisata alamnya maupun berbagai museum yang dimiliki. Semua keunikan yang dimiliki mempunyai ciri khas tersendiri karena berhubungan dengan berbagai etnis yang ada di sana. Gaya arsitektur contohnya, semuanya melekat menjadi satu dan menjadi ciri tempat wisata yang berada di Medan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Tiket masuk situ bagendit

Lokasi Dan Tiket Masuk Situ Bagendit Garut Terupdate

Next Article
Kadena glamping dive resort

Mencoba Kemah Mewah Hanya Di Kadena Glamping