Pantai Cemara Kembar, Pantai Pasir Putih dengan Konsep Rumah Adat Melayu

Anisyah Kusumawati
Written By Anisyah Kusumawati
5 tahun berpengalaman sebagai jurnalis, penulis konten, dan editor untuk berbagai jenis artikel seperti web harian, SEO, advertorial, dan artikel afiliasi. Kebanyakan menulis tentang parenting, kesehatan, gaya hidup, hiburan, dan artikel berita.

Pantai Cemara Kembar merupakan salah satu objek wisata yang sangat populer di Sumatera Utara. Jika dilihat dari sisi pantainya, memang tidak jauh berbeda seperti pantai pada umumnya, tetapi di sini ada jejeran rumah-rumah adat tradisional Indonesia yang sangat menarik.

Sebenarnya pantai ini mulai dibuka pada bulan Juli 2015 dengan mengusung konsep rumah adat yang dibangun di sekitar pantai dengan pasir yang bersih. Pantai ini memiliki sebutan atau julukan pantai adat sesuai dengan konsep yang diusung.

Sekilas Tentang Pantai Cemara Kembar

Saat berwisata ke kawasan pantai ini, maka akan menjumpai beberapa replika rumah adat dari Sumatera Utara. Uniknya, replika rumah adat tersebut dibangun menggunakan material bambu dan kayu yang dibentuk semirip mungkin dengan aslinya.

Adapun beberapa rumah adat yang dapat dijumpai di pantai ini yaitu rumah adat Melayu, Batak, Banjar, dan Jawa yang menghiasi ornamen pantai sehingga dapat menciptakan nuansa yang romantis.

Tidak hanya rumah adat, ternyata pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah dan bersih. Hal inilah yang membuat para pengunjung nyaman dan berdatangan ke pantai ini setiap hari. Apalagi di sekitar pantai terdapat pepohonan cemara yang lebat dan membuat area pantai menjadi lebih sejuk.

Daya Tarik Dan Pesona Pantai Cemara Kembar

Perlu diketahui bahwa Pantai Cemara Kembar ramai pengunjung karena pesona dan daya tarik yang dimilikinya. Bahkan pantai ini merupakan salah satu pantai yang menjadi sumber pemasukan pemerintah daerah yang cukup besar.

  • Jejeran Rumah Adat Melayu

Dapat dikatakan bahwa daya tarik utama dari pantai ini yaitu konsep deretan rumah adat yang dibangun di area pinggiran pantai dan dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Para pengunjung dapat melihat rumah adat tradisional Melayu yang penuh dengan filosofis romantisme.

Rumah adat tersebut dibuat bertingkat seperti halnya rumah panggung dan terdapat tirai kelambu warna-warni. Bahkan banyak orang yang melakukan foto prewedding di sini karena sangat unik.

  • Pantai yang Romantis Dan Filosofis

Selain itu, daya tarik dari pantai ini yaitu karena memiliki nuansa yang romantis. Bahkan beberapa spot foto yang tersedia juga memiliki filosofinya tersendiri.

Tidak heran jika pantai ini sering dikunjungi oleh pasangan muda-mudi yang ingin menghabiskan waktu bersama. Uniknya lagi, di pantai ini ada gembok cinta, yang biasanya para pasangan memasang gembok cinta di bagian ujung jembatan.

  • Replika Istana Sultan Serdang

Para pengunjung dapat melihat replika istana Sultan Serdang sebelum pintu masuk ke area Pantai Cemara Kembar. Perlu diketahui bahwa replika istana tersebut menjadi simbol kejayaan Kesultanan Serdang yang dahulu kala sempat dibakar Belanda karena kerajaan menentang penjajahan.

Jadi, tempat wisata tersebut juga sekaligus tempat wisata historis yang mengingat sejarah masa lalu Kerajaan Serdang. Bahkan harapannya area ini akan dijadikan sebagai pusat pengembangan kebudayaan adat Melayu.

Lokasi Dan Rute Menuju Pantai Cemara Kembar

Jika ingin berwisata ke pantai ini, bisa langsung datang ke Jalan Pantai ATP nomor 15, Desa Sei Nagalawan Perbaungan, Kecamatan Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Untuk menjangkau lokasi pantai ini, butuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat kota Medan.

Rute yang harus dilalui yaitu melintasi Perbaungan kemudian lanjut ke arah Pasar Bengkel dan Simpang Sei Buluh. Setelah itu melanjutkan perjalanan kurang lebih 20 menit sampai ke lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Cemara Kembar

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Cemara Kembar, perlu mengetahui berapa tarif harga tiket masuk ke wisata ini. Dibandingkan dengan wisata pantai lainnya tarif tiket masuk ke pantai ini tergolong mahal.

Selain itu, pada setiap pembelian tiket masuk, para wisatawan mendapatkan air mineral gratis, sewa pondok, parkir, dan bisa menikmati semua fasilitas yang ada. Harga tiket per orang yaitu Rp40.000 yang dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan yang berkala.

Jam Buka Wisata Pantai

Biasanya, objek wisata alam memiliki jam buka yang fleksibel setiap hari nonstop dari pagi hingga malam. Namun berbeda halnya dengan pantai yang satu ini, karena hanya buka di jam operasional tertentu saja.

Para wisatawan dapat mengunjungi pantai pada hari Senin – Minggu dari pagi jam 08.00 WIB sampai petang jam 19.00 WIB. Sekedar tips untuk berkunjung, usahakan untuk melihat perkiraan cuaca sebelum ke pantai, dan pilihlah waktu berkunjung saat tidak mendung.

Fasilitas yang Tersedia

Sebagai salah satu pantai yang populer di Sumatera Utara, pengelola wisata pun memberikan fasilitas yang memadai dan lengkap bagi para pengunjung.

  • Area parkir luas
  • Kamar mandi dan toilet
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Bilik bisa
  • Spot foto keren
  • Dan lain-lain

Kulineran di Pantai Cemara Kembar

Untuk para wisatawan yang menikmati rekreasi di pantai ini, wajib mencicipi kuliner khas di tempat wisata ini. Perlu diketahui bahwa kuliner andalan di wisata pantai ini yaitu seafood dan kelapa muda. Untuk harga menu makanan seafood berkisar antara Rp50.000 hingga Rp120.000, sedangkan harga minuman sekitar Rp15.000.

Bagi warga Sumatera Utara atau orang-orang yang hobi travelling, wajib mengunjungi Pantai Cemara Kembar untuk mendapatkan pengalaman yang mengesankan. Kapan lagi bisa menikmati keindahan alam di pantai sembari melihat kebudayaan dan adat Melayu sekaligus di satu tempat.

Leave a Comment