Pantai Glagah Indah, Pantai Dengan Beton Pemecah Ombak Di Kulon Progo

Aurelia Liana
Written By Aurelia Liana
Ahli Strategi Digital yang berpengalaman dengan sejarah yang ditunjukkan dalam bekerja di layanan digital dan industri kreatif. Terampil dalam Strategi Digital Kreatif, Copywriting, Periklanan, dan E-commerce. Profesional pemasaran yang kuat dengan gelar Sarjana yang berfokus pada Komunikasi Massa / Studi Media dari The London School of Public Relation.

Pantai Glagah Indah – Kangen liburan ke pantai bareng keluarga? Anda tidak perlu jauh-jauh ke Gunung Kidul karena Kulon Progo juga punya pantai cantik yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur di Yogyakarta. Salah satunya adalah Pantai Glagah Indah dengan pemandangan beton pemecah ombaknya yang memukau.

Di pantai ini Anda bisa menikmati keindahan senja yang menawan bersama sanak keluarga. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti memancing, menjelajah hutan bakau, bermain air, dan lain sebagainya.

Destinasi wisata pantai di selatan Yogyakarta ini terkenal dengan suguhan romantisme senja. Tentunya masih banyak hal menarik yang ditawarkan Pantai Glagah. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Daya Tarik Pantai Glagah

  • Pemandangan pantai dengan pasir hitam

Wisatawan akan disambut dengan pemandangan indah dari pantai yang berpasir hitam ini. Karakteristik pasir pantai di sini termasuk pasir besi dengan warna hitam yang akan berkilau ketika diterpa sinar matahari. Hamparan laut biru dengan ombak khas pantai selatan dapat Anda nikmati di sini.

  • Ribuan beton pemecah ombak

Daya tarik tempat wisata alam ini ada pada keberadaan beton pemecah ombak. Anda akan melihat ribuan beton berukuran besar yang bertumpuk dari pantai menjorok ke laut. Di tengahnya terdapat jalan yang bisa dilalui wisatawan untuk menikmati pemandangan pantai dan ombaknya yang memukau.

  • Panorama sunset

Pesona keindahan Pantai Glagah Indah semakin menarik banyak wisatawan dengan pertunjukan matahari terbenamnya yang eksotis. Jika Anda termasuk pecinta sunset, jangan lewatkan pemandangan warna-warna senja yang hangat saat matahari mulai terbenam. Anda bisa keluarkan kamera untuk mengambil foto siluet dengan latar sunset di sini.

  • Laguna

Di dekat pintu masuk kawasan pantai, Anda akan menemukan laguna besar yang membuat tempat ini semakin istimewa. Wisatawan bisa naik perahu untuk menyusuri keindahan laguna yang ada di dekat pantai ini. Airnya cukup tenang dengan beberapa area yang dangkal sehingga aman untuk wisatawan bermain air.

  • Spot memancing

Daya tarik lainnya yang ada di kawasan wisata ini adalah spot memancing yang menjadi favorit bagi sejumlah pengunjung pantai. Anda dapat memancing di sekitar pantai atau di laguna. Mungkin Anda akan mendapatkan ikan nila, gabus, belanak, kakap bakau, dan ikan-ikan laut lainnya.

  • Wisata kuliner

Sudah puas bermain di pantai? Saatnya Anda mengisi perut dengan beragam menu lezat yang bisa dibeli di warung-warung dekat pantai. Aneka olahan seafood seperti udang bakar, kepiting, dan ikan yang menggugah selera bisa dicoba untuk Anda pecinta wisata kuliner.

Soal harga Anda tidak perlu khawatir karena harga makanan yang ada di sini cukup terjangkau. Pilih menu favorit Anda dan nikmati sambil ditemani pemandangan pantai yang indah.

Harga Tiket Masuk Pantai Glagah

Selain karena pemandangan yang indah, wisata pantai selalu menarik untuk dikunjungi karena tiket masuknya yang murah seperti di Pantai Glagah Indah Kulon Progo. Tiket masuk sangat terjangkau dengan setiap pengunjung pantai hanya dikenai tarif Rp 4.000 saja.

Sedangkan untuk biaya parkir dikenai retribusi Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Biaya masuk dan parkir di kawasan wisata pantai ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Jam Operasional Pantai Glagah

Bagi Anda yang penasaran dengan keindahan pantai ini, tenang saja karena Anda bisa mengunjunginya kapan saja. Pantai buka selama 24 jam non stop. Namun waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari terutama untuk Anda yang menyukai pemandangan sunset.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Glagah

Salah satu pantai di Kabupaten Kulon Progo ini bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan bersama keluarga, teman, rekan kerja, atau pasangan. Lokasinya berada di Jl. Pantai Glagah, Glagah, Kecamatan Temon yang mudah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Jarak Pantai Glagah Indah sekitar 60 menit jika ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta. Anda bisa menggunakan rute Jalan Bantul – Palbabag kemudian ke arah Jalan Sandrakan melewati jembatan dan belok kiri pada persimpangan lampu merah menuju kawasan pantai.

Fasilitas Pantai Glagah

Berbagai fasilitas sudah tersedia untuk pengunjung pantai. Sejumlah fasilitas wisata di pantai ini termasuk tempat parkir yang luas. Toilet dan WC umum juga mudah ditemukan di beberapa titik di kawasan pantai.

Selain itu, fasilitas penyewaan ATV, motorcross, hingga sampan atau kapal juga bisa Anda nikmati ketika berlibur di pantai ini. Bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah, fasilitas musala kecil juga tersedia.

Beberapa toko oleh-oleh dan fasilitas warung makan di sepanjang bibir pantai. Jadi Anda bisa menikmati wisata kuliner dan berbelanja saat berada di sini.

Itulah beberapa informasi wisata Pantai Glagah Indah yang perlu Anda ketahui. Menarik bukan? Kemas barang dan perlengkapan Anda untuk berlibur di pantai cantik ini. Jangan lupa bawa kamera ya.

Leave a Comment