Pantai Kedungu Yang Menawan Dengan Tebing Karang Yang Indah

Anisyah Kusumawati
Written By Anisyah Kusumawati
5 tahun berpengalaman sebagai jurnalis, penulis konten, dan editor untuk berbagai jenis artikel seperti web harian, SEO, advertorial, dan artikel afiliasi. Kebanyakan menulis tentang parenting, kesehatan, gaya hidup, hiburan, dan artikel berita.

Pantai Kedungu – Tidak usah ditanya lagi bila Indonesia memiliki banyak pantai. Anda bisa menemukan Pantai di berbagai wilayah. Wisata tersebut menyajikan pemandangan alam laut yang dilengkapi dengan tebing-tebing karang. Salah satunya adalah Pantai Kedungu.

Wisata ini berada di Pulau Bali di mana bersebelahan dengan Pantai Tanah Lot. Bila Anda berencana liburan bersama keluarga ataupun teman, tempat ini bisa dimasukkan ke daftar wisata Anda.

Pantai ini berada di Banjar Kedungu, Desa Belalang Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Bila Anda menginap di Daerah Denpasar maka sekitar 20 Km namun bila dari pusat Kota Tabanan sekitar 11 km untuk ke tempat ini. Pantai Kedungu Tabanan dekat dengan wisata Tanah Lot sekitar 3,5 km setelah Tanah Lot.

Pantai ini berada satu garis dengan pantai Tanah Lot sehingga bentuknya mirip dengan Tanah Lot. Dengan mengunjungi pantai ini Anda bisa bersantai mengambil foto suasana pantai yang Instagramable. Dilengkapi dengan ombak yang cukup tinggi. Anda tidak hanya dapat berfoto namun bisa berenang dan surfing.

Berbeda dengan Tanah Lot yang ramai pengunjung, Pantai Kedungu Bali masih tidak begitu ramai sehingga cocok bagi Anda yang ingin menikmati ketenangan dan indahnya laut maka berasa lebih privasi. Dengan liburan yang memberikan ketenangan membuat muncul ide dan kreativitas pada diri Anda.

Daya Tarik Pantai Kedungu

Pantai dengan pasir hitam

Pantai ini memiliki pasir dengan warna hitam. Ketika kaki Anda menginjak pasir akan terasa halus. Begitu indahnya pasir dengan warna hitam di pantai tersebut. Anda bisa menikmati di pagi, siang ataupun malam hari. Bila Anda mengunjungi ke pantai ini jangan kaget bila Anda menemukan banyak orang yang sedang berjemur di pinggir pantai dengan menggelar tikar. Karena pasir yang pemandangan yang begitu indah tidak heran bila Pantai ini menjadi ramai.

Pantai yang dilengkapi air terjun

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan yang lain. Di mana memiliki area tebing yang terdapat air terjun kecil di bagian bawahnya ada tumpukan batuan yang besar yang membuat pemandangan alat pantai menjadi eksotik. Meskipun air terjun tidak terlalu tinggi namun menjadi keunikan tersendiri bagi Pantai ini. Dengan begitu banyak orang yang mengambil gambar dan menjadi betah karena suasana yang indah untuk dinikmati.

Pantai untuk surfing

Tidak hanya pasir berwarna hitam dan terdapat air terjun yang tidak begitu tinggi. Pantai Kedungu juga memiliki ombak yang lumayan besar. Sehingga banyak para wisatawan yang melakukan surfing. Pantai yang tidak terlalu banyak dikunjungi menjadi data tarik para surfing untuk menaklukkan ombaknya. Tiap harinya rata-rata pantai ini dikunjungi 40 wisatawan untuk surfing.

Itulah beberapa yang menjadi daya tarik bila Anda mengunjungi pantai tersebut. Anda bisa menikmati pemandangan pantai ini bersama keluarga, teman maupun sahabat. Cocok sekali bagi Anda yang tidak suka dengan keramaian. Pastinya Anda akan menikmati suara dari ombak laut tersebut. Tidak hanya itu Anda bisa menikmati sunset juga.

Fasilitas yang ada di pantai ini ada kios warung-warung, tempat parkir dan toilet. Memang masih minim fasilitasnya tidak ada cafe atau restoran. Namun kios warung tersebut menyediakan kuliner nusantara untuk menemani Anda saat menikmati indahnya pantai tersebut. Tidak hanya itu namun ada beberapa gazebo di pinggir pantai sebagai tempat bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan.

Untuk harga tiket masuk Pantai Kedungu tidak ada alias gratis, Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan saja. Bila Anda menggunakan motor maka membayar sebesar Rp. 2000 per motor sedangkan mobil sebesar Rp 5000 per mobil. Begitu murah bukan, Anda hanya perlu membawa uang untuk makan dan parkir saja.

Hanya membayar parkir Anda bisa menikmati pantai ini saat senja. Anda akan disuguhi dengan panorama sunset yang begitu indahnya. Cocok untuk didokumentasikan dan di upload di sosial media Anda. Tidak heran dengan keindahan tersebut banyak pengunjung yang menikmatinya.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan

Bersantai menikmati indahnya pantai

Bila Anda berencana liburan ke Bali dan ingin menikmati pantai yang begitu Indah. Kunjungi saja Pantai Kedungu yang tidak perlu ditanyakan lagi sebab memiliki pemandangan yang indah. Dengan menikmati begitu indahnya pantai dengan suara ombak sambil bersantai begitu pas menemani liburan Anda. Di tempat ini ada beberapa warung atau kios untuk menemani Anda bersantai.

Masalah harga masih terjangkau. Anda hanya perlu uang sebesar Rp 30.000 hingga Rp 45.000 saja sudah bisa menikmati makanannya. Tidak hanya makanan berat namun camilan juga. Harganya tidak membuat kantong jebol. Mulai dari Rp 15.000 untuk camilan seperti kentang goreng, sosis bakar dan lainnya. Untuk minuman harganya kisaran Rp 12.000 hingga Rp 20.000 saja.

Pantai Kedungu yang tidak begitu ramai pengunjung bisa Anda kunjungi bersama teman-teman. Anda bisa membuat games seru-seruan bersama teman di pasir Pantai. Misalnya bermain voli, bermain tradisional seperti galaxy, benteng-bentengan dan lainnya. Atau Anda bisa menikmati indahnya pantai ditemani dengan membaca buku atau mendengarkan musik kesukaan Anda. Begitu banyak aktivitas untuk menemani liburan Anda di Pantai.

Hunting foto

Bila Anda tidak bisa surfing. Selain bermain air di pantai Anda bisa melakukan kegiatan yaitu hunting foto. Anda bisa mengambil foto dari berbagai sudut. Apalagi ketika matahari akan terbenam. Maka dari itu jadwalkan sebelum matahari terbenam ketika mengunjungi pantai ini. Namun untuk hunting foto pastinya hal utama, Anda harus memiliki memori handphone yang banyak. Dengan begitu Anda bisa mengambil foto sebanyak mungkin dan Anda tinggal memilih yang bagus.

Tidak perlu khawatir sebab tempat ini dibuka hingga malam hari sehingga tidak perlu takut jika tidak ada orang. Tidak hanya saat matahari terbenam, namun Anda bisa mengambil foto antara kayu membentuk simbol cinta dengan ayunan. Selain itu Anda bisa mengambil foto seolah-olah berjalan dipinggir pantai atau sedang menikmati makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan pantai. Begitu banyak foto yang bisa Anda ambil sebagai memori Anda.

Untuk harga makanan dan minuman pun masih relatif murah. Untuk makan besar sekitar Rp 30.000 hingga Rp 45.000 sedangkan minuman mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 20.000. Daya tarik dari pantai ini adalah memiliki pasir pantai berwarna hitam, memiliki ombak yang tinggi sehingga digunakan untuk pecinta surfing dan memiliki air terjun yang tidak begitu tinggi.

Itulah beberapa informasi mengenai Pantai Kedungu. Bila Anda berada berangkat dari Denpasar memiliki jarak sekitar 20 Km sedangkan dari Kota Tabanan sekitar 11 Km. Bila Anda liburan ke tempat ini, tidak membuang kantong Anda menjadi jebol sebab untuk masuk ke pantai ini gratis, Anda hanya perlu membayar parkir. Bila Anda menggunakan sepeda motor bayar Rp 2000 sedangkan menggunakan mobil bayar Rp 5000.

Leave a Comment