Pantai Mbuluk: Lokasi, Harga Tiket dan Wahana Menarik

Rafli Asvandiari
Written By Rafli Asvandiari
Hai! Saya telah menghabiskan lebih dari satu tahun pengalaman freelance, mengkhususkan diri dalam media sosial atau tuntutan digital seperti manajer konten, konten & copywriter, dan segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk membentuk kehadiran digital atau media sosial Anda.

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang sangat terkenal dengan wisata alam berupa pantai. Banyak sajian pantai yang ditawarkan oleh Gunung Kidul, salah satunya ialah Pantai Mbuluk. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang masih terbilang tersembunyi karena masih belum banyak yang mengetahuinya. Akan tetapi panorama keindahan yang disajikan oleh pantai ini sangat memukau. Bagi Anda yang penasaran dengan objek wisata Mbuluk, yuk simak artikel ini!

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Mbuluk

Pantai Mbuluk Gunung Kidul yang menawarkan keindahan serta rasa nyaman ini memiliki lokasi di Daerah Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Kapanewon Tanjungsari, tepatnya berada di Kelurahan Kemadang. Untuk rutenya kita bisa menggunakan 2 akses yaitu melalui Piyungan Jogja atau bisa juga melalui pusat Kota Jogja. Akses yang akan dilalui terbilang cukup mudah, hanya saja Anda perlu melewati jalanan yang berkelok. Jika perjalanan di mulai dari Tugu Yogyakarta Anda akan menempuh jarak sekitar 60,9 km dengan jarak waktu 1,5 jam.

Pantai Mbuluk
Pantai Mbuluk

Rute yang pertama jika dimulai dengan melalui pusat Kota Jogja ialah ke arah selatan dengan melalui Jalan Mayor Suryotomo hingga menuju Brigjen Katamso. Sesampai di perempatan, ambil arah timur lurus terus hingga menemukan pertigaan lalu ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja. Selanjutnya melewati Jalan Imogiri lalu ke arah timur melewati Jalan Bakulan-Imogiri, lurus terus hingga melewati Jalan Pantai Selatan Jawa, ikuti saja jalan tersebut maka akan sampai di Pantai Mbuluk.

Rute yang kedua ialah melalui Piyungan, adapun untuk rutenya yang pertama ialah dari Patuk menuju Sambipitu kemudian akan melewati Hutan Bunder, lalu melewati Bundaran Tugu BPD melewati Jalan Lingkar Selatan kemudian masuk ke Jalan Girisubo selanjutnya Wonosari melewati Jalan Saptosari menuju Tepus menuju sisi timur dari Pantai Baron sehingga sampailah di Mbuluk.

Harga Tiket Masuk Pantai Mbuluk

Biaya untuk tiket masuk ke Pantai Mbuluk ini masih sangat terjangkau, di mana kita hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 3000 untuk satu orang, hanya saja tarif tersebut belum termasuk tarif parkir. Untuk tarif parkir sendiri Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua, sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Fasilitas yang Disediakan serta Jam Operasional di Pantai Mbuluk

Setelah membayar tiket masuk yang hanya dijual dengan harga Rp 3.000, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak wisata. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap sehingga Anda bisa menikmati pemandangan pantai sambil memanfaatkan berbagai fasilitas. Adapun untuk fasilitas yang tersedia, di antaranya seperti:

Tempat parkir

Tempat parkir merupakan salah satu fasilitas yang terdapat di Pantai Mbuluk, dengan adanya fasilitas ini menjadikan para pengunjung tidak perlu bingung mencari tempat parkir sendiri karena tempat parkir yang disediakan oleh pihak wisata cukup besar sehingga muat untuk menampung banyak kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Toilet

Di Pantai ini juga tersedia Toilet, sehingga akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas di toilet seperti buang air kecil ataupun buang air besar tanpa harus bingung mencarinya.

Spot foto menarik

Fasilitas lain yang bisa Anda manfaatkan ialah adanya spot foto menarik dan Instagramable sehingga bisa digunakan untuk melakukan aktivitas berfoto ria bersama dengan teman-teman ataupun keluarga tercinta. Adanya foto sangat bermanfaat untuk mengabadikan sebuah momen serta bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan.

Gazebo

Anda bisa juga menggunakan gazebo yang telah disediakan sebagai salah satu fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Anda bisa memanfaatkan gazebo untuk sekedar berteduh atau beristirahat serta bersantai.

Warung makan

Selain beberapa fasilitas di atas, di sini juga tersedia warung makan yang khas dengan warung makan seafood sehingga Anda bisa menikmati hewan laut segar di tempat asalnya. Sangat menarik bukan?

Sedangkan jam operasional dari objek wisata ini ialah buka setiap dan 24 jam, sehingga sangat menguntungkan bagi wisatawan jauh karena tidak akan khawatir objek wisata alam tersebut sudah tutup.

Wahana dan Aktivitas yang Biasa Dilakukan di Pantai Mbuluk

Pantai Mbuluk lokasi di Gunung Kidul ini termasuk destinasi wisata pantai yang masih sepi pengunjung, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan yang nyaman dan tenang. Selain bisa digunakan untuk berlibur yang nyaman dan menenangkan, Pantai ini juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik, sehingga dapat memberikan kesan berlibur yang menyenangkan. Adapun untuk beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, yaitu:

Menikmati panorama alam

Kegiatan yang sangat menyenangkan ketika mengunjungi pantai ini ialah menikmati panorama alam laut yang begitu menawan dan menakjubkan, ditambah dengan suasananya yang masih sepi sehingga menambah rasa tenang dan nyaman yang tidak bisa ditemukan di kota.

Bermain pasir putih

Selain menikmati panorama alamnya, Anda juga bisa bermain bersama pasir putih yang bersih dan lembut. Pantai ini masih sangat asri dan bersih sehingga Anda bisa lebih leluasa bermain pasir putih di pantai ini.

Menikmati desiran ombak

Desiran ombak yang cukup tenang ini merupakan salah satu pemandangan yang dapat menyejukkan mata. Deburan ombak di Pantai ini terkenal cukup tenang karena terdapat dua batu karang yang mampu menahan dan memecah ombak sehingga menjadikan ombak cukup tenang.

Melihat mercusuar

Aktivitas lain yang biasa dilakukan oleh para wisatawan ketika mengunjungi pantai ini ialah untuk melihat mercusuar. Hal ini merupakan salah satu aktivitas yang sangat menarik, karena selain melihat Anda juga bisa menaiki mercusuar tersebut dan menyaksikan pemandangan yang sangat indah dari atas mercusuar. Di sini Anda bisa mengabadikan momen dengan mengambil background pantai yang indah dan terbentang luas.

Beberapa Tips Berlibur ke Pantai Mbuluk yang Seru

Jika Anda memiliki rencana untuk mengunjungi Pantai Mbuluk Wonosari Gunung Kidul, maka agar liburan kita menyenangkan dan berkesan ada beberapa tips yang perlu untuk diperhatikan. Adapun beberapa tips berlibur ke Pantai Mbuluk, di antaranya yaitu:

  • Datang pada saat cuaca cerah sehingga akan mendapatkan pemandangan laut yang biru dengan pasir putih yang bersih
  • Membawa pakaian ganti
  • Membawa kamera untuk mengabadikan momen indah
  • Mengunjungi bersama orang terdekat agar bisa menikmati keindahan alam bersama-sama
  • Menggunakan alas kaki dan sunscreen untuk terhindar dari panasnya sinar matahari.

Pantai Mbuluk merupakan pantai yang memiliki panorama yang mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Selain itu, pantai ini juga masih sangat asri dan sepi pengunjung karena keberadaannya masih jarang diketahui oleh orang, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata alam bersama keluarga tercinta untuk bisa menikmati quality time bersama dengan orang-orang tersayang. Selamat berlibur akhir pekan!

Leave a Comment