Pantai Ngobaran: Lokasi & Eksotisme Pantai Indonesia

Avatar of k setiawan
Wisata pantai ngobaran
Wisata Pantai Ngobaran

Keindahan alam di Yogyakarta memang tersaji sangat apik dan dipadukan dengan kekayaan budaya setempat. Perpaduan tadi tentunya menghasilkan sebuah destinasi yang tidak hanya menarik namun juga tidak biasa. Salah satunya bisa kalian temukan pada pantai Ngobaran tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai tersebut tidak hanya menawarkan kecantikan alami saja. Namun disana para wisatawan bisa menyaksikan ritual dari agama Hindu. Hadirnya beberapa pura dan arca mampu menambah daya tarik unik dari tempat wisata ini.

Alamat dan Rute

Sudah disebutkan diatas bahwa hal yang spesial dari pantai Ngobaran gunung kidul adalah perpaduan antara wisata alam dan budayanya. Lokasi pantai ini yaitu Jalan Ngobaran, Dusun Ngrenehan, Kabupaten Gunung Kidul.

Untuk menuju ke lokasi ini kalian bisa melewati jalan ke arah Wonosari dan kemudian ambil arah ke Baron.

Untuk selanjutnya kalian bisa menemukan pertigaan lalu belok kanan. Nantinya ikuti petunjuk arah yang tersedia disana.

Jika kalian datang dari Kota Yogyakarta maka arahkan saja kendaraan ke jalan Imogiri Timur, selanjutnya lurus hingga menemukan pertigaan lalu ambil ke kanan menuju ke Selopamioro hingga sampai ke Jalur Lintas Selatan.

Melalui jalur tersebut kalian hanya perlu mengikuti petunjuk arah yang tersedia. Untuk jarak diantara Kota Yogyakarta dan Pantai Ngobaran yaitu 53,6 km dan perlu waktu selama 1 jam 35 menit untuk sampai ke lokasi.

Tiket Masuk

Untuk kalian yang ingin datang ke pantai ini tentu saja tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang. Tiket masuk pantai Ngobaran tergolong murah dan bisa dijangkau seluruh kalangan. Namun memang kalian harus mengeluarkan biaya tambahan jika ingin mengambil foto pada spot yang tersedia disana.

  • HTM Rp5.000
  • Parkir Motor Rp3.000
  • Parkir Mobil Rp10.000
  • Parkir Minibus Rp15.000
  • Parkir Bus Rp20.000
Baca Juga:  9 Spot Menarik Umbul Sidomukti, Cocok Untuk Healing!

Jam Operasional

Pantai Ngobaran bisa kalian kunjungi selama 24 jam penuh. Bila mendekati hari raya dari umat Hindu maka terdapat beberapa ritual-ritual khusus. Ini tentunya bisa disaksikan oleh para wisatawan yang datang kesana.

  • Senin tutup
  • Selasa-Minggu buka 24 jam

Eksotisme Pantai

Pantai ini memiliki ukuran yang kecil sehingga akan lebih pas jika disebut dengan pantai mini. Perwujudan dari pantai Ngobaran daerah istimewa Yogyakarta, perwujudannya hanya lahan berpasir di antara tebing karang tinggi.

Kalian jangan salah sangka dulu karena memang orang yang berkunjung kesana tidak mencari pantai namun keindahan dari tebing karang dan rangkaian bukit yang ada di pantai tersebut.

Banyak para wisatawan yang datang untuk melihat keindahan pantai dari atas tebing. Pantai ini juga biasa dijadikan tempat untuk berbagai macam ritual kepercayaan ataupun budaya yang beragam.

1.    Gerbang Dan Arca

Lokasi pantai Ngobaran yaitu di Desa Kanigoro, Kabupaten Gunungkidul yang mana lokasinya tidak jauh dari Pantai Nguyahan. Kedua pantai ini berlokasi di jalan Ngobaran yang mana banyak kios-kios di sepanjang jalan tersebut.

Jika kalian ingin menemukan pantai tersebut tidak sulit dilakukan. Pada bagian pinggir jalan kalian akan menemukan jalan setapak yang nantinya mengarah ke taman.

Arsitektur dari taman tadi akan terlihat seperti suasana Bali sehingga pantai Jogja rasa Bali rasanya pas disematkan pada pantai ini. Gerbang masuk ke pantai berupa pura dengan nada pula patung dewa-dewi disana.

2.    Pantai Toleransi

Ngobaran itu memiliki arti bahwa lokasinya berada di bawah tebing. Untuk panjang garis pantainya sendiri tidak melebihi 1 kilometer atau mungkin kurang. Pasir pantainya berwarna putih dengan lingkung dinding batu karang.

Baca Juga:  Informasi Museum Angkut Malang: Tiket, Alamat, Wahana

Lahan berpasirnya tergolong tidak terlalu luas. Batuan karang dengan alga hijau bisa terlihat luas pada batas ke lautan lepas. Ombak yang ada tergolong kecil dan tenang sehingga mampu menimbulkan kesan damai dan tenang.

Menariknya lagi pantai tersebut adalah tempat pertemuan dari beberapa tempat peribadatan. Adapun beberapa diantaranya seperti musholla, pura, serta candi yang memang dibangun pada kawasan yang berdekatan.

Musholla tadi bisa dipergunakan bagi pengunjung muslim, sedangkan candi dan pura bisa dipergunakan untuk umat Hindu serta kejawen dari berbagai daerah.

3.    Wisata Religi

Di saat-saat tertentu, umat Hindu ataupun Kejawen dari berbagai daerah datang ke lokasi tersebut. biasanya mereka akan menyelenggarakan ritual di pantai Ngobaran ataupun beribadah di candi ataupun pura.

Tempat ibadah umat Hindu biasa disebut dengan Pura Segara Wukir dan juga Kejawen biasanya akan bertapa di Candi Mojodipo.

Ketiga bangunan tadi tentunya membuat pantai ini terlihat semakin istimewa. Nantinya para wisatawan akan mampu melihat berbagai kegiatan ritual ataupun peribadatan dari masing-masing umat. Namun kalian dilarang untuk mengganggu ataupun menghalangi prosesi acara.

4.    Belajar Sejarah

Pantai ini erat kaitannya dengan sejarah kuat dari Kerajaan Majapahit. Jadi ketika kalian berkunjung ke pantai tersebut maka bisa mempelajari mengenai masa Kerajaan Majapahit serta Kerajaan Islam yang ada di Indonesia.

5.    Melihat Upacara Adat

Upacara adat di pantai Ngobaran tentunya masih dilestarikan. Maka tidak mengherankan jika kalian datang kesana akan mencium aroma dupa dan sesajen yang tergolong cukup menyengat ketika kalian masuk ke area wisata.

Upacara adat tadi biasanya akan dilakukan pada bulan purnama serta bulan-bulan tertentu. Maka jika kalian ingin melihat upacara adat nanti pastikan untuk mengetahui waktu yang tepat untuk berkunjung.

Baca Juga:  Kamojang Vilage, Wisata Dengan Panorama Menakjubkan

6.    Swafoto Di Tebing

Saat datang ke pantai tersebut jangan pernah lupa untuk mengabadikan momen indah dengan berfoto. Guna keseruan berburu foto semakin lengkap maka pihak pengelola memang sengaja menyediakan beberapa spot foto menarik.

Semua spot foto tadi lokasinya ada di tepi tebing serta menghadap ke arah laut lepas. Sehingga para wisatawan akan mempunyai banyak pilihan tempat untuk berfoto dengan panorama laut yang indah.

Spot foto tadi banyak macamnya salah satunya yaitu anjungan kapal yang ada di ujung tebing. Spot tersebut juga banyak dipergunakan untuk lokasi foto.

Sebenarnya kalian tidak perlu susah-susah mencari jasa foto profesional dikarenakan pada pantai tersebut sudah tersedia dengan biaya yang beragam.

7.    Menyaksikan Matahari Terbenam

Tersedianya banyak patung-patung serta bangunan yang menawan tentunya akan membuat pantai Ngobaran memiliki suatu keindahan tersendiri terutama saat matahari mulai terbenam.

Nantinya langit yang berwarna biru perlahan-lahan akan menjadi orange dan kemudian kemerah-merahan.

Keindahan yang luar biasa tadi akan membuat kalian menjadi takjub. Sehingga suasana romantis akan bisa kalian rasakan pada pantai ini.

8.    Menyaksikan Biota Laut

Pantai ini memiliki banyak jenis biota laut yang bisa kalian lihat secara jelas seperti landak laut, bintang laut, dan banyak jenis ikan lainnya.

Untuk kalian yang ingin melihat serta menangkap biota laut di pantai Ngobaran tadi tentunya menceburkan diri menjadi pilihannya. Jangan lupa untuk membawa baju pantai ataupun membelinya di sekitar pantai.

Jika ditanya perihal fasilitas tentunya tergolong lengkap dan memadai. Beberapa fasilitas tadi berupa musholla, area parkir luas, toilet umum dan kios yang banyak jumlahnya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article
Dago tea house bandung jawa barat

Dago Tea House Wisata Budaya yang Unik

Next Article
Darmaga sunda lembang

Serunya Icip-icip Kuliner Khas di Darmaga Sunda Bandung